Jangan panik! Simak Tips Mengatasi Rem Blong Berikut Ini

by  in  Tips
Jangan panik! Simak Tips Mengatasi Rem Blong Berikut Ini
0  komentar

AutonetMagz.com – “Periksalah kendaraan anda sebelum berkendara”, mungkin himbauan ini sering kamu jumpai ketika kamu sedang berkendara di jalan raya ataupun jalan tol. Memang betul, sebelum kamu memulai berkendara alangkah baiknya kamu memeriksa dahulu kondisi kendaraan kamu agar aman dan selamat sampai tujuan.

Salah satu hal yang wajib kamu periksa yaitu sektor pengereman. Periksalah kondisi sektor pengereman secara berkala seperti volume minyak rem, kondisi piston dan kanvas rem hingga selang minyak rem, jangan sampai ketika kamu sedang asyik berkendara justru kamu harus mengalami nasib sial karena rem blong. Periksalah kondisi sektor pengereman secara berkala Namun, tindakan apa yang harus kamu lakukan jika mengalami rem blong? Nah, berikut ini tips mengatasi rem blong ketika sedang berkendara:

1. Jangan Panik

Mungkin hal ini akan sulit kamu hindarkan ketika kamu berada dalam kondisi tersebut, namun berusahalah untuk tetap tenang yaa guys. Karena dengan kita berusaha bersikap tenang maka hal tersebut akan membantu kita untuk berpikir apa yang harus kita lakukan selanjutnya.

2. Nyalakan Hazard

Hal ini bertujuan sebagai tanda bahwa kamu sedang dalam kondisi darurat dan agar kendaraan di belakang kamu menjaga jarak dari kendaraan kamu. Selain menyalakan hazard kamu juga bisa membunyikan klakson secara berulang untuk menarik perhatian dari kendaraan lain.

3. Pindahkan Tuas Transmisi Ke Posisi Terrendah

Jika mobil kamu bertransmisi manual, maka segera pindahkanlah tuas transmisi dengan cepat dan berurutan ke posisi terendah 5,4,3,2,1. Namun, jika mobil kamu Automatic pindahkan tuas transmisi ke posisi ‘M’ lalu turunkan tuas transmisi ke posisi terendah secara cepat. Hal ini biasa disebut juga engine brake.

4. Tarik Tuas Rem Tangan

Tariklah tuas rem tangan secara perlahan dan berulang-ulang. Hal ini bertujuan untuk membantu memperlambat laju mobil.

5. Lakukan Counter Steer

Jika setelah kamu menarik tuas rem tangan mobil kamu menjadi lebih liar dan sulit dikendalikan, maka berusahalah untuk meng-counter steer kamu secara perlahan. Hal ini harus terus kamu lakukan sambil menarik tuas rem tangan.

6. Tetap Injak Dan Kocok Rem Terus-Menerus

Sambil kamu melakukan 2 hal diatas, usahakan agar kaki kamu tetap menginjak pedal rem dan kocok secara berulang dan terus menerus. Hal ini berguna untuk mengembalikan tekanan rem. Jangan lupa periksa kondisi pedal rem, kamu bisa memeriksa dengan kaki kamu atau meminta bantuan kepada penumpang lain untuk memeriksa, karena bisa saja ada suatu benda yang mengganjal di pedal rem.

7. Arahkan Mobil Ke Posisi Yang Aman

Arahkan mobil kamu ke posisi yang aman dan jauh dari keramaian, seperti parkiran atau lapangan agar tidak menimbulkan korban jiwa lain.

8. Tabraklah Sesuatu Yang Lunak Dan Aman

Jika dirasa mobil kamu harus ditabrakan terhadap suatu objek, usahakan carilah objek yang lunak dan aman seperti pagar kayu atau bambu, gundukan pasir, atau sawah.

Namun sebenarnya ada poin tips terakhir yang tentunya harus kamu lakukan ketika mengalami musibah rem blong yaitu janganlah lupa untuk tetap berdoa. Nah, itu tadi beberapa tips untuk mengatasi rem blong ketika kita sedang berkendara. Ingat yaa guys, keep safety dalam berkendara.

Read Prev:
Read Next: