BluSnap Helmet : Helm India Dengan Pendingin Udara

by  in Berita&International
BluSnap Helmet : Helm India Dengan Pendingin Udara
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika kalian berada di musim kemarau, dan kalian harus ke kantor atau bepergian menggunakan motor, kira – kira apa yang menjadi masalah kalian? Yap, panas. Sudah jelas hukumnya bahwa motor memang tak dilengkapi pendingin udara bak mobil, namun bagaimana jika salah satu gear alias perlengkapan mengemudi kalian yang diberi fitur ala AC? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Seperti yang kalian baca di judul, jelas gear yang kami maksud disini adalah helm, dimana sebuah perusahaan asal India bernama BluArmor memproduksi sebuah helm yang unit. Yap, helm yang dinamai BluSnap Helmet ini sendiri punya sebuah fitur yang menarik, yaitu fitur pendingin udara. Udara dingin atau sejuk yang dihasilkan oleh BluSnap Helmet ini sendiri sebenarnya berasal dari sebuah bagian di sisi depan yang bentuknya bak aki motor dan yang beroperasi menggunakan baterai. Secara bentuk, sebenarnya bentuk dari BluSnap Helmet ini agaknya cukup janggal dan tentunya secara aerodinamika akan menghambat laju angin yang mengenai helm.

Ah, tapi masa bodoh dengan aerodinamika, saat kalian mengendarai motor di perkotaan yang macet dan terik, jelas udara yang sejuk jauh lebih penting dengan aerodinamika, iya atau iya? Nah, kembali ke BluSnap Helmet, Sebenarnya kotak yang ada di bagian depan helm itu berisi tangki air, sebuah kipas elektrik, radiator mungil dan juga filter udara. Idenya adalah menggunakan efek dari evaporasi air pada radiator untuk menghembuskan udara sejuk ke dalam helm. Secara umum, pihak BluArmor mengklaim bahwa BluSnap Helmet dapat menurunkan suhu sebanyak 6 hingga 15 derajat celsius, tergantung pada seberapa lembap daerah tempat kita melaju. Iklim yang tingkat kelembapannya tinggi akan berefek negatif untuk sistem ini.

Nah, ternyata BluArmor juga sudah menguji peforma dari BluSnap Helmet pada musim panas tahun lalu di India. Di daerah Chennai yang punya tingkat kelembapan yang cukup tinggi saja BluSnap Helmet mampu mengkondisikan helm untuk berada di suhu 25,2 derajat celsius, padahal suhu di luar helm ada di angka 36 derajat celcius. Secara umum, jelas BluSnap Helmet bisa dikatakan sukses untuk mengkondisikan helm dengan suhu yang sejuk. Namun ada catatan tentunya jika kalian ingin menggunakan BluSnap Helmet ini. Catatan tersebut adalah perihal bobot dari sang helm, karena tak bisa dibohongi, dengan penambahan komponen di sisi depan jelas menambah berat dari helm itu sendiri. BluArmor sendiri tak merilis berapa data bobot dari BluSnap Helmet ini, hmmm.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihan dari BluSnap Helmet, helm yang sistem pendinginnya dihargai 25 US Dollar ini sendiri ternyata sudah membuktikan bahwa walaupun menggunakan motor, kita masih bisa menjaga hawa tetap sejuk, setidaknya di dalam helm saja. Bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: