Tidak Laku, Toyota Yaris Segera Tutup Usia di Amerika

Tidak Laku, Toyota Yaris Segera Tutup Usia di Amerika
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelum mulai ke topik inti, tolong diingat kalau Toyota Yaris adalah mobil yang bentuknya beda-beda tergantung pasar. Pasar China dan Asean mendapatkan Yaris yang berseliweran di jalanan Indonesia, pasar Timur Tengah dapat Yaris dalam wujud sedan kecil yang kita kenal sebagai Vios, pasar Eropa dapat Yaris yang lebih imut dan ringkas berikut Yaris GR yang gahar sementara pasar Amerika, Yaris versi sana hanyalah versi rebadge dari Mazda 2.

Kembali soal Mazda 2 logo Toyota alias Yaris USDM. Warta dari Carbuzz menyampaikan bahwa Toyota Yaris di Amerika Serikat akan segera dihentikan penjualannya di tahun 2020 ini, baik itu Yaris sedan maupun Yaris hatchback. Berita ini berasal dari memo yang bocor kepada “Manajer dan Dealer Toyota bagian tenggara”, dan saat mereka menghubungi Toyota, Toyota membenarkan hal itu. Yaris akan distop di Amerika.

Yaris sedan dan Yaris hatchback tidak akan hadir lagi untuk model tahun 2021. Model tahun 2020 akan jadi tahun terakhir untuk Yaris. Juni 2020 akan jadi bulan terakhir untuk produksi Yaris sedan dan Yaris hatchback di Amerika,” demikian tulisan dari Christine N. Henley, Manajer Komunikasi Toyota Amerika Utara bagian barat. Padahal, Yaris termasuk salah satu mobil paling murah di Amerika Serikat.

Ternyata murah saja tidak cukup untuk jadi laris. Sebagai gambaran, Toyota Corolla yang kelasnya di atas Yaris dan harganya lebih mahal bisa terjual sebanyak 304.850 unit di tahun 2019, sementara Toyota Yaris hanya laku sebanyak 21.916 unit. Angka 21.916 unit itu pun sudah gabungan dari penjualan model sedan dan model hatchback. Bukan angka yang bagus, jadi nampaknya bisa dipahami kenapa terpaksa distop penjualannya.

Ini menyusul kabar bahwa Toyota GR Yaris yang bermesin turbo, transmisi manual, berpenggerak AWD dan bertenaga di atas 200 hp itu tidak akan masuk ke pasar Amerika Serikat. Mungkin saja pasar Amerika sudah lebih cocok dengan Corolla, Prius dan C-HR, tapi apa Toyota tidak mau mencoba peruntungan dengan Yaris Cross baru? Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: