Tren Desain Mobil Baru : Chrome Menembus Lampu dan Floating Roof

by  in Berita&International
Tren Desain Mobil Baru : Chrome Menembus Lampu dan Floating Roof
0  komentar
tren-desain-mobil-baru

AutonetMagz.com – Pada umumnya, memang desain antara satu mobil dengan yang lain tak bisa dipukul rata alias disamaratakan karena terbentur beberapa alasan seperti peruntukan mobil (SUV, MPV, sedan, dll) dan identitas desain yang jadi ciri khas mobil seperti Hoftmeister Kink pada mobil-mobil BMW, gril tigernose pada mobil-mobil KIA dan bahasa desain Kodo-nya Mazda. Tapi meski begitu, ada beberapa hal yang bisa dideteksi menjadi tren yang menjangkiti beberapa model mobil. Apa sajakah tren tersebut?

Tren pertama menurut kami adalah adanya aksen hitam di pilar belakang mobil (pilar C pada sedan/hatchback dan pilar D pada SUV/MPV). Asal mula tren ini sebenarnya tidak begitu jelas, tapi alasan pemakaian aksen hitam pada pilar tersebut sepertinya cukup bisa ditebak. Daripada mewarnai pilar sewarna dengan bodi, melabur pilar dengan warna hitam akan membuat atap terkesan mengambang dari bodi mobil, atau bahasa Sunda.. eh, Inggrisnya maksudnya floating roof.

tren-desain-floating-roof

Selain membuat atap terkesan mengambang, ini bisa membuat kaca-kaca jendela mobil terlihat penuh dan padat mengelilingi setengah bodi atas mobil. Seingat kami, yang cukup lama bertahan dengan gaya ini adalah MINI Cooper modern, lalu beberapa mobil mulai mengikuti meski tak semua pilarnya diwarnai hitam. Tren desain seperti ini bisa disimak di Honda Mobilio, Toyota Yaris lele, Nissan Murano, Lexus RX, Mazda CX-3, Honda Civic Tourer dan masih banyak lagi.

Yang kedua adalah detail bilah chrome yang didesain panjang hingga menembus lampu mobil, baik itu lampu depan atau belakangnya. Kami juga tak tahu asal mula desainnya, tapi kami jadi teringat akan tren modifikasi jaman dulu di mana ada pemilik mobil yang menambahkan eye lid pada mobilnya agar lampu mobil terlihat lebih sipit, terutama bagi mobil yang headlamp-nya agak belo seperti mata ikan mas koki, VW Golf Mk5 contohnya.

tren-desain-headlamp

Menurut kami, kurang lebih sepertinya tujuannya mirip, yakni agar lampu yang bisa diibaratkan sebagai “mata” mobil tampil komplit dan berkarakter seperti punya “alis” dengan mendesain chrome sedikit menembus headlamp. Contoh desainnya bisa kita simak di Toyota Vios, Mazda 6, Honda Accord, Mitsubishi All New Pajero Sport (belum meluncur), Citroen DS 6WR dan sejumlah mobil lainnya. Tak hanya lampu depan, kadang lampu belakang juga kena detail seperti ini, misalnya pada Toyota Camry facelift dan BMW Seri 7 terbaru.

Itulah tren desain mobil terbaru tahun 2015 yang bisa kami tangkap setelah meneliti desain sejumlah mobil baru. Apa anda juga termasuk perhatian dengan detail desain mobil? Jika iya, detailing apa lagi yang bisa anda simak sebagai tren yang ada di kebanyakan mobil terkini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio

  • Bro-D

    Trend yg sudah mulai diterapkan pabrikan skrg, design head lamp yg mulai menyipit/menyudut dan melebar ke samping dipadukan dengan design grill depan dengan garis tegas mengikuti design headlampnya yg seolah2 menyatu dengan headlamp memberikan kesan lebar dan berkarakter, sepertinya itu yg mulai digemari konsumen saat ini, makanya ada si kodo, keen look, solid wing face yg dasarnya nga jauh2 amat.

  • sporky

    Singkatnya trend lampu depan dan belakang yg sipit sekarang mengikuti filosofi Fluidic Sculpture design dr Hyundai yg awalnya diterapkan di Hyundai Elantra cmiiw

  • sporky

    Singkatnya trend lampu depan dan belakang yg sipit sekarang mengikuti filosofi Fluidic Sculpture design dr Hyundai yg awalnya diterapkan di Hyundai Elantra cmiiw

  • Tiyo

    Krom menembus lampu dipopulerkan oleh Golf MK7

  • Tiyo

    Krom menembus lampu dipopulerkan oleh Golf MK7

  • Mosura

    Chrome menembus lampu sekilas agar disangka DRL kah?
    Alias DRL tanpa daya listrik.

  • ardi

    sekarang mobil banyak yang pake velg model kipas

  • Fahrudin

    Toyota Yaris lele. LOL

  • Jefri Dwiantoro

    Toyota Fortune sama Land Cruiser yang kemaren spyshot juga krom menembus lampu ya?
    Pelek pisau blender, sharkfin antenna sama siluet grill menyerupai spindle grill nya nexus juga mulai ngetren.
    Kalo lampu bumerang cuma ada di nissan yak?

    • Hillarius Satrio

      nexus? hape kali :))) lexus broo

  • Maddog

    Tambah lagi, solid wing face honda, lampu menyatu dengan grille

  • Amar Akira

    Bentuk bodi yg nyeleneh juga udh sering diterapkan dimobil sekarang,wkwkwkwk

  • VR38DETT

    Yg hebat TAM dan HPM, tren sunatan fiturnya yg sdh melegenda sejak dulu masih terus berlanjut hingga skrg.. hehe.. bhkn skrg sunatan fitur keselamatan standar pun sdh dipopulerkan oleh H tegak.. hebat brohh!

    • Hillarius Satrio

      gak nyambung

    • Blackjack

      Ckckckckck…..

    • orrtix

      @hillariussatrio:disqus komentar dari VR38DETT nyambung koq, kan memang tren penyunatan fitur di indonesia termasuk lagi lead in market, silakan dibandingkan saja mobil yg diimpor ke indo biasanya fitur yg dipotong banyak banget meskipun ga semua dan katanya demi kecendurungan konsumen indo sendiri. paling yg bener2 komplit ada di varian tertinggi. gak tau siapa pelopornya xixi. dan tampaknya tidak segan diikuti pabrikan lain. CMIIW

      • ojon

        Ada pesan sponsor bro, karna itulah gk nyambung…hahaha