Toyota Supra Diduga Bakal Turun ke Ajang NASCAR

by  in  International & Toyota
Toyota Supra Diduga Bakal Turun ke Ajang NASCAR
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau ingat Toyota Supra, sudah terbayang ajang balapan apa yang bisa diikuti oleh Grand Tourer Jepang bertenaga besar ini. Toyota Supra terdahulu yang berkode JZA80 sering terlihat versi JGTC-nya dan beberapa unit malah ada di ajang adu terpeleset, ambil contoh di Formula Drift dan D1GP. Untuk Toyota GR Supra baru, Toyota sendiri baru bilang kalau versi balap itu sedang digodok buat turun di ajang FIA WEC.

Hanya itu saja? Sepertinya belum, sebab Sports Business Journal mendapat informasi dari narasumber intern Toyota kalau Toyota akan memakai Supra untuk turun ke balapan terkenal di Amerika, NASCAR. Jangan keburu heran dulu, sebab sekarang saja Toyota mengandalkan Toyota Camry untuk semua ajang NASCAR, baik itu di kejuaraan Monster Energy NASCAR Cup Series dan NASCAR Xfinity Series. Bayangkan, sedan pejabat dipakai balap NASCAR?

Masih menurut Sports Business Journal, isu ini tidak ada hubungannya dengan penjualan sedan yang sedang menurun di sana. Sedan macam Camry saja sedang lesu, apalagi mobil sport sejenis Toyota Supra, pasti penjualannya lebih lesu. Bulan April 2018 saja, penjualan sedan-sedan Toyota di Amerika Serikat turun 5 persen dibandingkan dengan bulan April tahun lalu. Di bulan yang sama tahun 2018, penjualan SUV/Crossover dan truk-truk double cabin Toyota malah meroket.

Pada akhirnya, alasan Toyota Supra digembleng untuk bertarung di NASCAR pun sebenarnya bukan gara-gara NASCAR ingin meraup lebih banyak fans, tapi biar Toyota bisa menggaet lebih banyak orang supaya melihat brand Toyota itu menarik dengan adanya Supra. Kalau soal reliability sih, Toyota tak perlu diragukan, tapi Toyota ingin orang-orang melihat dan mengenal Supra sebagai ujung tombak mereka. Mungkin citra reliable saja tidak cukup buat Toyota, harus ada citra lain.

Toyota pernah menjadi raja di kejuaraan Xfinity Series di tahun 2016, dengan perolehan skor total 1.362 poin dan 19 kemenangan dengan menggunakan Toyota Camry. Toyota unguul atas Chevrolet yang mendapat 1.341 poin dan 11 kemenangan. Masih menjadi merek Jepang satu-satunya di NASCAR, semoga Supra bisa beradaptasi dengan baik di kejuaraan NASCAR dan ia pun harus siap melawan Ford Mustang NASCAR tahun 2019 mendatang. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio