Nissan X-Trail e-4orce Diluncurkan di Jepang, Pakai Konsep e-Power!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Nissan X-Trail e-4orce Diluncurkan di Jepang, Pakai Konsep e-Power!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak Nissan Rogue T33 diperkenalkan di Amerika Serikat tahun 2020 silam, sebenarnya kami sudah menduga bahwa cepat atau lampat mobil ini akan sampai di Asia dalam wujud Nissan X-Trail. Dan benar saja, Nissan Jepang baru – baru ini memperkenalkan Nissan X-Trail T33, tapi dengan opsi yang berbeda dengan pasar Amerika Serikat, Eropa ataupun Australia. Pembedanya ada pada teknologi e-4orce yang ditawarkan di SUV ini. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Pakai Teknologi di Nissan Ariya

Kali ini, kami tidak akan membahas mengenai wujud dan tampilan dari mobil ini, karena toh tak akan berbeda signifikan dengan versi Rogue-nya. Yang menarik dari Nissan X-Trail T33 di Jepang ini adalah penggunaan teknologi e-4orce. FYI, teknologi e-4orce sebenarnya bukanlah teknologi baru yang digunakan di mobil Nissan, karena Nissan Ariya telah menggunakan teknologi serupa. Tapi, kalian harus ingat bahwa Nissan Ariya adalah BEV yang tenaganya sepenuhnya didapat dari listrik. Lantas, apakah artinya Nissan X-Trail e-4orce adalah BEV? Kurang tepat, karena pada kenyataanya sistem e-4orce di mobil ini diposisikan sebagai versi baru dari e-Power Nissan. Jadi, masih ada mesin konvensional, namun bertindak sebagai genset.

Yap, Nissan X-Trail e-4orce mengandalkan mesin 1.500cc 3 silinder variable compression yang akan bertugas untuk menghasilkan tenaga listrik yang akan digunakan oleh motor listrik. Nissan X-Trail T33 di Jepang sendiri hadir dengan 2 opsi, yaitu 2WD dan 4WD. Varian 4WD inilah yang menggunakan sistem e-4orce. Nissan sendiri masih belum membocorkan berapa tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh Nissan X-Trail e-4orce. Namun Nissan X-Trail e-4orce bukanlah mobil pertama yang mendapatkan teknologi e-4orce namun tidak berstatus BEV seperti Nissan Ariya. Sebelumnya, Nissan juga sudah menerapkan konsep serupa pada Nissan Qashqai e-4orce di pasar Amerika, atau dikenal juga dengan nama Nissan Rogue Sport e-4orce.

Mulai 347 Jutaan Rupiah di Jepang

Sama halnya seperti teknologi e-Power, Nissan X-Trail e-4orce juga akan memiliki teknologi one pedal dan regenerative braking. Yang menarik, Nissan X-Trail e-4orce juga memiliki sumber power berukuran 100V AC dengan output maksimal 1,5 kW yang bisa berfungsi sebagai sumber tenaga di saat darurat. Oiya, Nissan X-Trail T33 versi Jepang juga hadir dengan opsi 5 maupun 7 seater. Nissan X-Trail T33 dilepas di pasar Jepang dengan harga mulai 3.198.800 Yen atau setara 348 jutaan Rupiah hingga 4.499.000 Yen atau setara 488,7 jutaan Rupiah. Nissan sendiri mengklaim bahwa teknologi baru di Nissan X-Trail T33, khususnya di versi e-4orce meningkatkan tenaga, kelembutan, dan keheningan dari SUV mereka tersebut.

Jadi, bagaimana menurut kalian??

Read Prev:
Read Next: