Renault Talisman Diperkenalkan Ke Publik, Unmistakably German Jilid Kedua?

by  in Berita&International&Mobil Baru
Renault Talisman Diperkenalkan Ke Publik, Unmistakably German Jilid Kedua?
0  komentar
Renault-Talisman-dirilis-depan-cover

AutonetMagz.com – Langkah yang dilakukan Renault mungkin bisa dibilang cukup berani, pasalnya mereka menghilangkan Laguna sebagai flagship Renault dan menggantinya dengan model yang benar-benar baru. Kenapa bisa dibilang berani? Sebab nama Laguna sudah cukup lama dipakai Renault sebagai compact saloon asal Perancis itu. Namun mungkin pikir Renault istilah “Nama adalah doa” ada benarnya juga, melihat penjualan Laguna bukan termasuk yang “waw” juga.

Perkenalkan, ini adalah Renault Talisman yang akan menggeser posisi penting Renault Laguna. Tampilan Talisman sangat berbeda dengan Laguna, dia begitu besar, begitu mapan dan begitu emm…. Jerman? Namun wajar sih sebab target beberapa sedan asal Perancis adalah menyaingi sedan Jerman, maka tampilannya pun kokoh namun indah seperti model Jerman. Saya jadi teringat iklan Citroen C5 baru yang terang-terangan melabeli dengan julukan “Unmistakably German” hehehe nyentil abis…

Renault-Talisman-dirilis-samping

Saat memperkenalkan mobil ini ke publik, bos Renault-Nissan Carlos Ghosn dan bos desainer mobil ini, Laurens van den Acker menekankan poin penting di Talisman. Carlos Ghosn menjelaskan bahwa kru Renault mencoba memadukan Talisman dengan kepresisian dan kenyamanan kabin. Sehingga saat berada di dalamnya, kita akan merasakan begitu “premium”nya mobil ini.

Interiornya menjanjikan kualitas mutu yang baik dan mumpuni serta dicampur dengan desain berkelas Perancis. Talisman dilengkapi dengan teknologi mitigasi tabrakan dan center consolenya dilengkapi sistem pengaturan R-Link berupa tablet layar sentuh 8.7 inchi. Instrument clusternya pun sudah full-digital dan sound system Talisman dibekali dengan merek BOSE yang berada di 13 titik. Kursi depan-pun sudah disematkan fitur pijat dengan 10 pengaturan.

New-Renault-Talisman-0033

Poin penting lain yang diutarakan pada Talisman ini adalah efisiensi, rendah emisi dan fun to drive. Perihal mesin tidak banyak yang bisa kami tahu tentang spesifikasinya. Namun setidaknya ada hal yang menarik di Talisman, yaitu penggunaan keong racun turbocharger di semua tipe mesin. Mobil ini akan dijual dalam lima tipe yaitu TCe 150, Energy TCe 200, DCi 110, DCi 130 dan DCi 160.

Ada dua mesin yang berhasil kami tahu tentang spesifikasinya, pertama TCe 200 yang aslinya menggunakan mesin 1.6-liter yang sama dengan yang dipakai Renault Sport Clio. Selain itu adalah DCi 160 yang merupakan mesin 1.6-liter diesel dengan penggunaan twin-turbo. Wah rasanya menarik mendengar paket mesin dari Renault ini, sayang tidak dibeberkan spesifikasi lebih detil.

Renault-Talisman-dirilis-belakang

Perihal piranti penyalur daya, Renault memberikan tiga opsi kepada lima lini mesin Renault Talisman. Pertama adalah opsi kopling ganda 7-speed kepada 2 mesin bensin TCe 150 dan TCe 200. Selain itu untuk opsi diesel, Renault memberikan opsi manual 6-speed dan opsi kopling ganda 6-speed.

Nampaknya Renault Talisman ini dijual terbatas di beberapa tempat sebab kami mendengar kabar bahwa Talisman tidak akan dijual di Inggris. Namun seandainya bila Renault Indonesia berani memboyong Talisman ini kira-kira menarik tidak? walaupun sepertinya kami menyangsikannya sih haha… Sampaikan opinimu di kolom bawah ini seperti biasa ya!

Read Prev:
Read Next: