Suzuki Swift Sport Concept Baru Bakal Tampil Memakai Mesin Turbo dan Penggerak AWD!

Suzuki Swift Sport Concept Baru Bakal Tampil Memakai Mesin Turbo dan Penggerak AWD!
0  komentar
Suzuki-Swift-Concept

AutonetMagz.com – Untuk saat ini, Suzuki Swift Sport adalah hot hatch entry level termurah yang bisa kita beli di Indonesia. Mesin 1.600 cc-nya bukan mesin biasa, karena jika mesin 1.600 cc non turbo lain paling bagus tenaganya hanya 120 PS, milik Swift Sport bisa tembus 130 PS dan karakternya high-revving seperti Honda Type R lawas. Artinya, mesin ini paling enak dibejek di putaran tinggi, dan jika handling Swift biasa saja sudah bagus, maka Swift Sport lebih bagus lagi.

Asyiknya, Suzuki ternyata serius dengan Swift Sport, sehingga mereka akan mengumumkan langkah selanjutnya mengenai hot hatch yang di Eropa bertugas untuk melawan hot hatch Eropa yang harga dan gengsinya lebih tinggi. Untuk Tokyo Motor Show mendatang, Suzuki menjadwalkan penampilan Swift Sport Concept baru dengan orientasi mesin baru, yang tadinya 1.600 cc non-turbo jadi 1.400 cc turbo. Keren!

mesin-turbo-boosterjet-suzuki

Mesin yang kita bicarakan ini adalah mesin BoosterJet yang bakal disematkan juga di Suzuki SX4 S-Cross versi China, namun bakal ada penyesuaian untuk Swift Sport supaya performanya lebih ganas. Di samping itu pula, menurut Motoring, mesin ini akan dikawinkan dengan transmisi kopling ganda baru dari Suzuki dan memakai penggerak AWD, bukan FWD seperti yang sekarang.

Ada sedikit bocoran mengenai bagaimana sistem AWD-nya bekerja. Saat menikung, sistem akan mengurangi penyaluran tenaga dan torsi ke roda depan dan lebih memprioritaskan roda belakang supaya handling terbaik bisa diperoleh. Komputer akan mendistribusikan tenaga dan torsi lebih dominan ke roda depan lagi saat pedal gas diinjak lagi. Lumayan untuk sebuah Suzuki, sepertinya ingin menyamai Symmetrical AWD-nya Subaru atau ATTESA E-TS punya Nissan GT-R.

suzuki-swift-sport-concept-belakang

Mengikuti ubahan teknis yang tergolong menyeluruh tadi, ubahan bodi dan perangkat aerodinamika lain pastinya mengikuti. Dengar-dengar, body kit Suzuki Swift Sport baru bakal terinspirasi dari mobil reli. Yah, semoga desain versi produksinya bagus, soalnya Swift baru punya desain yang timeless, jangan sampai dihancurkan oleh Suzuki sendiri untuk generasi barunya nanti, apalagi kalau sampai konsepnya keren tapi versi produksinya jelek, habislah sudah.

Sepertinya makin menjanjikan nih untuk bikin hot hatch lain ketar ketir tidak karuan. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: