Suzuki Celerio Versi Eropa Hanya Dapat 3 Bintang Euro NCAP

by  in International&Suzuki
Suzuki Celerio Versi Eropa Hanya Dapat 3 Bintang Euro NCAP
0  komentar

Crash test uji tabrak Suzuki CelerioAutonetMagz – Di Eropa, Suzuki dikenal memiliki Suzuki Alto supermini yang memiliki harga jual terjangkau untuk pasar mobil Eropa, mobil yang kini diganti oleh Suzuki Celerio di tahun 2014 setelah lebih dari 5 tahun Alto melenggang di Eropa, akhirnya mendapatkan uji tabrak Euro NCAP untuk menguji sebarapa aman mobil ini jika terkena musibah di jalan raya.

Meskipun Suzuki Celerio adalah mobil masa kini yang seharusnya memikirkan tes uji tabrak secara matang, ternyata hasil crash test versi Eropa sangat mengecewakan dengan perolehan hasil 3 bintang saja dari hasil pengujian.

Suzuki Celerio Crash Test Side Barrier

Hasil yang tidak begitu baik ini dikarenakan adanya uji tabrak samping yang menghasilkan perolehan yang sangat buruk di Suzuki Celerio, pasalnya mobil ini hanya memiliki 3 buah airbag saja yang terdiri dari dual front airbags dan side airbag pada bagian pengemudi saja, namun jika mobil ini dilengkapi dengan 7 buah airbags, hasilnya pasti akan jauh lebih baik karena dari hasil pengujian kabin mobil masih terlihat kokoh.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Suzuki Alto. Mobil ini sama-sama memiliki 3 buah bintang, namun secara persentasi skor Suzuki Celerio sedikit lebih baik dibandingkan dengan Alto. Suzuki Alto hanya mendapatkan skor 55% untuk penumpang dewasa, 46% untuk anak-anak, 35% untuk pejalan kaki dan safety assist hanya 29%.

Suzuki-Celerio-IIMS-Tampak-Belakang

Suzuki Celerio sedikit lebih baik dengan angka 61% untuk penumpang dewasa, 74% untuk anak-anak, 68% untuk pedesterian dan 38% untuk safety assist. Memang skornya bertambah, namun tidak begitu signifikan sehingga Suzuki Celerio masih bertahan di 3 buah bintang.

Dengan hasil test ini, Suzuki Celerio masih menjadi PR besar untuk Suzuki di pasar Eropa, karena masyarakat Eropa sangat memperhatikan hasil crash test sebagai salah satu bahan pertimbangan sebelum membeli sebuah kendaraan. Btw, jika hasil crash test Eropa seperti, apa kabar ya hasil crash test Indonesia? Hehehe….

Baca juga : First impression review Suzuki Celerio, lengkap dengan video oleh AutonetMagz

Photo & video credit : Euro NCAP

Read Prev:
Read Next:
  • dimaz_13

    secara nilai sudah lumayan sih…. kalo dibandingkan dengan mobil yg beredar di sini mungkin sudah dapet bintang 5 tuh…

    • Bram

      Betul juga, klo dibawa ke ASEAN diuji di ASEAN NCAP. Bintang 4 bisa saja diraih. Asal tidak di downgrade habis2an.

  • Bram

    Jangan lupa di note, mulai tahun ini standar pengujian dan kualifikasi Euro NCAP dinaikkan. Jadi mobil2 yang dahulu2 sudah pernah di tes tabrak dan dapat bintang 5 sekalipun, belum tentu mendapat bintang 5 lagi pada tes tabrak dengan standar baru yang diterapkan pada Euro NCAP.

    Celerio mendapat setengah blind star karena pada unit yang diujikan, tidak memiliki side curtain airbag. Mulanya Celerio yang akan diluncurkan di Eropa memang diprogramkan tidak disertakan fitur safety side curtain airbags. Tapi, bisa dibeli optional. Mungkin dengan keluarnya hasil tes tabrak Euro NCAP, bisa memberikan masukan bagi Suzuki, alangkah baiknya jika pada semua tipe disertakan juga side curtain airbag, dan bukan pilihan optional lagi.

  • tim

    Jadi penasaran kalo agya atw brio satya ditest di EURO NCAP hasilnya kaya gimana… toh airbag jg cuma beda satuu, ya kan? Pengen liat aja gw sasisnya remuk apa kaga..

  • bobbylabonte

    Wajar namanya jg city car kecil gitu kalo tabrakan ya gitu.. Kalo mau aman pake suv ky hummer atau jeep

  • okisyauqi

    Jiahh ini sih bukan mengecewakan. Wajar banget kalo cuma 3 bintang. Lagian dia bukan city car mahal kaya eropa punya. Bintang 3 mestinya sdh sangat bagus lah