Selain Jazz dan City, Honda Civic Ternyata Juga Ikut Kena Recall Gara-Gara Masalah CVT!

Selain Jazz dan City, Honda Civic Ternyata Juga Ikut Kena Recall Gara-Gara Masalah CVT!
0  komentar
recall-honda-civic

AutonetMagz.com – Kabar dari negara tetangga beberapa minggu lalu yang bilang kalau Honda Jazz dan City di-recall akibat problem di transmisi CVT-nya yang mungkin mengalami power loss jika diajak berkendara secara kasar. Rupanya kini bertambah lagi model yang harus di-recall akibat kesalahan transmisi tanpa roda gigi ini. Model yang kami maksud adalah Honda Civic, dan jika ditotal dengan Jazz dan City yang kena recall kemarin, total Honda yang bermasalah mencapai 143 ribu unit.

Gejalanya sama, kesalahan pemrograman software pada beberapa unit yang kena recall membuat transmisi jadi sensitif jika dibawa kasar dan asal-asalan. Tekanan yang tidak konsisten bisa membuat poros puli yang terhubung ke roda rusak. Mobil bisa mengalami power loss dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Honda-Jazz-Matic-Bekas

Kalau puli transmisinya yang terhubung ke roda rusak, nanti bisa membuat mobil kehilangan tenaga dan membuat kemungkinan kecelakaan makin besar,” kata Honda dalam sebuah pernyataan yang dirilis kepada publik. Investigasi atas kesalahan CVT ini muncul saat klaim garansi seorang konsumen Honda di Amerika Serikat, malah di Kanada sudah ada yang melaporkan roda Honda CVT-nya mengunci dan tak bisa dikendarai.

Honda sendiri belum selesai memeriksa, ada tidak kasus kecelakaan mobil mereka yang berkaitan dengan masalah ini. Civic yang di-recall adalah model 2014 dan 2015. Masalah ini bisa diatasi dengan membawa mobil yang bermasalah ke dealer terdekat dan meng-update software CVT-nya dengan yang baru. Tentu saja gratis.

Wallpaper-Honda-Jazz-Terbaru-Indonesia

Akan tetapi, anda pengguna Civic di Indonesia tidak perlu sport jantung. Civic di Indonesia sepertinya aman, mengingat transmisinya bukan CVT, melainkan torque converter biasa. Meski begitu, kami masih menunggu pernyataan Honda Indonesia mengenai nasib Jazz dan City yang kami khawatirkan terkena recall juga seperti di Malaysia. Apa pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Cak Dri

    Oalah… Quality Control lagi…

  • panameraboy

    kayaknya Honda emang belom bisa bikin CVT yang reliable ya. mengingat pas jaman jazz GD3 aja banyak yang CVT nya bermasalah. mendingan pake torque converter deh,lebih enak tarikannya and lebih reliable. mobil jerman macam mercy bmw vw aja ga ada yang pake CVT kan. kecuali audi sihh

  • auuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    Kayaknya CVT yg lumayan kuat dan enak toyota ya. Nissan CVTnya enak tp tarikan awalnya lambat bener, belum lg udah mulai gejala jedak jeduk di Xtrail gue. Udah umur juga sih dan km tembus 6 digit

    • Rafi M. P.

      Toyota mah reliabilitynya nomor wahid

  • Andi

    Mobilio bakal kena ga ya mengingat matiknya CVT juga…..