Teaser Mitsubishi Expander Muncul Lagi, Pakai mesin 1.500, CVT dan FWD

Teaser Mitsubishi Expander Muncul Lagi, Pakai mesin 1.500, CVT dan FWD
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz.com – Perlahan namun pasti, sedikit demi sedikit detail dari LMPV jagoan Mitsubishi yang dibangun di atas basis Mitsubishi XM Concept mulai terlihat. Setelah sebelumnya kami sempat mengabarkan secuil gambar dari lampu yang disinyalir berteknologi LED, maka saat ini kami mendapatkan gambar teaser yang merupakan 50% alias separuh dari fascia depannya yang memperlihatkan gambaran secara umum dari wajah Mitsubishi Expander serta beberapa silut dari mobil ini baik dari samping depan dan belakang. Check it out!

Secara umum sepertinya Mitsubishi akan membuat warna abu – abu menjadi Hero Color dari Mitsubishi Expander, hal ini turut ditunjukkan dengan dua kali teaser yang menunjukkan warna tersebut. Lalu, jika kita mencermati gambar teaser ini, maka kita akan kembali berpikir apakah gambar yang muncul sebelumnya adalah main headlight alias lampu utama? Jawabannya adalah tidak. Karena lampu utama dari Mitsubishi Expander ini justru berada di sisi bawah dan bersandingan dengan lampu yang disinyalir adalah lampu sein. Sedangkan lampu yang sipit dan berada di sisi atas sendiri disinyalir adalah sepasang LED DRL.

 Diluar perkara lampu, tak terlalu banyak hal yang bisa kita temukan di teaser Mitsubishi Expander ini. Mungkin hanya detail – detail minor seperti grille yang berbentuk mengotak dan tegas yang justru mengingatkan kita pada Honda City Generasi lawas, dan bahasa desain dynamic shield yang sudah pasti menghiasi bumper depan dari LMPV yang diklaim Mitsubishi akan menjadi mobil sejuta umat. Bumper depan dari Mitsubishi Expander ini juga akan memiliki beberapa detail berwarna hitam khas Crossover dengan lis krom tipis yang membingkai desain dynamic shield-nya.

Satu hal lain yang menarik adalah informasi yang kami dapat dari seorang narasumber terpercaya yang tak bisa kami sebutkan identitasnya. Sang narasumber memastikan bahwa Mitsubishi Expander akan hadir dengan mesin berkubikasi 1.500cc 4A91 yang merupakan pengembangan dari mesin Mitsubishi Colt. Mesin ini akan menyalurkan tenaga ke roda depan via transmisi otomatis yang menganut teknologi CVT dengan 6 percepatan Virtual. Berbicara masalah mesin, Mitsubishi sendiri memiliki dua macam mesin berkubikasi 1.500cc, yaitu Mesin 4A91 dan mesin 4G15 lawas yang sudah diperkenalkan sejak 1983.

Kembali ke mesin 4A91 yang dimiliki Mitsubishi Colt sendiri memiliki spesifikasi mesin DOHC 16v, ECI multiple, dengan konfigurasi bore x stroke yaitu 72.0 mm x 84.8 mm dan rasio kompresi 10.5 : 1. Mesin ini bertenaga 120 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimalnya 145 Nm pada 4.000 rpm. Namun anda jangan berharap Mitsubishi Expander akan bertenaga sebesar itu, karena kualitas bahan bakar di indonesia yang masih kurang baik. Sedangkan mesin 4G15 tentunya sudah cukup dikenal, karena mesin ini adalah mesin yang digunakan oleh Mitsubishi T120SS yang sudah dikenal di Indonesia. Namun jangan pandang enteng mesin ini, karena mesin ini juga masih terus dikembangkan. Bahkan Mitsubishi Colt R di awal tahun 2000-an mampu bersaing dengan Honda Jazz dengan msin 4G15 Turbo yang bertenaga 163 hp. Sedangkan mesin 4G15 terkencang dipegang oleh Mitsubishi Colt CZT Ralliart dengan tenaga 197 hp.

Kembali ke mesin Mitsubishi Expander, Tentunya perpaduan mesin 1.500 cc ini bukanlah hal asing di kelas LMPV yang di jual di Indonesia, karena produk lain macam Honda Mobilio. Namun sang narasumber berkata bahwa Mitsubishi Expander kemungkinan akan mempunyai bobot yang lebih berat yang mana secara logika akan membuat transmisi dan mesinnya harus bekerja ekstra.

Terakhir, Mitsubishi Expander sendiri memang cukup dinantikan oleh para penggemar otomotif Indonesia, karena LMPV ini akan menandai masuknya Mitsubishi ke pasar gemuk yang diminati oleh konsumen. Tentunya cukup menarik untuk menantikan mobil yang dikabarkan akan hadir di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 ini nantinya. Bagaimana menurut kalian? Atau malah sudah ada yang memberikan uang tanda jadi? Sampaikan komentarmu ya kawan.

Read Prev:
Read Next: