Renault Clio RS 16 Tampil Lebih Panas Dengan Tenaga 275 HP

Renault Clio RS 16 Tampil Lebih Panas Dengan Tenaga 275 HP
0  komentar

AutonetMagz.com – Seperti yang kemarin kami sempat singgung di artikel sebelumnya bahwa Renault akan memberikan kejutan dengan menampilkan Clio yang lebih panas pada gelaran F1 Monaco. Sejujurnya kami sendiri sedikit berpikir apakah modelnya adalah adalah mesin Clio yang kembali dikilik demi mendapat tenaga lebih maksimal? Tapi hal itu tentu saja tidak menambah tenaga terlalu banyak, rupanya Renault sendiri punya hidden agenda disini.

Mereka mencoba mengambil mesin dari Renault Megane RS 275 Trophy R dan dikawinkan dengan bodi Clio RS yang lebih ringan serta disambungkan dengan transmisi manual. Yup ini adalah hal yang lebih logis dibandingkan imajinasi kami sebelumnya. Renault Clio RS 16 Concept ini dibangun demi ulang tahun ke 40 Renault Sport dan dipoles berdasarkan tangan dingin dari pengemudi F1 Kevin Magnussen di Monaco Grand Prix.

Renault-Clio-RS16-2016-rear

“Pada teorinya, ini adalah sebuah Clio RS yang dimasukkan oleh mesin powerful – mesin 2.0-liter, 275 hp – dengan proporsional yang lebih atraktif, tapi untuk hal kelayakan, mobil ini harus melewati serangkaian pemeriksaan serius dan mendalam. Dalam waktu sebulan, tim kecil ini sudah menyelesaikan studinya dan mengkonfirmasi bahwa mesin ini memungkinkan untuk duduk manis di mobil ini.” Jelas Managing Director Renault, Patrice Ratti.

Mobil ini mendapatkan wide body sebesar 60 mm dengan menyematkan alloy wheel berukuran 19 inchi. Selain itu mulai dari bagian depan dan belakang mobil ini kembali direvisi untuk memetakan ulang dengan baik pada sektor penggerak dan sistem pendinginan. Sistem suspensi pun sama dengan yang dipakai Megane RS 275 Trophy-R yang berarti menggunakan shock adjustable satu arah. Untuk bagian pengereman juga menggunakan sang kakak dengan cakram berukuran 350 mm. Axle belakang diambil dari Clio R3T rally version sehingga meningkatkan rigiditas 50 %.

Renault-Clio-RS16-2016-development

“Secara umum, kami mencoba untuk menggunakan inovasi yang sudah diperlihatkan di Mégane RS 275 Trophy-R. Sebagai contoh, kita menggunakan baterai lithium ion yang lebih ringan 50 kg dan mendongkrak ruang lebih di bagian mesin,” Kata Maurizio Suppa. Model ini hanya dibuat sebanyak 2 buah, pertama untuk display concept car kedua berwarna hitam untuk pengembangan. Model ini diharapkan dapat mewariskan spirit dari pendahulunya Clio V6 dan rencananya memang akan dijual untuk beberapa bulan kedepan. Untuk harga tidak bisa kompromi, sebagai hatchback sarat dengan teknologi motorsport, Renault memperkirakan harga jual $50,000. Bagaimana menurut anda?

Read Prev:
Read Next: