Ngebut Pakai All New Honda HR-V RS di Sirkuit Mandalika, Karakternya Unik!

by  in Honda&Merek Mobil&Review
Ngebut Pakai All New Honda HR-V RS di Sirkuit Mandalika, Karakternya Unik!
0  komentar

AutonetMagz.com | Ditulis Oleh Grady Ewaldo – Ketika kami dapat undangan driving experience dari Honda ke Mandalika, tentunya kami sangat antusias. Tapi begitu tahu bahwa mobil yang akan kami coba adalah Honda HR-V, kami malah jadi bingung. “Kan bukan disana habitatnya Honda H-RV?Anyway, tanggal 23 Mei kemarin kami tiba di Sirkuit Mandalika, Lombok dan lami langsung di-brief mengenai segi teknis dari Honda HRV terbaru. Oiya, yang akan kami coba di Sirkuit Mandalika adalah HR-V tipe RS Turbo.

All New Honda HR-V RS turbo memiliki mesin 1.500cc turbo yang basisnya sama dengan mesin turbo Honda CR-V, Honda Accord, ataupun Honda Civic RS. Hanya saja, mesin ini sudah disesuaikan dengan karakter sebuah Honda HR-V. Tenaganya mencapai 177 PS di 6000 rpm dan torsinya 240 Nm di 1700 hingga 4500rpm. Oke, setelah di brief, kami langsung menuju ke paddock untuk memulai sesi test drive. Ada 2 sesi di acara ini, sesi pertama yaitu Feel the Power, yaitu melakukan solo drag race. Pada sesi ini kami diberi kesempatan untuk membandingkan performa antara All New Honda HR-V RS Turbo dengan pendahulunya, yaitu Honda HR-V 1.8 Prestige.

Ngebut di Mandalika Naik HR-V RS

Pertama kami mencoba Honda HR-V 1.8 Prestige terlebih dahulu. Kami tiba di starting line, lalu suara marshall terdengar sangat jelas dari luar melakukan perhitungan mundur. 3,2,1, Go! Kami langsung menginjak pedal gas sedalam-dalamnya. Suara angin, mesin, dan ban sangat jelas dan kasar terdengar ke dalam kabin, pemilik Honda HR-V lama pasti paham dengan sensasi ini. Kami finish di waktu sekitar 19 detik dengan kecepatan 137 km/jam. Kemudian kami berganti mobil dengan menggunakan All New Honda HR-V RS. Kami tiba di starting line, kemudian kami kesulitan mendengar suara countdown dari marshall, karena All New Honda HRV RS memiliki peredaman kabin yang jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

Oiya, Honda HR-V tipe RS juga memiliki peredaman kabin lebih baik dibandingkan dengan tipe lainnya seperti S, E, dan SE karena RS memiliki peredam tambahan di bagian atap, bagasi, dan keempat pintu. Oleh karena itu, kami agak terlambat melakukan start. Kami menginjak pedal gas sedalam – dalamnya dan terasa jambakan yang cukup halus, suara yang masuk ke kabin juga lebih minim dan tidak kasar. All New Honda HR-V RS juga memiliki teknologi Step-up shifting control sehingga terasa seperti ada perpindahan gigi seperti layaknya mobil dengan transmisi konvensional. Kami kemudian finish di angka sekitar 17 detik dengan kecepatan 144 km/jam, yang berarti 2 detik dan 7 km/jam lebih cepat dibandingkan Honda HR-V 1.8 Prestige.

Nikung di Mandalika Naik HR-V RS

Lanjut ke sesi ke 2 yaitu cruising the coast. Intinya, cruising di sirkuit mandalika sambil menikmati indahnya pemandangan, sambil mengikuti pace car Honda Civic RS. Tapi kami memiliki ide lain, kami memilih mobil urutan paling belakang, lalu memberi jarak yang lumayan jauh ke mobil depan, supaya kami bisa gaspol dan merasakan performa All New Honda HR-V RS di sirkuit dengan maksimal. Di tikungan pertama, pengereman terasa terukur ditambah dengan teknologi step-down shift control terasa seperti ada bantuan engine brake sewaktu melakukan pengereman. Lanjut ke tikungan ke 2 respon dan akurasi setir terasa akurat, kami dengan mudah mendapatkan apex, hanya saja feedback dan bobot setir agak terlalu ringan menurut kami.

Tikungan ke 3 sampai 9 kami tidak melakukan pengereman sama sekali, body roll lumayan terasa tapi body control dari All New Honda HR-V RS sangat mudah diprediksi dan tidak terjadi gejala understeer. Namun tiba di tikungan 10, kami kurang mengaplikasikan rem, sehingga terjadi overshoot tapi traction control langsung mengintervensi sehingga tidak terjadi understeer. Sisanya, tikungan 11 sampai 17, kami menikmati performa HRV RS yang diatas ekpektasi kami. Oke jadi dari 2 sesi tersebut, kami bisa menyimpulkan kalau All New Honda HR-V RS ini mobil yang unik. Memang tidak seperti karakter honda jaman dahulu yang sangat sporty, suspensinya keras, dan memiliki raungan VTEC yang menggugah adrenalin. Tetapi, All New Honda HR-V RS memilki perpaduan sportiness dan comfortness yang pas.

Memang bukan yang paling lincah dan paling kaku di kelasnya, tapi  justru itu membuat Honda HR-V cocok untuk dipakai harian, ataupun ikut track day saat weekend. Dan pastinya All New Honda HR-V RS memiliki potensi yang besar. Jadi untuk kalian yang suka modifikasi, All New Honda HR-V RS adalah pilihan yang cocok. Dengan demikian, kebingungan kami di awal terjawab sudah. Bagaimana tanggapan kalian?

Klik link dibawah ini untuk lihat sedikit cuplikan videonya.
https://www.instagram.com/reel/Cd6sVSrBgTQ/

Read Prev:
Read Next: