Proton Akan Aktif Berjualan di Indonesia Lagi Tahun Depan!

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Proton Akan Aktif Berjualan di Indonesia Lagi Tahun Depan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemunculan sosok Proton X70 di Malaysia yang sempat kami kabarkan di situs ini memantik beberapa komentar positif, dan ada yang sempat berselenting “Coba dijual di Indonesia”. Nah, namun memang kenyataan yang ada, Proton Edar Indonesia (PEI) saat ini sedang berada di masa vakum pasca penjualan di Indonesia tak kunjung membaik. Bahkan seperti yang kalian tahu, beberapa mobil Proton sempat dilego dengan diskon fantastis di Indonesia beberapa waktu silam. Nah, lalu bagaimana kelanjutan dari PEI di Indonesia? Yuk kita bahas.

Mengutip dari kabar via laman otomotif Kompas, Rully Septiadi, Head of Marketing Proton Edar Indonesia menyebutkan bahwa kini sudah ada perbincangan antara pihak PEI dengan pihak Prinsipal dari Proton di Malaysia mengenai kebangkitan dari merk Proton di Indonesia. Namun Rully menyampaikan bahwa kepastian mengenai kebangkitan Proton sendiri tidak akan terjadi dalam waktu dekat ini. Rully menambahkan bahwa kemungkinan kebangkitan dari Proton di Indonesia bisa terjadi di tahun depan. Jikalau benar, maka jelas Proton akan kembali berjualan di Indonesia, dan bisa jadi salah satu komoditi yang dijual oleh pihak Proton Edar Indonesia adalah sosok SUV terbaru mereka, Proton X70. Dan hal tersebut juga diamini oleh Rully. Selain itu, Rully juga menyebutkan bahwa Proton X70 tak menjadi satu – satunya produk yang akan dibawa ke Indonesia, akan ada produk yang lain pula.

Lalu mengapa harus menunggu hingga tahun 2019? Kami sendiri mencoba menebak – nebak alasan yang paling masuk akal mengapa tahun depan menjadi awal kebangkitan Proton di Indonesia. Dan salah satu alasan paling logis adalah mengenai sosok Proton X70 sendiri. Seperti yang kita ketahui, walaupun sudah menyandang nama dan logo dari Proton, sosok Proton X70 masih merupakan produk China karena memang masih diproduksi di China dan diimpor ke Malaysia. Sedangkan pihak Proton sendiri belum memproduksi sosok Proton X70. Baru pada pertengahan tahun 2019 mendatang pihak Proton akan memproduksi versi facelift dari Proton X70 di Malaysia. Tentunya unit Proton X70 yang dijual di Indonesia nantinya akan lebih ‘bersaing’ harganya jikalau menggunakan unit produksi Malaysia, daripada unit impor dari China yang tentu akan lebih mahal secara distribusi.

Proton X70 sendiri adalah SUV pertama dari Proton yang hadir pasca sahanya dibeli oleh Geely. Secara bentuk, kita bisa mengatakan bahwa Proton X70 ini adalah Geely Boyue banget, kecuali pada beberapa perbedaan yang kasat mata seperti grille infinite waves yang digunakannya dan beberapa identitas Proton berupa logo dan emblem yang disematkan. Proton X70 sendiri akan menggunakan mesin 1.800cc TGDI Turbo yang bertenaga 181 hp dan bertorsi 285 Nm dengan 4 opsi yang bisa dipilih oleh konsumen. Opsi pertama adalah varian Standar 2WD, lalu ada varian Executive 2WD, varian Executive AWD, dan jga varian Premium 2WD. Di Malaysia, keran pemesanannya sudah dibuka sejak tanggal 8 September 2018 kemarin dengan tanda jadi sebesar 1000 Ringgit Malaysia atau sekitar 3,5 jutaan Rupiah.

Baca Juga : Proton X70 : Hanya Sekedar Rebadge Dari Geely Boyue?

Nah, kita tunggu saja bagaimana sepak terjang dari Proton di Indonesia kelak, akankah berhasil menghadirkan hype baru di belantika otomotif Indonesia, atau malah akan melempem seperti kondisinya saat ini. Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: