Ngeri, Fiat Chrysler Recall 1,4 Juta Mobilnya Karena Bisa Dibajak Dari Jarak Jauh!

by  in  Berita & Chrysler & Dodge
Ngeri, Fiat Chrysler Recall 1,4 Juta Mobilnya Karena Bisa Dibajak Dari Jarak Jauh!
0  komentar
Jeep Cherokee baru 2014 Indonesia

AutonetMagz.com – Praktek bajak-membajak identik dengan kriminalitas (kecuali membajak sawah). Berpuluh-puluh tahun yang lalu, kita mengenal istilah bajak laut. Di Indonesia, yang kita tahu sebagai hal yang sering dibajak adalah album artis terkenal, tapi jaman sekarang kadang ada yang suka iseng membajak akun media sosial milik teman kita bagaimana pun caranya. Tapi tahukah anda kalau mobil sekarang juga bisa dibajak? Serius, bisa lho.

Bukan seperti pembajakan bus di film Speed atau pesawat kepresidenan Amerika di film Air Force One, tapi ini pembajakan oleh para hacker pintar. Tim dari Wired kemarin melakukan sebuah eksperimen untuk meretas sistem komputer sebuah Jeep Cherokee dari jarak jauh hanya menggunakan sistem Uconnect.

Interior-Jeep-Cherokee_2014

Apa yang bisa dilakukan setelah tim Wired berhasil meretas sistem elektronik Jeep? Banyak, mereka bisa mengatur audio, climate control, gas, rem, setir HVAC control dan lain-lain. Gampangnya, sekali mereka berhasil meretas, mobil itu sudah dalam kendali mereka yang ada jauh di sana. Keren, tapi ngeri kalau digunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Tak hanya Jeep Cherokee yang bisa di-hack dengan cara ini, tapi hampir semua mobil Fiat Chrysler bisa diretas. Sebut saja Dodge Viper, Dodge Challenger, Dodge Ram, Chrysler 300C, Jeep Grand Cherokee dan masih banyak lagi, khususnya produksi tahun 2013-2015. Gara-gara kasus ini, sebanyak 1,4 juta mobil harus ditarik kembali alias di-recall oleh FCA (Fiat Chrysler Alliance).

Mobil muscle car tercepat di dunia Dodge Challenger SRT Hellcat 2014

Biar proses recall makin cepat, FCA mengirimkan USB stick berisi software yang telah diupdate untuk para pelanggannya, agar mereka bisa mengupdate lebih cepat saat mendatangi dealer FCA saat meminta pertanggung jawaban atas cacat software ini. Bagus, soalnya ngeri juga kalau lagi ngebut pakai Charger Hellcat terus ada yang bajak mobilnya, wassalam.

FCA mengakui kalau mereka tak menyangka software mereka bisa diretas dan diambil alih semua kontrolnya, seraya berjanji kalau software baru lebih tahan terhadap serangan hacker. Yah, kita tak akan tahu sampai para hacker beraksi lagi. Mau lihat bagaimana tim Wired meretas sebuah Jeep Cherokee? Yuk simak videonya di bawah ini, sampaikan pula opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: