MPV Racing? Simak Garapan M-Sport Ford Transit Bergaya Rally

by  in Berita&Ford&Mobil Baru
MPV Racing? Simak Garapan M-Sport Ford Transit Bergaya Rally
0  komentar
m-sport-ford-transit-special-edition-ford-fiesta-wrc-cover

AutonetMagz.com –  Kenalkah anda sebelumnya dengan Ford Transit? Umumnya kita bisa melihat tampilan mobil ini di film-film eropa dan Top Gear. Mobil ini pernah muncul di Top Gear sebagai andalan Top Gear UK melawan HSV Maloo bermesin Corvette andalan Top Gear Australia, itu lho MPV bermesin Jaguar. Nah Ford Transit bisa dibilang adalah satu-satunya pesaing adil VW Transporter di kelas Medium MPV asal eropa, track record-nya juga sama panjangnya.

Lho kok eropa? Ford bukannya amerika ya? Bila anda membaca kembali sejarah Ford, mereka juga mempunyai divisi di eropa yang khusus membuat mobil dengan selera pasar eropa. Berbasis di Inggris, Ford of Europe membuat MPV (atau lebih tepatnya Minibus ya?) bernama Ford Thames 400 pada tahun 1957. Dilanjutkan tahtanya dengan Ford Transit pada tahun 1965 dan kini Ford Transit dipercaya oleh Ford US untuk menjadi global car sesuai dengan kebijakan mereka dan penjualannya terbilang memuaskan, baru-baru ini saja mereka mendapat penghargaan International Van of The Year.

Nah dalam rangka ulang tahun ke-50 Ford Transit, maka Ford of Europe bekerjasama dengan tuner rally ternama M-Sport membuat Ford Transit tampil garang.

m-sport-ford-transit-special-edition-front

Sebagai tuner house spesialis mobil-mobil rally, M-Sport adalah tempat langganan para tim rally dunia (BTW ini bukan M-Division nya BMW lho hehe…). Sudah banyak tim yang bergabung dan meminta support kepada mereka saat berkompetisi di World Rally Championship, seperti Ford. M-Sport pun memang terkenal untuk meracik mobil Ford spesifikasi khusus siap rally.

Lalu modifikasinya akan seperti apa kepada Ford Transit ini? Berdasarkan basis produk flagship mereka, M-Sport Fiesta WRC, maka mereka memindahkan aura Fiesta WRC ke dalam Transit ini. Walau hanya sekedar modifikasi ringan di mesin, sasis dan body kit untuk mempercantik tampilan semata, namun M-Sport tetap all out dalam project Transit ini.

m-sport-ford-transit-special-edition-dashboard

Perubahan yang terjadi meliputi penggantian suspensi dengan merek Eibach dan penggunaan Velg bermerek OZ dengan diameter 18 inchi. Setelah MPV ini tampil ceper, maka M-Sport mulai merambah ke bagian bodi dengan menambah body kit agar lebih manis dan semakin down to earth. Sektor pembuangan pun tidak luput dari ubahan mereka dengan mengganti muffler dan header.

Bagian interior juga tidak luput dari sorotan M-Sport berupa sentuhan kulit berwarna hitam di roda kemudi dengan jahitan biru dan emblem M-Sport. Jok kemudi dan karpet juga digarap dengan kelir senada serta sabuk berwarna biru ala Ford. Grafis M-Sport pun dihadirkan di MPV dengan tipe blind van ini.

m-sport-ford-transit-special-edition-interior

Sebagai pemenang dari International Van of The Year, Ford Transit cukup mendulang sukses dan banyak dipercaya di kalangan profesional. Dengan menghadirkan M-Sport Ford Transit edisi terbatas ini, Ford ingin menyuguhkan pengendalian fantastis ala line up sedannya dipadu dengan aura kompetisi WRC ala M-Sport sebagai kendaraan keluarga.

Well, cukup unik juga cara Ford merayakan ulang tahun MPV mereka dengan membuat versi limited edition dengan tampilan sporty, garapan tuner rally ternama pula. Mungkin bisa nih jadi ide ulang tahun atau edisi terbatas beberapa Low MPV pabrikan sini, misalnya Nissan Evalia Nismo, Monster Sport Suzuki APV Arena atau Daihatsu Luxio D-Sport gitu hehehe… Monggo deh, komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: