Mobil Listrik Berbasis Honda Jazz Sedang Dalam Pengembangan

by  in Berita&Honda&International
Mobil Listrik Berbasis Honda Jazz Sedang Dalam Pengembangan
0  komentar

AutonetMagz.com – Banyak pabrikan mobil di dunia yang berlomba – lomba untuk memproduksi mobil listrik mereka sebaik mungkin dan secepat mungkin. Dan untuk menghemat waktu, biasanya mereka membangun dari basis mobil konvensional yang sudah mereka miliki, termasuk Honda Everus EV yang dibangun dari Honda HR-V. Nah, Honda Everus EV kabarnya juga tak akan sendirian, karena akan ada produk mobil listrik lain dari Honda yang akan menyusul mobil tersebut.

Yap, mengutip laporan dari Nikkei, pihak Honda dikabarkan akan membangun sebuah mobil listrik lain untuk menemani Honda Everus EV. Mobil ini sendiri akan dibangun dengan basis dari Honda Fit a.k.a Honda Jazz. Pihak Honda tak akan sendiri mengembangkan produk ini, karena mereka menggandeng Contemporary Amperex Technology untuk mengembangkan baterai dan teknologi terkait lainnya untuk mobil listrik berbasis Honda Jazz ini. Lalu mengapa pihak Honda perlu menggandeng mitra kerja lain? Nampaknya pihak Honda ingin mempercepat kehadiran produk ini, serta memposisikannya sebagai mobil yang ramah kantong, selain ramah lingkungan. Hal ini merujuk pada target pihak Honda untuk memposisikan mobil ini dengan banderol 2 juta Yen atau setara 250 jutaan Rupiah.

Lalu secepat apa mobil ini akan hadir ke publik? Nampaknya akan bergantung pada Honda Jazz sendiri. Mengapa? Karena Honda Jazz yang kita kenal saat ini sudah diperkenalkan sejak 2013 silam, dan mendapatkan penyegaran pada pertengahan tahun lalu. Maka akan ada jeda waktu 2 hingga 3 tahun terhitung tahun lalu untuk mendapatkan waktu ideal guna menghadirkan Honda Jazz generasi keempat, yang mana sangat masuk akal menjadi basis dari mobil listrik ini. Dan benar saja, tahun 2020 menjadi timing bagi pihak Honda di China untuk memperkenalkan Honda Jazz EV. Namun belum jelas, apakah Honda Jazz EV di China dan Mobil listrik berbasis Honda Jazz yang kita bahas ini adalah produk yang sama, namun mengingat keduanya menggunakan basis Honda Jazz, mengapa tidak.

Masih dari sumber yang sama, Honda Jazz EV 2020 versi China akan memiliki baterai yang mampu mengarungi jalan sejauh 300 km untuk sekali pengisian daya. Pihak pabrikan menargetkan penjuala sebanyak 100 ribu unit mobil ini setiap tahunnya. Langkah – langkah ini sendiri dilakukan untuk mendobrak pasar Honda, dan meningkatkan porsi dari mobil listrik dan PHEV menjadi 65% dari keseluruhan penjualan Honda di China tahun 2020 mendatang. Tentunya mobil ini bisa menjadi idola baru di masa depan, mengingat Honda Jazz alias Honda Fit sendiri punya respon pasar yang cukup oke. Mobil ini sendiri bukan Honda Jazz listrik pertama yang diperkenalkan oleh pihak Honda, karena di LA Auto Show 2010 silam pihak Honda juga sempat memperkenalkan Honda Fit EV Concept.

Nah, kita nantikan saja seperti apa produk berbasis Honda Jazz ini di masa depan. Apakah model ini muncul karena trigger dari Honda Everus EV yang notabene menggunakan basis yang juga sama dengan Honda Jazz? Bisa iya, bisa tidak. Jadi, kalau menurut kalian bagaimana? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: