Presiden Turkmenistan Haramkan Mobil Warna Hitam, Kenapa?

by  in  International
Presiden Turkmenistan Haramkan Mobil Warna Hitam, Kenapa?
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat memilih mobil, biasanya soal warna tergantung pada selera dan preferensi lain seperti tradisi, kepercayaan, tren dan lain-lain. Akan tetapi, orang Turkmenistan bakal sedikit susah dalam memilih warna mobil, khususnya penduduk Ashgabat. Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdymukhammedov sudah meresmikan larangan akan peredaran dan penjualan mobil berwarna hitam, apapun model, merek dan jenisnya per bulan Januari ini.

Alasannya adalah, pak Presiden sukanya warna putih. Dia percaya kalau warna putih itu membawa hoki. Saking sukanya, ia memiliki armada limusin Kepresidenan warna putih, tinggal di istana putih dan tampaknya berencana untuk menutupi semua bangunan utama di Ashgabat, dengan marmer putih. Kebalikan dari warna putih, ia percaya warna hitam bakal membawa kesialan, maka dari itu ia benci dan melarang yang hitam-hitam.

Presiden yang juga punya Bugatti Veyron hijau itu mengingkan Ashgabat yang serba putih. Gara-gara peraturan ini, semua warga Ashgabat yang punya mobil hitam mobilnya disita oleh pihak berwajib tanpa peringatan apa pun sebelumnya. Kalau warga mau mobilnya dikembalikan, mereka harus menandatangani perjanjian kalau mereka bakal mengecat ulang mobilnya menjadi putih atau silver. Kalau tidak mau, kena denda deh.

Gara-gara peraturan aneh ini, permintaan cat ulang di Turkmenistan jadi tinggi. Menurut The Diplomat, ada orang yang berbicara kepada stasiun radio Azatylk bahwa mengecat ulang mobil harganya sekitar 7.000 manat hingga 11.000 manat (26,8 juta Rupiah hingga 42,1 juta Rupiah). Gaji sang narasumber sendiri hanya 1.000 manat (3,86 juta Rupiah). Harga pengecatan ulang bakal naik terus selama banyak yang kena sita.

Itu adalah masalah yang serius di negara ini, sebab Turkmenistan kaya akan sumber daya alam namun sedikit warga negara yang bisa dibilang kaya. Sebelumnya pada November 2017, banyak pejabat diperintahkan untuk hanya memiliki mobil putih. Duh, nggak enak banget ya sampai warna mobil saja diatur-atur sama pemerintah, alasannya tidak masuk akal pula. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: