Mercedes-Benz Unimog Fire Truck Edition: Pelibas Hutan, Pelahap Api

Mercedes-Benz Unimog Fire Truck Edition: Pelibas Hutan, Pelahap Api
0  komentar

AutonetMagz.com – Pernahkah kalian melihat mobil pemadam kebakaran yang sanggup melibas segala medan? Jika berkaca pada mobil damkar di Indonesia, kebanyakan unitnya hanyalah sebuah truk besar dengan perlengkapan pompa maupun tangki dari perusahaan karoseri, soal kehebatan mobil dalam segala medan, pastinya diragukan. Maka dari itu yuk kita intip apa saja kehebatan Unimog yang dipergunakan untuk unit damkar ini.

Bertempat di Kirchzarten, suatu kota di daerah Jerman, Unimog U 5023 ini disulap menjadi alat tempur yang sempurna dalam melawan rintangan dan api. Berbicara soal kemampuan melibas jalanan, tidak afdol apabila mobilnya pendek. Yap mobil ini sendiri memiliki ground clearance 45 cm dan sudah pasti berpenggerak 4 roda.

Untuk bagian depan dan basis, sama dengan tipikal mobil truk, seragam. Pada bagian belakang barulah terlihat boks besar untuk mengangkut air di tangki sebesar 4.000 Liter, wow! Persediaan minum seorang manusia untuk 5,5 tahun! Ditambah lagi tangki kedua yang ditujukan untuk menyimpan foam pemadam dengan kapasitas sebanyak 500 Liter.

Sekarang beralih ke pompa, mobil damkar ini menggunakan pompa Ziegler yang ia miliki dan dapat menyemburkan air sebanyak 3000 Liter per menit. Waduh, ternyata kurang dari 2 menit mobil ini sudah harus pulang dan mengisi air ya, terasa terlalu kecil kapasitasnya, tetapi tidak apa kalau ia sanggup memadamkan dengan cepat karena ia lebih capable masuk hutan, jika menunggu mobil konvensional, mungkin sudah meluas kebakarannya.

Soal mesin ia memakai mesin diesel 4 silinder BlueTec 6 dengan tenaga 231 hp dan torsi raksasa sebanyak 900 Nm. Dengan tenaga sebesar itu, tidak perlu takut akan rintangan, pun jika muatan terisi penuh. Kira – kira untuk mengatasi kebakaran hutan di Indonesia mobil ini perlu diadakan tidak ya? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: