All New KIA Rio 2017 Terkuak, Yay or Nay?

All New KIA Rio 2017 Terkuak, Yay or Nay?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebulan lagi sebelum penampilan perdananya di Paris Auto Show 2016, KIA Rio 2017 terbaru sudah resmi menampakkan sosoknya. Subcompact hatchback ini sekarang sudah mencapai generasi keempat, dan di generasi ini, KIA menjanjikan akan adanya versi hot hatch dari Rio. Konon katanya, akan dinamai Rio GT, mengikuti sang kakak, KIA Pro Cee’d GT yang sudah hadir lebih dulu.

Kembali ke KIA Rio 2017, desain KIA Rio lama yang agak oval kini sudah ditinggalkan, dan yang ada adalah desain yang lebih mature. Di generasi ini, dia lebih panjang 15 mm, lebih lebar 5 mm, lebih rendah 5 mm dan wheelbase-nya lebih panjang 10 mm. Pada KIA Rio baru, kap mesin dibuat lebih panjang, pilar C lebih tegak, lalu overhang depan dibuat lebih panjang sementara yang belakang dibuat lebih pendek. Yang paling kentara, gril tiger nose KIA tetap dipertahankan.

kia rio 2017 rear

Dari penampilan, tak ada yang salah dengan KIA Rio 2017 yang didesain oleh KIA Korea, California dan Jerman ini, tapi entah mengapa setelah melihat bentuk depan, samping dan belakangnya, kami ingin bilang 3 kata : Mirip Hyundai i20. Iya sih, KIA dan Hyundai satu atap, tapi jika menilik Rio vs Grand Avega yang desainnya beda satu sama lain, kami rasa agak sayang jika dimiripkan begini. Beda dibanding Hyundai i20 adalah, KIA Rio tak punya aksen floating roof di belakang.

kia rio 2017 interior

Interior KIA Rio 2017 mendapatkan aura desain yang mirip dengan kakak-kakaknya seperti KIA Sportage dan  Sedona, maka dari itu ia diklaim lebih terasa lebar dan ergonomis. Tergantung variannya nanti, ada beberapa jenis bahan kain, kulit, trim metalik atau hitam pada kabinnya. KIA merancang konsol tengahnya supaya tidak banyak tombol, meski kami agak kurang yakin dengan layar head unit hi-res yang di tengah itu, kelihatan seperti tablet PC yang ditempel paksa.

kia rio 2017 side

Mengenai pilihan mesin, fitur, safety, konektivitas dan segala macamnya, baru akan diungkap semua pada Paris Auto Show 2016 di Paris, demikian pula dengan harganya. Produksi KIA Rio 2017 akan dimulai akhir tahun ini untuk pasar Eropa, sementara untuk pasar Asia dan Amerika, menyusul kemudian. Apa opinimu mengenai KIA Rio baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: