3D Printing? Kini Hadir untuk Mesin Anda Bung!

3D Printing? Kini Hadir untuk Mesin Anda Bung!
0  komentar

AutonetMagz.com – Baru – baru ini Mercedes-Benz berhasil melakukan pencetakan metal aluminium dengan metode 3D printing. Hasil dari cetakan ini ternyata sudah lulus uji struktur material agar memiliki kualitas yang baik. Meskipun pengembangan baru sebatas cover thermostat dan beberapa komponen, hasil ini cukup prospektif untuk pengembangan di masa depan.

Mercedez-Benz yang kami bahas ini bukanlah kendaraan penumpang yang biasa kita kenal, melainkan Mercedes-Benz Truck dan pengembangan ini juga dilakukan untuk varian Unimog. Pengembangan part ini sebenarnya lebih ditujukan untuk parts yang tidak biasa dijumpai, misalnya terjadi kecelakaan dan terdapat defek pada salah satu bagian mesin, 3D printing bisa menjadi solusinya ketimbang harus mencari stock barang di gudang yang belum tentu laku,

Solusi ini juga dipersembahkan oleh Mercedes-Benz untuk mobil – mobil antiknya. Cukup oke juga sih tinggal menyimpan data dari bagian mesin, cetak deh. Sangat praktis karena pencetakan akan dilakukan apabila ada permintaan saja. Harusnya semua mobil bisa mengaplikasikan metode seperti ini nih. Semoga saja serius untuk dikembangkan di masa depan.

Kami sih berharap meskipun masih terbatas pada komponen mesin truk Mercedes-Benz, di masa depan seluruh pembuatan komponen bodi juga bisa dilakukan dengan metode ini, sehingga part untuk mobil antik pun akan tidak terbatas dan bisa menjaga kelestariannya.

Menurut kalian teknologi seperti ini bagaimana? Apa teknologi ini akan menggantikan proses industri yang biasanya? Kalau dunia modifikasi juga menggunakan 3D printing oke juga kali ya? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: