Tidak Aman, Global NCAP Minta Datsun Hentikan Penjualan GO

Tidak Aman, Global NCAP Minta Datsun Hentikan Penjualan GO
0  komentar

Tes tabrak Datsun GO crash testAutonetMagz – Max Mosley, Mantan Presiden FIA dan Chairman dari Global NCAP (New Car Assessment Program) menulis surat pribadi kepada CEO Renault-Nissan Carlos Ghosn untuk menghentikan sementara penjualan Datsun GO di India karena hasil tes tabrak yang sangat parah disebabkan ringkihnya struktur rangka yang dimiliki mobil tersebut.

Bahkan menurut Max Mosley, dengan struktur bodi yang sangat rapuh ini, perlengkapan safety tambahan seperti ABS dan dual airbags tidak ada gunanya jika disematkan ke dalam mobil ini dikarenakan rangka yang terlalu rapuh yang dapat menyebabkan pengemudi tidak akan selamat ketika mengalami kecelakaan dengan kecepatan 64 km/jam.

Foto-Datsun-GO-5-Penumpang

Buruknya hasil uji tabrak terhadap Datsun GO bisa terlihat dari gambar diatas dan video dibawah, selain bonnet depan yang hancur, ternyata struktur rangka mulai dari rangka bawah, pintu hingga atap mobil terlihat ringsek dan pengemudi terlihat sangat mengenaskan. Mobil lain yang diuji dalam tes ini meskipun mendapatkan hasil tanpa bintang yang sama, struktur rangkanya masih tetap utuh pada kabin, pengemudi terluka parah akibat tidak adanya airbag yang mengembang di bagian depan.

Meskipun hasil pengetesan menunjukan mobil ini tidak mendapatkan satu bintang pun dalam uji tabrak, Nissan India mengatakan bahwa Datsun GO telah memenuhi standar regulasi India dan dikembangkan dengan sangat baik untuk memenuhi standar regulasi yang berlaku di setiap negara dimana mobil ini dijual. Bahkan Datsun mengatakan bahwa mobil ini memiliki performa terbaik untuk masalah pengereman, visibilitas dan durabilitas, serta kenyamanan tempat duduk yang dimiliki oleh Datsun GO.

Harga Datsun GO+ Indonesia

Selain Datsun GO, Suzuki Maruti Swift juga gagal memenuhi hasil uji tabrak karena spesifikasi India yang memiliki banyak pengurangan di beberapa faktor, padahal di ANCAP (Australasian New Car Assessment Program), Suzuki Swift mendapatkan 5 bintang seperti halnya Suzuki Swift Sport. Mobil produksi India lainnya seperti Hyundai i10, Maruti Suzuki Alto 800, Ford Figo, VW Polo dan Tata Nano juga gagal mendapatkan 1 bintang sekalipun di hasil test, meskipun VW cepat menanggapi hal tersebut dengan menambahkan 2 buah airbags dan ABS sehingga mendapatkan 4 buah bintang. Ford Figo meskipun gagal, ia mendapatkan pujian karena struktur rangka yang sangat kuat dibandingkan dengan mobil murah lainnya. Untuk Datsun GO, mobil ini mendapatkan perhatian khusus karena struktur rangkanya sudah tidak bisa ditolerir lagi.

Di Indonesia sendiri, saat ini Datsun GO spesifikasi Indonesia belum menjalani crash test atau tes uji tabrak sebagaimana mobil LCGC yang ada di Indonesia lainnya. Toyota Agya yang memiliki kembaran di Malaysia dengan nama Perodua Axia dengan spesifikasi keamanan yang sama dengan dua buah airbags minus ABS dan ISOFIX mendapatkan hasil 4 bintang di ASEAN NCAP, namun hasil tersebut belum tentu mencerminkan hasil uji tabrak dari Toyota Agya yang sebenarnya.

Baca juga : Penjualan Datsun di dunia jauh dibawah target

Photo & video credit : Global NCAP

Read Prev:
Read Next:
  • ojobkuayutursolehatporakolod

    Berkaca pada kasus ‘mobil nasional’, mestinya pihak2 yg terlibat pada proyek2 semacam ini bisa instrospeksi, jadi tidak semata2 menunjukkan kebanggaan, karena utk memPRODUKSI mobil/kendaraan yg layak itu tidak sekedar membuat/merakit, ada proses development & pengujian yg harus dilalui dengan cermat ……berani taruhan, pihak2 yg mengaku pernah membuat “mobil” secara lokal pasti tidak bisa menjawab klo sekedar ditanya berapa nilai Coefficient of Drag (CoD) “mobil” buatan mereka, artinya produk mereka memang benar dibuat, tetapi tidak dirancang

  • Wekwow

    Njirr, mobil apa gorengan?? Memang benar Harga menentukan kualitas :V

  • gtrr35

    Parah..
    indo kapan ada crash test.

    • Akbar

      Ada gan di TV yg bintangnya Rifat Sungkar, tp buat nguji tembok bukan mobilnya :v

  • gtrr35

    parah kalo liat in-interior view, setir dan driver seat sampe nempel rapat menjepit total si driver.
    pantesan Max mosley bilang struktur body datsun ini sangat weak dan penambahan airbag adalah mubazir.

    “The Go’s body shell is so unstable that it would be pointless to include airbags in the car.”
    “However the failure of the body shell makes it redundant to fit an airbag.”

  • BigJoe

    Harusnya negri ini juga punya lembaga Crashtest juga
    Spesifikasi tiap negara kan beda…

  • Andi

    Kebayang dah klo kecelakaan nnt kyk gimana…..

  • bobbylabonte

    Wah datsun diserang terus nih dari kemarin. Karatan lah skrg rapuh lah. Kayanya yg minus2 nya aja nih yg di gembor hehe…
    Persaingan otomotif bener2 dahsyat emang.
    Maklum datsun ini kan lumayan mengancam makanya diserang terus..
    Spek Mesin nissan march 1200cc, body lebih gede, harga murah..
    Datsun ini bener2 value for money, Mana ada mobil spek begitu harga segitu. Hehe..

  • anak parung

    mobil murah mau harap apa? nggak keujanan aja udah baguslah, kan memang mobil ini awalnya dibuat biar orang pindah dari motor ke mobil, at least kecelakaan naik mobil nggak separah kecelakaan naik motor

    • gtrr35

      Mobil ini basis march V platform, interesting hasil tes march(micra) cukup kuat paling tidak terlihat pilar A dan area lis plang tidak mengalami deformasi signifikan.
      kasian amat nyawa konsumennya jadi ga terlalu jadi urusan demi produk lebih menjual (murah/affordable/whatever).
      kalo liat hasil tast tabrak seperti itu, awalnya dibuat bisa2 karena concern lain, bukan pindah dari motor ke mobil.
      emangnya semua konsumennya kini tau hasil tes tabraknya seperti itu? bahkan kini malah membahayakan pemakainya sekarang secara mostly tidak aware sama sekali akan konsekuensi tabrakan dari mobil yang dikendarainya itu.
      bayangin kalo “kejadian” sama karyawannya mereka sendiri.. tapi kayanya bahkan para insinyurnya sekalipun bisa2 enggan pake ini…

      Dan mobil ini jadi jauh lebih mahal karena harus bayar nyawa dan akibat tabrak bisa merusak cakupan struktur bodi menular kemana2 dan amat banyak repairnya.

  • tim

    Mobil murah yg lain gimana? Percuma aja kalo punya airbag tpi kaga ngembang, kaya pabrikan sebelah, setelah pabriknya yg di mexico recall baru ikutan recall.. coba kalo kaga… dan gw yakin mobil murah laun hasil test crashnya ga akan lebih baik dri ini…

    • gtrr35

      so far etios dan perodua axia(rebadge nya ayla agya) lulus Latin and Asean crashtest.

      • tim

        Itu latin sama Asean… coba ditest di global NCAP… kalo gua drpd beli etios bodi diteken udh penyok mending beli mirage, sdh teruji 4 bintang EURO NCAP… lagian lu yakin material yg digunakan toyota brazil sama TAM sama? Klo disini 80% sdh pake komponen lokal yg maaf, kualitasnya kaga ada.. coba aja bandingin innova produksi awak thn 2004 sama innova skrg… keliatan banget downgrade qualitynya.. (thn 2004 innova msh CBU Thailand)

  • bobbylabonte

    Datsun tetep paling oke.mesin 1200cc harga segitu gak ada ngalahin. Pabrikan lain mana ada? Yg ada harga lebih mahal 1000cc pula, kalo ditest modar jg pasti.
    Kecuali brio satya udah teruji

  • bobbylabonte

    Mobil ginian buat apa di test? Itu yg ngetes gak ada kerjaan aja. Wkwkwk
    Bukan masalah harga murah. Tp emg mobil jenis ini gak perlu di test menurut gua. Contoh lain mobil pick up, atau minibus kaya grandmax. Gak perlu di test, Di test ya pasti modar lah.

    Bukan masalah harga murah. Sok aja BMW suruh bikin pickup atau minibus kaya grandmax sok test pasti modar jg.. Wkwkw

    Mobil itu emg ada yg di desain utk safety ada yg engga. jd ga perlu semua di test. Tar bisa2 bajai, motor, becak di test NCAP juga wkwkw..

    Kalo mau ngetes itu sedan, hatcback, SUV itu pantes di tes..

    • gtrr35

      emangnye NCAP itu nge tes yg mane? Datsun yg di test itu hatchback, simak dulu.
      trus maksudnye datsun yg termasuk mpv termasuk yg ngga didesain untuk safety family indo yee? trus makanye seatbelt nye datsun dikasi buat pajangan doang maksudnye..
      kasian banget ye pemakai mpv ga perlu dipikirin safety nye.
      bagus deh, teruskan datsun..

    • shino

      jadi kalau bukan sedan premium, SUV, MPV dan berharga mahal sah untuk bikin produk ala kadarnya?

      nih sodaranya grenmek yg ente caci, kalau bikinnya niat, gak cuma ngejar untung, bisa dapat 4 bintang tuh

  • iswa

    Kalau tabrakan.. entah nabrak, ditabrak ataupun terjun bebas, mobil seberapa mahalnya juga ringsek tergantung tingkat tekanan yg diterima.
    Tapi selayaknya insinyur dan pengusaha menggunakan ilmunya utk kebaikan semua bukan hanya keuntungan pribadi saja. Setidaknya menggunakan standar keselamatan menjadi basic utama dalam produknya.

  • ade

    baca komen2 diatas lumayan bwt ngurangin stress !!

  • bakka

    tes tabrak aka crashtest dibuat supaya perusahaan gk terlena ama namanya bahan dan konstruksi yg makin dikurangi…… so ini juga yg bikin pengaruh pda penjualan
    cman syg org kita kurang ngerti aja dgn ini….. yg penting jalan en gk kehujanan 😀

  • Eko

    Mobil LCGC seharusnya ada jaminan keselamatan, harga murah karena tidak kena pajak dan seharusnya ini bisa utk bea produk keselamatan.

  • Agus Setiawan

    Ijin share Pak/Bu
    Jika butuh asuransi mobil bisa menghubungi saya melalui phone/WA 08812340856 marketing asuransi Sinar Mas. Thanks