Yamaha XSR 155 Resmi Diluncurkan di Thailand, Harga 42 Jutaan!

Yamaha XSR 155 Resmi Diluncurkan di Thailand, Harga 42 Jutaan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah lama kami tidak membahas motor – motor baru yang muncul di jagad otomotif dunia. Nah, ternyata ada sebuah motor yang sangat menarik yang melaksanakan world premiere hari ini. Dan motor tersebut adalah motor lansiran Yamaha. Yap, Yamaha telah memperkenalkan sebuah motor baru berbentuk sebuah motor naked yang mengusung konsep retro. Inilah Yamaha XSR 155 VVA yang baru diluncurkan di Thailand. Cekidot.

Melihat nama dan juga kubikasinya, sebenarnya kita sudah bisa menebak – nebak apa basis dari motor ini, apalagi jika kita melihat rangkanya. Rangka dari Yamaha XSR 155 VVA menggunakan bentuk deltabox dengan mesin 155cc VVA. Tak Asing? Yap, karena konfigurasi serupa juga digunakan oleh beberapa motor Yamaha di tanah air, sebut saja Yamaha R15 v3, Yamaha V-Ixion 155 VVA, dan Yamaha MT-15. Jadi, bisa dikatakan Yamaha XSR 155 VVA masih bersaudara dengan ketiga motor tersebut. Oke, mari kita kupas terlebih dahulu motor ini dari sisi desain.

Di sisi depan, Yamaha XSR 155 VVA yang mengusung konsep retro menggunakan lampu utama dengan model bulat. Namun jangan tertipu, lampu bulat ini bukanlah sebuah lampu halogen, melainkan sudah LED. Malahan, lampu sein-nya yang masih halogen. Motor ini menggunakan suspensi depan model terbalik alias USD dengan warna tabung hitam. Fender depannya dibuat mepet dengan ban depan, dan secara bentuk mengingatkan kita pada fender milik Yamaha MT-15 yang memang menjadi basis dari motor ini.

Ban depannya menggunakan profil 110/70 dengan diameter 17 inci dan juga rem cakram walau belum model yang bergelombang. Pindah ke sisi samping, Yamaha XSR 155 VVA memiliki tangki yang berbeda dengan motor 155cc VVA Yamaha lainnya. Karena konsepnya retro, maka bentuk tangkinya juga cukup konvensional dan mengingatkan kita pada motor – motor jaman old. Pun begitu dengan bentuk jok tandemnya yang dibuat sangat retro. Oiya, ada varian dengan jok berkelir coklat yang kece.

Nah, di sisi samping juga terlihat rangka deltabox yang memang menjadi ciri khas motor Yamaha. Bentuk dan posisi mesi serta crankcase dari motor ini juga masih mirip dengan Yamaha MT-15, hanya saja tidak ada shroud di sekitar radiatornya. Undercrowl juga diberikan di Yamaha XSR 155 VVA ini dengan bentuk yang mengotak dan berlabur warna hitam. Sayangnya, spion dari motor ini masih model biasa, namun untuk speedometer-nya sudah full digital dengan bentuk housing bulat yang keren. Sedangkan setang yang digunakan adalah model fatbar.

Untuk knalpot, Yamaha XSR 155 VVA menggunakan bentuk silencer yang keren dan terlihat menyeimbangkan kesan retro dan modern yang diusungnya. Sedangkan lampu belakangnya minimalis dengan bentuk bulat dan sudah LED, serta posisinya persis di ujung jok belakang. Fender belakang model menggantung dengan ukuran yang minimalis, dan ada lampu sein yang lagi – lagi masih bohlam, tapi malah terlihat retro. Ban belakangnya menggunakan profil 140/70 dengan cakram belakang. Oiya, kedua ban motor ini sudah tubeless, sob.

Hal lain yang menarik dari Yamaha XSR 155 VVA ini adalah penggunaan swing arm model banana dengan single shock. Yamaha XSR 155 VVA menggunakan mesin 155cc SOHC VVA dengan kompresi 11,6 : 1 serta bore x stroke di angka 58 x 58,7 (near square). Tenaganya? Mencapai 19 hp dengan torsi 14,6 Nm, cukupan untuk motor dalam kota. Untuk transmisiya jelas menggunakan transmisi manual dengan 6 percepatan. Sedangkan Tangki dari Yamaha XSR 155 VVA mampu memuat 10 liter bahan bakar. Motor dengan bobot 134 kg ini tinggi kursi mencapai 810mm.

Nah, Yamaha XSR 155 VVA sendiri dilepas pihak Yamaha Thailand ke publik dengan harga mencapai 91.500 Baht, atau setara 42 jutaan Rupiah. Mahal? Bisa dikatakan begitu, namun motor ini jelas menjadi pesaing yang pas untuk Honda CB150R Exmotion yang dipasarkan di rentang harga yang sama. Jadi, bagaimana tanggapan kalian?

Read Prev:
Read Next: