SUV Dominasi Penjualan Honda Indonesia, Sampai 51%

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
SUV Dominasi Penjualan Honda Indonesia, Sampai 51%
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau bicara merk Honda di Indonesia, maka salah satu model paling laris mereka adalah Honda Brio Series, terutama Honda Brio Satya. Dan memang benar, small hatchback Honda tersebut masih menduduki posisi 3 besar kendaraan terlaris di Indonesia. Namun, ada fakta menarik dimana ternyata SUV juga memainkan peran yang krusial terhadap penjualan Honda di Indonesia. Dimana lebih dari separuh penjualan Honda disokong oleh jajaran produk SUV mereka. Yuk kita bedah lebih lanjut.

SUV Dominan, Tapi Brio Tetap The King

Sepanjang tahun 2023 kemarin, Honda Prospect Motor (HPM) berhasil membukukan penjualan sebanyak 128.010 unit. Angka ini terbilang positif karena meningkat 2% ketimbang tahun 2022 silam. Padahal, total penjualan mobil secara nasional malah cenderung turun, namun penjualan Honda malah sebaliknya. Dan ini jadi prestasi tersendiri bagi Honda di Indonesia. Total penjualan SUV pun terbilang masif dengan 51,3% dari total penjualan Honda di Indonesia. Angka tersebut mengalami pertumbuhan yang signifikan yaitu 18% ketimbang tahun 2022 silam. Dua jagoan terbaru dari Honda di 2023 yaitu All New Honda CR-V dan Honda WR-V memberikan sumbangsih yang positif terhadap peningkatan penjualan SUV Honda.

Walaupun begitu, subangsih terbesar tentunya masih diberikan oleh Honda HR-V dengan 19,3% atau 24.736 unit. Angka ini diikuti oleh Honda BR-V dengan 18.046 unit, serta Honda WR-V yang kalah tipis di 18.104 unit. Sedangkan Honda CR-V membukukan penjualan di angka 4.720 unit. Secara total, nama Honda Brio masih dominan dengan 56.627 unit yang terlihat cukup masif. Nama lain seperti Honda City hatchback menyumbang 2.707 unit, diikuti Honda Mobilio dengan 1.547 unit dan Honda Civic sebanyak 901 unit. Sedangkan Honda Accord membukukan 272 unit, diikuti Honda City Sedan dengan 266 unit dan Honda Civic Type R FL5 dengan angka 84 unit.

Honda Optimis Dengan Tahun 2024

Kami bersyukur di tengah pencapaian penjualan otomotif nasional yang tidak setinggi tahun sebelumnya, permintaan terhadap produk Honda tetap tinggi sehingga kami dapat mencapai peningkatan penjualan secara retail di tahun 2023. Kami akan terus memonitor perkembangan pasar di tahun 2024, melakukan pengaturan stok dan produksi agar dapat terus memenuhi permintaan konsumen, serta terus menyegarkan pasar dengan pembaruan produk dan program penjualan yang menarik untuk konsumen”, ujar Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor. Untuk terus menggairahkan pasar, HPM juga terus menggelontorkan program penjualan di awal tahun 2024 ini.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: