Alfa Romeo Giulia Muncul Ke Publik, Versi QV Bertenaga 510 HP

by  in International&Mobil Baru
Alfa Romeo Giulia Muncul Ke Publik, Versi QV Bertenaga 510 HP
0  komentar
Alfa-Romeo-Giulia-launching-cover front

AutonetMagz.com – Semenjak tahun 90-an sampai tahun ini jujur saja saya tidak pernah melihat Alfa sebrutal ini menargetkan pesaingnya. Bila kita mundur ke belakang pada tahun-tahun sebelumnya, Alfa Romeo 147 maupun Alfa Romeo 159 cenderung kalem-kalem saja melawan pesaingnya dari Jerman dan Perancis. Namun akhir-akhir ini perlahan tapi pasti, line up Alfa Romeo tampil menjanjikan mulai dari 8C, 4C, MiTo bahkan Giulietta. Line up bertambah lagi dengan munculnya Alfa Romeo Giulia.

Nama-nama legendaris Alfa Romeo kembali mereka luncurkan di line up terbaru, seperti Giulietta menggantikan 147 dan kini Giulia akan menggantikan 159. Tapi ternyata kembalinya nama lama bukan sekedar pepesan kosong. Sepertinya kali ini Alfa Romeo totalitas mengejar ketertinggalan terhadap pesaingnya Mercedes-Benz, BMW, Audi, Caddilac dan Lexus. Hal ini bisa kita lihat dari gambar Alfa Romeo Giulia yang terlihat secara keseluruhan.

Alfa-Romeo-Giulia-launching-cover-side

Oh ya yang anda lihat ini adalah versi flagship dari Giulia ini, flagship ini dibaptis dengan nama Quadrifoglio Verde (QV). Entah saya tidak tahu pasti arti nama ini namun untuk versi racing dari line up terbaru Alfa Romeo akan menyematkan logo QV, tidak GTA seperti dulu lagi.

Dari segi desain, sepertinya Alfa Romeo ingin mempertebal ekspresi desain yang berseni ala sportscar italia pada sedan empat pintu ini. Bodinya menggembung namun tanpa banyak tarikan garis, sangat gaya Italia. Dari segi tampilan Alfa Romeo masih menggunakan ciri khas grille segitiga dan airscoop besar di bumpernya. Selain itu penggunaan rims di Giulia ini cukup besar dan nyentrik dengan pola bulat ala Alfa Romeo.

Alfa-Romeo-Giulia-launching-headlamp

Alfa Romeo Giulia QV ini dibekali dengan jantung mekanis yang diambil dari Ferrari dengan spesifikasi yang mencengangkan. Mesin 3.0 liter V6 twin-turbo ini dioprek kembali oleh insinyur Ferrari sehingga dapat menghasilkan power 503 HP. Edan? ya, bahkan Mercedes C63 AMG dan BMW M3 pun belum masuk ke teritori 500 HP, belum lagi ini mesin Ferrari dengan suara orkestra cadas yang sangat rock n roll.

Namun Alfa menambahkan walaupun mesin yang digunakan ini menghasilkan tenaga dan torsi yang sensasional, namun mobil ini irit bahan bakar dan dibekali sistem penonaktifan silinder secara elektronis. Hal yang menarik lagi adalah sistem distribusi bobotnya 50 : 50 depan belakang dengan menggunakan material ringan seperti carbon fiber dan alumunium. Hasil akhir bobot mobil ini adalah 1530 kg, sepertinya diet ketat si cantik Giulia berhasil. Berkat hal itu 0-100 km/jam dapat diraih dalam waktu 3,9 detik. 

Alfa-Romeo-Giulia-launching-back

Giulia ini memakai sasis dan kaki-kaki yang benar-benar baru, bahkan komponen sasisnya pun berbagi dengan Maserati Ghibli. Selain itu tenaga buas Giulia QV akan dikontrol oleh Torque Vectoring yang dipadu dengan kopling ganda untuk mengatur torsi mengalir ke penggerak belakang. Sehingga Giulia QV ini dapat dikontrol dengan baik sekalipun minim grip.

Alfa Romeo juga membekali Giulia QV dengan Integrated Brake System, hal ini memungkinkan sinkronisasi antara stability control dan rem servo agar dapat memberi respon rem secara seketika dan presisi. Selain itu masih ada Active Aero Splitter  dan driving mode system dengan 4 pilihan : Dynamic, Natural, Advanced Efficient dan Naturally Racing.

Alfa-Romeo-Giulia-launching-side

Giulia nantinya juga akan ada beberapa versi yang lebih mild dibanding QV ini. Informasi untuk line up Giulia lain adalah penggunaan mesin 2.0 liter turbocharged dengan tenaga 300 HP. Wah gokil nih, Alfa Romeo lagi totalitas rupanya untuk mengejar ketertinggalan dengan merek mewah lainnya. Monggo sampaikan komentarmu dibawah ini!

Read Prev:
Read Next:
  • Oki Ngew

    Tapi tetep aja yang paling fenomenal charger hellcat. 700 hp bung. Tapi 700 hpnya kayak gak optimal gitu

    • sepertinya sudah diulas di forum sebelumnya soal hellcat ini hehe…
      700 hp nya itu hanya bekerja saat di drag race saja sih. well, tipikal orang amerika sih senang drag.:)

      • ap88

        Bobot hellcat berat bgt,2 ton lebih,drag ama model s aja kalah

        C63 amg s terbaru tenaganya 503hp

  • Aptx4867

    Belakangnya kayak kia optima..

  • Indra Arza

    Ada denger nih teaster nya di youtube.
    Sangar suara nya bro lebih dari jaguar XE-S.

  • Apri

    Dari samping persis seri 3 banget

  • Eduardus

    Quadrifoglio verde artinya four leave clover bro. Simbol buat versi kencengnya Alfa.