All New Mazda 3 SkyActiv-X Mulai Diproduksi 27 September!

by  in Berita&International&Mazda
All New Mazda 3 SkyActiv-X Mulai Diproduksi 27 September!
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah kalian waktu tim redaksi AutonetMagz yang diwakili oleh Audy berkujung ke Jepang dan mencoba teknologi terbaru dari Mazda yaitu SkyActiv-X? Yap, teknologi terbaru dari pabrikan yang sering disebut sebagai BMW-nya Jepang ini sudah selesai dikembangkan dan akan segera digunakan dalam produk -produk terbaru mereka, dan salah satu produk yang mendapatkan kehormatan untuk mencicipi teknologi ini adalah Mazda Axela terbaru, Axela ya bukan Axelo, nanti beda cerita. Yuk cekidot.

Jadi, Seperti yang kita tahu, teknologi SkyActiv-X yang diunggulkan oleh pihak Mazda adalah sebuah mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) yang sempurna atau ideal, karena SKYACTIV-X menggunakan 2 kombinasi pembakaran, yakni proses pembakaran alias ignition bahan bakar dengan busi seperti di mesin bensin, lalu digabung dengan pembakaran bahan bakar menggunakan kompresi, seperti di mesin diesel. Dengan kombinasi 2 metode pembakaran ini, maka mesin SkyActiv-X dapat menggunakan bahan bakar yang beroktan reguler, contohnya yang beroktan 91 namun dengan kompresi mesin yang mencapai 1:16. Angka kompresi tersebut merupakan kompresi yang besar, mirip seperti mesin diesel dan diklaim menghasilkan efisiensi hingga 20% lebih baik dibandingkan mesin SkyActiv-G yang digunakan mazda kali ini.

Nah, sudah refresh mengenai teknologi SkyActiv-X? Sekarang kita kembali ke Mazda Axela alias Mazda 3. Generari terbaru dari Mazda Axela atau kita sebut saja All New Mazda 3 SkyActiv-X direncanakan untuk mulai produksi pada tanggal 27 September 2018 mendatang, dan akan dirilis ke publik pada penghujung bulan Maret 2019, cukup lama ya. Nah, All New Mazda 3 SkyActiv-X sendiri akan mulai diproduksi di pabrik perakitan Mazda di Kota Hofu, Prefektur  Yamaguchi. Namun memang ada beberapa isu mengenai apakah produksi dari All New Mazda 3 SkyActiv-X akan berjalan lancar atau tidak. Salah satunya adalah kondisi cuaca di Jepang yang dalam beberapa bulan ini tak bersahabat. Setelah terjadi banjir di bulan Juli 2018 kemarin, sepanjang bulan Agustus 2018 ini Jepang diguyur oleh Hujan yang lebat yang juga membawa angin dari samudera pasifik.

Kondisi inilah yang membuat beberapa fasilitas dari Mazda ditutup sementara, dan salah dua diantaranya adalah Headquarter Mazda di Ujina dan Pabrik Mazda di Hofu. Lho? Lalu bagaimana? Nampaknya pihak Mazda akan segera menggenjot produksi mereka dengan membatasi angka cuti dan juga melakukan jam – jam lembur mulai tanggal 27 September 2018 mendatang. Nah, All New Mazda 3 SkyActiv-X sendiri nampaknya akan menjadi lawan yang sangat menarik bagi dua hatchback asal Jepang lainnya yang sudah meluncur terlebih dahulu, yaitu Toyota Corolla Hatchback dan Honda Civic Turbo Hatchback. All New Mazda 3 SkyActiv-X sendiri dikabarkan akan mengusung desain yang sepenuhnya baru, yang mana secara bentuk nampaknya akan banyak merujuk pada sosok Mazda Kai Concept yang sudah meluncur pada Tokyo Motor Show 2017 silam.

Nah, kita tunggu saja seperti apa kejutan yang akan dihadirkan pihak Mazda di All New Mazda 3 SkyActiv-X, karena seperti yang kita tahu, biasanya Mazda akan all out di produk – produk terbarunya. Yuk sampaikan bagaimana pendapat kalian, kawan.

Sumber : Kiji

Read Prev:
Read Next: