V-KOOL Jelaskan Perbedaan Coating Dengan PPF

by  in  Berita & Tips
V-KOOL Jelaskan Perbedaan Coating Dengan PPF
0  komentar

AutonetMagz.com – Memiliki mobil dengan kondisi bodi yang selalu mengkilap dan indah, siapa pun pasti suka dan banyak cara untuk melakukannya. Beberapa melakukan coating di bodi mobil dan lainnya ada yang memilih Paint Protection Film (PPF). Namun menurut Lianto Winata, Chief Operating Officer PT V-KOOL Indo Lestari, selama ini masih banyak pemahaman yang salah antara PPF dan coating, terutama dikalangan masyarakat umum.

“Banyak yang menggangap coating dan PPF itu hal yang sama, padahal jelas berbeda. Coating itu menggunakan bahan kimia pada bodi, contoh seperti waxing atau nano ceramic. Sementara kalau PPF itu kita benar-benar melapisi bodi dengan plastik yang tebal dan bening, makanya dikenal juga dengan istilah laminating,” ucap Lianto Winata.

Paint Protection Film (PPF) kini merupakan tren baru yang digemari banyak kalangan di dunia otomotif untuk kategori perlindungan pada cat mobil. Hal itu karena PPF lebih mampu melindungi mobil dari goresan benda tajam seperti kerikil dan benturan. Selain itu, PPF juga bisa mempertahankan warna mobil tetap indah dan membuat mobil terlihat kilap wet-look untuk waktu yang lama. Lantas apa sesungguhnya yang membedakan coating dan PPF?

Perlindungan Cat Yang Lebih Baik

PPF berfungsi untuk melindungi cat dari kerusakan fisik dengan lapisan film yang tebal dan transparan. Fungsi lain adalah merawat warna mobil secara permanen. Sementara itu, coating hanyalah untuk perawatan warna sementara saja. Lianto mengatakan dengan penggunaan zat kimia yang dioleskan ke bodi pada proses coating dan poles memungkinkan lapisan cat orisinal bisa terkikis, dan kemungkinan permukaan cat untuk baret dan rusak masih akan tetap terjadi karena coating yang sangat tipis dan dalam bentuk cairan tidak bisa melindungi kendaraan terhadap kerusakan fisik.

Sedangkan untuk laminating PPF, sifatnya benar-benar membungkus seluruh bagian bodi mobil dengan lapisan film. Dengan demikian, proses PPF memiliki daya tahan yang lebih lama karena bentuknya fisik berupa lapisan film yang tebal. Beda dengan waxing atau coating yang menggunakan bahan kimia sehingga mobil dalam jangka waktu tertentu wajib terus mendapat perawatan agar tampilan tetap kinclong. Lianto juga menganggap bahwa coating hanya untuk sebagai color protection saja tidak sampai ke perlindungan lapisan catnya karena tak seperti PPF yang mampu melindungi bodi mobil dari baret halus.

Proteksi Mobil Dengan Self-Healing

Ambil contoh V-KOOL PPF yang dibuat dari bahan thermoplastic urethane (TPU) yang mampu melindungi cat kendaraan dari goresan benda tajam, baik tipis maupun dalam. Dari goresan kerikil, pemudaran warna oleh paparan sinar ultraviolet, jamur, hingga abrasi pun bisa diatasi. Bahan TPU sendiri memiliki beberapa macam grade, tentunya jika PPFnya dijual murah, maka bisa dipastikan bahwa bahan TPU yang digunakan bukanlah kelas premium, sedangkan V-KOOL PPF menggunakan bahan TPU yang paling premium dan paling bagus dari semuanya. Dengan bahan TPU yang premium V-KOOL PPF tentunya akan lebih jernih, kuat, terlihat alami dan lebih mengkilap.

Produk ini memiliki ketebalan 8 mil (0.2032 mm) dan dirancang untuk melindungi cat kendaraan dari kerusakan karena zat korosif. Selain itu, perlindungan sempurna terhadap sinar ultraviolet, panas matahari, dan air membuat warna tidak cepat pudar. Kejernihan PPF juga mampu memperkuat warna asli kendaraan dan membuatnya berkilau, bahkan kendaraan akan terlihat alami seakan-akan tidak dipasang apa-apa. Selain itu, daya tahan V-KOOL PPF pun lebih lama dibandingkan dengan coating kimia dengan garansi selama 10 tahun. Tak lupa, bahan TPU yang digunakan juga memiliki teknologi self-healing jika terkena panas matahari.

Jangan Asal Pasang Agar Tak Menyesal

Terlepas dari bahan premium V-KOOL PPF yang lebih unggul dari merk lain, kualitas pemasangan juga merupakah hal yang sangat penting. Spesialis pemasang PPF di V-KOOL adalah spesialis yang sudah dilatih oleh V-KOOL Internasional. Mereka memiliki skill yang sangat tinggi sehingga bisa memasang PPF di kendaraan Anda dengan sangat rapih bahkan bisa dikatakan pemasangan V-KOOL PPF adalah yang paling rapih di seluruh Indonesia.

Hal tersebut juga terbantu oleh setiap V-KOOL PPF Outlet harus memiliki standard tempat pemasangan yang tinggi, sehingga bisa dipastikan setiap kendaraan yang pasang V-KOOL PPF di kerjakan di tempat yang sangat layak dan khusus setaraf dengan standar International. Nah jadi kalian bisa pilih sekarang antara coating atau PPF kendaraan kalian nih. Walaupun tetap kami sarankan untuk mengkombinasikan keduanya untuk proteksi warna dan cat yang lebih baik.

Read Prev:
Read Next: