All New Hyundai Santa Fe Tak Tawarkan Opsi Diesel di Indonesia?

by  in  Berita & Hyundai & Merek Mobil
All New Hyundai Santa Fe Tak Tawarkan Opsi Diesel di Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kabar mengenai segera masuknya All New Hyundai Santa Fe ke Indonesia memang sedang berhembus kencang. Apalagi pasca banyaknya spyshot yang jelas-jelas memperlihatkan mobil berbentuk SUV boxy ini sedang diuji jalan di Indonesia. Nah, pertanyaan paling penting mengenai generasi terbaru dari Hyundai Santa Fe ini adalah terkait opsi mesinnya. Dan kabarnya, opsi mesin diesel bakal dipensiunkan di generasi terbarunya nanti.

All New Hyundai Santa Fe Pakai Teknologi Hybrid

Sebenarnya, kabar mengenai dihapuskannya mesin diesel dari line up All New Hyundai Santa Fe bukanlah kabar baru. Sejak All New Hyundai Santa Fe generasi ke 5 diperkenalkan, Hyundai memang sudah tidak menyertakan opsi mesin diesel. Opsi diesel hanya berhenti di generasi ke 4 alias Hyundai Santa Fe yang dipasarkan di Indonesia saat ini. Padahal, harus kita akui bahwa opsi diesel adalah opsi populer bagi Hyundai Santa Fe di Indonesia. Walaupun, memang penjualan Hyundai Santa Fe di Indonesia setahun terakhir tidak terlalu wah. Tahun ini saja, Angka wholesales-nya hanya 215 unit saja.

Lantas, jikalau tak ada opsi diesel, apakah All New Hyundai Santa Fe hanya dipasarkan dengan opsi mesin bensin saja? Tentu tidak. Ada opsi hybrid yang akan menggantikan opsi mesin diesel yang ada saat ini. Meisn hybrid yang digunakan adalah mesin Smartstream 1.600cc G4FT Turbo Hybrid yang sama dengan mesin milik KIA Sorento, KIA Sportage dan Hyundai Grandeur Hybrid. Kombinasi mesin dan motor listrik di All New Hyundai Santa Fe Hybrid memiliki keluaran tenaga maksimal 230 PS dengan torsi 350 Nm. Well, memang torsinya tidak bisa mengimbangi torsi versi mesin Smartstream Diesel yang tembus 450 Nm. Namun keluaran tenaga maksimalnya lebih besar.

Harga Bakal Lewat 800 Jutaan?

Lantas, bagaimana dengan harga versi hybrid? Bukankah tentunya akan lebih mahal ketimbang diesel sekalipun? Tentu saja. Dan kalau kalian perhatikan, saat ini harga tertinggi dari Hyundai Santa Fe adlaah 759 jutaan Rupiah untuk versi Signature Diesel. Dugaan kami, banderol All New Hyundai Santa Fe Hybrid akan menyentuh di atas 800 jutaan. Membuatnya bisa head to head dengan All New Honda CR-V e:HEV yang juga menggunakan teknologi hybrid. Apalagi, keduanya berada di segmen yang sama dan menarik untuk diperhatikan persaingan keduanya. So, kalau kalian masih suka Hyundai Santa Fe Diesel, nampaknya saat ini adalah momen terbaik untuk membeli mobil tersebut.

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: