Volvo Ciptakan Airbag Untuk Lindungi Pejalan Kaki yang Tertabrak

Volvo Ciptakan Airbag Untuk Lindungi Pejalan Kaki yang Tertabrak
0  komentar
Cover-Volvo-Pedestrian-Airbag

AutonetMagz.com – Apakah anda sudah merasa aman atau bangga dengan mobil anda yang sudah memiliki dual airbag? Mungkin saja, tapi jika dibandingkan dengan mobil-mobil di Eropa yang standar keselamatannya sangat tinggi, mobil dengan dual airbag akan terlihat sangat kuno. Peraturan keselamatan Eropa yang tinggi mengharuskan mobil memiliki airbag dengan jumlah yang banyak, bahkan hingga 8 airbag. Hasil tes uji tabrak pun jadi pertimbangan penting masyarakat benua Eropa dalam memilih mobil, karena mereka sadar nyawa mereka hanya ada satu.

Ilustrasi-Pedestrian-Airbag-Volvo

Sejauh ini, airbag hanya diciptakan untuk penumpang di dalam mobil saja. Hampir tak pernah terpikirkan untuk membuat airbag di bagian eksterior mobil, sampai Volvo membuat suatu gebrakan. Volvo kini sudah memperkenalkan sistem pedestrian airbag untuk melindungi pejalan kaki yang tak sengaja tertabrak oleh mobil Volvo. Sistemnya sama saja seperti airbag pada umumnya, yaitu airbag akan di-deploy saat terdeteksi adanya tabrakan.

Mekanisme-Pedestrian-Airbag-Volvo

Diuji coba pada Volvo V40, dengan bentuk airbag yang menyerupai huruf U akan menutupi wiper dan pilar A bagian bawah untuk mencegah kepala pejalan kaki terbentur keras ke bodi mobil. Tak hanya itu, bonnet pun akan mengangkat sedikit untuk menambah jarak antara pejalan kaki dan komponen keras di ruang mesin. Sensor pedestrian airbag ini pun cukup banyak dan tersebar di area bumper depan. Sistem airbag ini diprioritaskan untuk pengendaraan dalam kota dalam kecepatan 20 hingga 50 kilometer per jam.

Volvo-V40

Sebagai pabrikan yang tekenal akan kekuatan dan tingkat keamanan mobilnya yang tinggi, Volvo benar-benar luar biasa dalam memperhitungkan aspek keselamatan baik untuk manusia di dalam mobil maupun di luar mobil. Seharusnya fitur ini ada di semua mobil di Indonesia, mengingat angka kecelakaan mobil yang menabrak pejalan kaki juga cukup tinggi.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak video cara kerja pedestrian airbag Volvo di bawah ini!

Read Prev:
Read Next:
  • BigJoe

    Wani piro??

    • dimaz_13

      ketika sebuah fitur sudah menjadi standar, aplikasinya ke produk baru tidak akan susah, dan “the power of mass production” pasti bisa mereduksi biaya penambahan fitur tsb.
      contoh simpel, fitur dual airbag di sini, yg dulunya mobil sejuta umat aja gak ada airbagnya, begitu ada pabrikan yg ngasih gebrakan, langsung deh semua pabrikan berlomba ngasih fitur ini, bahkan di mobil murah sekalipun. dan terbukti penambahan fitur dual airbag tidak menaikkan harga jual secara signifikan.