Teaser Tata X451 : Calon Pesaing Maruti Suzuki Baleno Hatchback

Teaser Tata X451 : Calon Pesaing Maruti Suzuki Baleno Hatchback
0  komentar

AutonetMagz.com – Di tahun 2017 silam, Tata Motor sempat mengalami fase yang kurang menyenangkan. Pabrikan mobil asal India ini sendiri mengalami masalah finansial yang memaksanya untuk mulai berhemat disana dan disini. Uang hasil penghematan itu sendiri akan dialihkan untuk mendukung biaya riset dan pengembangan mobil baru yang diposisikan sebagai volume maker. Dan nampaknya mobil yang akan kita bahas ini adalah salah satunya.

Yap, menyambut India Auto Expo 2018 yang akan segera berlangsung di buan Februari mendatang, pihak Tata Motor nampaknya cukup bersemangat. Tata Motor sendiri terpantau memiliki sebuah produk baru yang akan melakukan debutnya di gelaran tahunan tersebut. Produk baru tersebut adalah Tata X451, sebuah mobil yang diprediksikan berbentuk hatchback yang akan langsung menjadi pesaing dari Maruti Suzuki Baleno Hatchback yang sudah dijual terlebih dahulu. Dari gambar teaser yang disebar oleh Tata Motor, terlihat bahwa Tata X451 sudah menggunakan lampu utama yang menggunakan teknologi LED, bahkan bisa dibilang bentuknya sangat keren untuk sebuah produk Tata.

Secara umum, bentuk dari Tata X451 sendiri agaknya cukup berbeda jika dibandingkan dengan produk Tata yang lain. Bermodalkan bahasa desain terbaru yang diberi nama Impact Design 2.0 oleh Tata Motor, nampaknya Tata X451 ini akan menjadi produk pertama yang akan memulai perubahan yang radikal dalam hal filosofi desain produk – produk Tata. Tata X451 sendiri akan menggunakan desain fender yang lebih berisi yang akan digabungkan dengan garis atap yang terkesan kokoh ala Tata Nexon. Selain itu, mobil ini juga akan mengejar nuansa sporty dengan menggunakan lampu belakang yang sipit. Selain menjadi produk pertama yang menggunakan bahasa desain baru, Tata X451 juga akan menjadi produk pertama yang menggunakan New Advance Modular Platform milik Tata.

Untuk spesifikasi mesin sendiri masih belum ada informasi yang disampaikan oleh pihak Tata, namun dari kabar yang beredar, nampaknya Tata X451 akan menggunakan mesin 1.200cc Turbo yang sudah ada. Mesin ini sendiri dapat memproduksi tenaga maksimal di angka 108 hp. Selain itu, ada peluang juga menggunakan mesin 1.200cc tanpa turbo yang digunakan juga oleh Tata Tiago. Sedangkan untuk menandingi Maruti Suzuki Baleno Hatchback, tentunya Tata X451 juga harus memiliki mesin diesel, dimana mesin berkubikasi 1.050cc Turbodiesel milik Tata nampaknya juga disiapkan untuk mobil ini. Selain memperkenalkan Tata X451, nantinya pihak Tata juga akan membawa produk SUV terbarunya yaitu Tata H5 yang akan diberi nama Tata Atmos yang menggunakan basis dari land Rover Discovery Sport.

Dengan kehadiran Tata X451 sendiri, maka Tata nampaknya memang berniat untuk menggairahkan kembali penjualan mobil non komersilnya. Sejauh ini, Tata sendiri sudah memiliki beberapa produk dalam jajaran lini produknya seperti Tata Tiago, Tata Nexon, Tata Tigor dan juga Tata Hexa. Bagaimana menurut kalian peluang kehadiran Tata X451 ini? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: