Alfa Romeo 33 Stradale : Setengah Abad Peninggalan Sejarah

by  in Alfa Romeo&International
Alfa Romeo 33 Stradale : Setengah Abad Peninggalan Sejarah
0  komentar

AutonetMagz.com – Setengah abad yang lalu, Alfa Romeo pernah meluncurkan sebuah mobil yang menjadi citra kuat bagi Alfa Romeo, yakni 33 Stradale. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada 31 Agustus 1967 pada ajang Grand Prix F1 di Monza. Ada apa sampai – sampai mobil karya Franco Scaglione ini hadir dalam berita?

Rupanya mobil bersejarah ini sedang diperingati eksistensinya yang bertepatan dengan ulang tahun ke-50. Mobil ini bisa dibilang cikal bakal adanya supercar di dunia ini, rivalnya pada saat itu hanyalah Lamborghini Miura, keduanya sama – sama Italian made.

Mobil ini menjadi sangat sangat antik karena jumlahnya hanya ada 18 buah di dunia, 5 dari jumlah tersebut malah diubah menjadi mobil konsep dan kabarnya mobil ini hanya tersisa antara 5 atau 6 buah saja yang masih utuh, hmm tak terbayang harganya apabila ada yang berniat menjual.

Mobil ini mengusung mesin V8 2.000 cc dengan twin overhead camshaft dan fuel injection dan sanggup melengking hingga 10.000 rpm serta menghasilkan tenaga sebesar 230 hp, sadis sekali pada jamannya, terlebih bobotnya hanya 700 kg saja. Figur akselerasi? 0-100 km/h hanya 5,5 detik saja bung! Sementara itu topspeed bercokol di angka 160, bukan kmh melainkan 160 mph.

Sebagai peringatan 50 tahun dari mobil ini, Alfa Romeo memamerkan mobil ini di Musei Storico yang berlokas di Arese, Milan. Tidak hanya 33 Staradale, jajaran lainnya seperti Carabo, Iguana, 33/2 Speciale, Cuneo serta Navajo juga turut hadir. Kalau di Indonesia rasanya brand Alfa Romeo kurang populer, semoga orang sadar bahwa Alfa Romeo merupakan brand hebat pada masa lampau, sekarang? Hmm.. semoga mereka cepat bangkit dan berjaya seperti dahulu ya!

Read Prev:
Read Next: