Acura Type S Concept 2019 : S Untuk Sporty

Acura Type S Concept 2019 : S Untuk Sporty
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagai Honda versi mewah, Acura nampaknya sadar bahwa arah desain dan filosofi tiap produknya harus ditegaskan. Jika Lexus dan Infiniti saja sudah menunjukkan konsep masa depan mereka, Acura pun bergegas mengambil langkah serupa. Sedan biru cakep ini adalah Acura Type S Concept, dan selain menggambarkan arah desain Acura ke depannya, Acura berjanji bahwa famili “Type S” akan kembali dimunculkan.

Bagi Acura, “Type S” itu sama dengan Type R. Anggaplah jika Honda performa tinggi berimbuhan Type R, maka Acura pakai nama Type S. Dari penampilan, mobil ini tidak terlalu futuristik, malah nampak seperti mobil yang bakal muncul 2-3 tahun lagi, bukan 10 tahun lagi. Meski demikian, ada beberapa hal yang kami sukai dari konsep ini, contohnya kap mesin yang panjang dan pilar A yang dimundurkan. Mobil ini jadi sedap dipandang.

Kap mesin panjang dan pilar A mundur yang turut membuat kaca depan jadi agak melandai memberikan kesan kalau mobil ini tampil seperti sedan penggerak roda belakang. Hal itu turut diperkuat dengan pilar C yang duduk tepat di atas roda belakang. Ayolah Honda dan Acura, sekali-sekali coba bikin mobil penggerak roda belakang, paling tidak buat Acura saja tidak apa-apa. Proporsi Acura Type S ini sudah dapat sekali lho, sayang kalau konsep ini tidak dimaksimalkan.

Pada bagian depan, gril khas Acura berbentuk segi lima yang disebut Diamond Pentagon tetap ada dan menjadi rumah bagi emblem “A” Acura yang sekilas seperti jepitan jemuran plus emblem “Type S”. Lampu depannya pakai multi-projector versi Acura bernama “Jewel Eye LED” dan lampu LED DRL-nya berlekuk tajam. LED DRL itu disebut sebagai “Chicane”. Bumper depan yang lengkap dengan imbuhan carbon fiber terinspirasi dari NSX.

Di balik spakbor Acura Type S yang lebar, bersemayam pelek 21 inci yang menemani rem cakram besar plus kaliper Brembo 4 piston berwarna kuning. Garis-garis tegas tersusun apik dari depan ke belakang. Buritan mobil konsep ini punya bagasi yang pendek, duck tail dan diffuser belakang berbahan carbon fiber, lampu belakang full LED dan 4 knalpot besar yang jelas amat sangat sporty. Aduh, semoga yang seperti ini bisa diproduksi sungguhan.

Sayang, Acura masih bungkam soal detail interior dan mesin, pokoknya mereka bilang Acura Type S ini pakai “Mesin performa tinggi”. Jawaban klise, tapi dengan rencana kemunculan kembali Type S, Acura memperkenalkan mesin V6 turbo yang didesain khusus untuk Acura. Mesin V6 turbo itu akan disambung ke penggerak AWD andalan Acura, yakni Super Handling-All Wheel Drive atau SH-AWD. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: