Smart #1 Concept EV : Separuh Geely, Separuh Mercy

by  in Geely&Merek Mobil&Mobil Baru
Smart #1 Concept EV : Separuh Geely, Separuh Mercy
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kami menyebut brand Smart, maka mobil seperti apa yang langsung muncul di benak kalian? Pastinya mobil yang super kompak, cuma muat 2 orang, dan ditujukan untuk penggunaan urban. Well, anggapan Smart sebagai brand spesialis mobil kompak sebenarnya bukanlah anggapan yang salah. Namun, nampaknya Smart kini akan sedikit mengubah haluan mereka. Dari sekedar produsen mobil kompak, menjadi produsen mobil listrik yang tidak lagi hanya berfokus pada mobil berdimensi mini. Dan ini dibuktikan melalui sosok Smart #1 Concept EV. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Tampang Serba Clean, Khas EV

Saat ini sedang berlangsung Munich IAA Mobility Show 2021. Di ajang ini, Daimler menggunakan kesempatan sebaik mungkin untuk memamerkan sejumlah mobil listrik dan mobil konsep mereka. Salah satunya adalah Smart #1 Concept EV. Mobil ini merupakan wujud nyata dari sejumlah teaser yang sempat beredar di dunia maya dalam beberapa bulan terakhir. Secara bentuk, kami tidak ada complaint apapun terhadap desainnya. Smart #1 Concept EV tampil dengan cukup baik secara desain. Wajah depannya mengusung lampu sipit dengan pendar putih khas LED. Desain lampunya nampak menyambung berkat aplikasi garis putih diantara kedua lampunya. Logo Smart ada di sisi tengah, dan ada ornamen ala grille di bagian tengah. Sisanya terbilang clean dan cantik. Di sisi samping, mobil ini menggunakan pilar A yang cukup tegak dan dilapias warna hitam, pintu model suicide door, dan spion yang mungil.

Sebagai sebuah SUV atau crossover, Smart #1 Concept EV mendapatkan ornamen body cladding di area fender depan dan belakang, serta side body moulding berwarna hitam. Velg yang digunakan juga cukup macho dengan model yang keren dan balutan warna hitam. Atapnya dilabur warna bronze dengan roof rail dan logo Smart di pilar C. Sedangkan bagian belakangnya masih sama clean dengan desain depan. Yang mencolok adalah lampu belakang model menyambung yang jadi signature design dari Mercedes-Benz EQ Class. Secara umum, Smart #1 Concept EV tampil dengan cantik dan menarik untuk sebuah SUV kompak bertenaga listrik. Namun, bukankah Smart #1 Concept EV terbilang bongsor untuk sebuah mobil Smart? Yap, tentunya. Bahkan, Smart #1 Concept EV jauh lebih panjang dibandingkan dengan Smart ForFour yang mampu mengakomodir 4 orang penumpang. Jadi, Smart memang akan bertransformasi menjadi brand yang tidah hanya memproduksi mobil super kompak saja.

Dimensi Mirip MINI Countryman

Secara umum, Smart #1 Concept EV memiliki panjang 4,29 meter, lebar 1,91 meter, dan tinggi 1,7 meter. Sebagai pembanding, Smart ForFour panjangnya hanya 3,49 meter saja, sedangkan MINI Countryman memiliki panjang 4,29 meter. Yap, kalian paham kan siapa lawan yang diincar oleh Smart #1 Concept EV? Hehehe. Walaupun panjangnya identik dengan MINI Countryman, namun Smart #1 Concept EV memiliki ciri khas mobil listrik yang tentunya berbeda dengan rivalnya itu, yaitu overhang depan dan belakang yang sangat minim. Jadi, wheelbase mobil ini ada di angka 2,75 meter, lebih panjang dari MINI Countryman yang cuma 2,6 meter saja. Smart #1 Concept EV akan dibangun dengan platform milik Geely, yaitu Sustainable Experience Architechture (SEA). Selain itu, nantinya Smart #1 Concept EV akan diproduksi di China, dan akan dipasarkan di Negeri Tirai Bambu itu mulai tahun depan.

Satu detail menarik lainnya, Smart kabarnya akan menambahkan kursi baris ketiga di versi produksinya. Mana cukup? Biarkan Smart yang memikirkan hal itu. Yang jelas, kehadiran Smart #1 Concept EV telah membuka lembaran baru bagi brand di bawah naungan Mercy ini. Walaupun akhirnya Smart kini akan berstatus separuh Mercy dan separuh Geely. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: