Sah, Pajak 0 Persen Untuk Mobil Baru Ditolak

by  in Berita&Nasional
Sah, Pajak 0 Persen Untuk Mobil Baru Ditolak
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu belakangan, muncul kabar bahwa terbesit usulan untuk menghilangkan pajak mobil baru menjadi 0 persen untuk menggairahkan kembali pasar otomotif Indonesia yang sebagian besar menurun akibat pandemi virus COVID-19. Usulan ini muncul dari Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang. Tentu saja usul ini menuai pro dan kontra, tapi banyak sekali orang yang jadi menunda beli mobil baru gara-gara usul ini masih menggantung.

Sekarang, perasaan dan dana anda tidak perlu digantung-gantung lagi, karena Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani resmi menolak pemberlakuan pajak 0 persen bagi mobil baru di Indonesia. “Kami tidak mempertimbangkan saat ini untuk memberikan pajak mobil baru sebesar nol persen seperti yang disampaikan oleh industri dan Kementerian Perindustrian,” ucap Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KITa edisi September 2020 secara virtual.

Menurut Sri Mulyani, keringanan pajak sebisanya harus merata untuk semua industri, tidak hanya satu-dua industri saja. Beliau juga ingin agar insentif atau keringanan yang diberikan pada satu industri jangan sampai memberi efek domino yang tidak baik kepada industri lain. Simpelnya, kalau satu dimudahkan, jangan sampai yang lain jadi disusahkan. Meski ditolak, Pemerintah Indonesia masih menggodok paket keringanan pajak yang dinilai cocok buat semua industri.

Tentu saja ada banyak plus dan minus jika pajak 0 persen jadi diterapkan. Sisi baiknya, mobil jadi murah harganya, lebih menarik bagi banyak orang, transaksi pembelian jadi meningkat, roda ekonomi berputar dan lain-lain. Sisi buruknya, ini akan sedikit mempengaruhi penjualan mobil bekas, jalanan jadi makin padat, gas buang jadi makin pekat dan kurang menyehatkan dan masih banyak lagi.

Jadi, untuk yang menunda-nunda beli mobil baru jenis apa pun karena menunggu apakah pajak nol persen berlaku atau tidak, inilah jawaban anda. Buat yang mau beli mobil baru monggo, buat yang mau beli mobil bekas juga silakan, buat yang beli mobilnya nanti-nanti saja juga tidak ada yang melarang, pokoknya keputusan ada di tangan masing-masing, apalagi di masa resesi seperti ini. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: