Menjelang Musim Hujan, Perhatikan 7 Hal ini!

by  in Serba 7&Tips
Menjelang Musim Hujan, Perhatikan 7 Hal ini!
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa daerah kini sudah memasuki musim penghujan, walaupun masih ada juga kota – kota lain yang nampaknya masih belum dinaungi awan mendung. Nah, cuaca hujan sendiri memang memberikan nuansa yang bisa jadi menyenangkan, namun bisa juga tidak, apalagi yang galau mengingat mantan. Eits, namun hari ini kami mau bagikan kepada kalian beberapa poin yang bisa kalian perhatikan menjelang musim hujan, apalagi kondisi cuaca yang hujan kadang menyimpan marabahaya bagi kalian yang sedang atau akan berkendara. Nah apa saja yang bisa kami bagikan? Yuk kita bahas.

1. Cek Ramalan Cuaca

Di jaman yang sudah super canggih, namanya ramalan cuaca tak perlu kalian tunggu di siaran berita pagi hari. Melalui ponsel pintar kalian, prediksi mengenai cuaca hari tersebut bisa kalian dapatkan, dan hal ini pastinya sangat berguna bagi kalian yang punya mobilitas tinggi. Baik menggunakan mobil ataupun motor, berkendara di cuaca cerah pastinya lebih nyaman daripada kaliah harus berkendara di bawah hujan, kecuali kalian mau main air. Dengan membaca ramalan cuaca dengan cermat, apalagi sampai ramalan per jam, kalian bisa memprediksi apakah perjalanan kalian akan dihadang oleh Hujan atau tidak. Contoh, jikalau kalian malah menggunakan jas hujan, kalian bisa berangkat lebih awal guna menghindari hujan. Pun begitu jikalau kalian pengendara mobil dan ogah terkena macet atau genangan air ketika hujan.

2. Siapkan Alat Tempur

Alat tempur dalam hal ini hanyalah kiasan, dan bukan merupakan arti yang literal seperti senjata api. Alat tempur yang kami maksud merujuk pada jas hujan pada pengendar motor, dan kesiapan beberapa komponen pada mobil. Nah, bagi pengendara motor, kalian bisa sediakan selalu jas hujan, karena cuaca di Indonesia kadang susah ditebak, sama seperti menebak suasana hati, ehm. Sedangkan untuk pengendara mobil, lebih baik kalian cek ulang keadaan wiper kalian, apakah karet dari wiper kalian masih bisa berfungsi dengan baik, atau malah sudah getas dan perlu dilempar dan beli yang baru. Masih untuk pengguna mobil, tak ada salahnya menyimpan payung di dalam mobil kalian untuk keperluan darurat.

3. Periksa Keadaan ban

Nah, bagian ini juga tak kalah pentingnya, karena kami pernah mendapatkan pengalaman pahit karena bagian ini. Jangan lupa untuk mengecek keadaan ban dari motor atau mobil kalian. Mengapa? karena kondisi hujan akan membuat jalanan menjadi lebih licin karena basah. Dan dalam kondisi ini, traksi yang optimal harus kalian dapatkan, daripada ujung – ujungnya selip dan menambah masalah. Cek tekanan angin dari ban kalian, dan jangan lupa cek pula kadar keausan dari ban kendaraan kalian. Ban yang sudah cukup aus dan ‘gundul‘ tentunya memiliki traksi yang buruk di jalanan licin dan membuat potensi tergelincir semakin besar.

4. Periksa Kondisi Lampu Kendaraan Kalian

Selain ban, lampu merupakan bagian yang penting saat kendaraan kalian harus mengarungi hujan. Mengapa? Karena kadang kondisi hujan membuat keadaan di sekitar menjadi lebih gelap walaupun waktu masih siang. Disinilah kegunaan lampu menjadi cukup penting untuk menandakan posisi dari kendaraan kalian, dengan kendaraan lain. Gunakan lampu yang sesuai dengan peraturan maupun spesifikasi, sehingga tak membuat pengendara lain menjadi terganggu. Menyalakan lampu dalam hujan yang intensitasnya deras juga menjadi sebuah hal yang sebaiknya kalian lakukan, karena hujan deras sangat mengurangi jarak pandang pengendara lain.

5. Ketahui Kemampuan Kendaraan Anda

Hujan sangat dekat kaitannya dengan banjir, apalagi di kota – kota besar. Nah, tentunya kalian perlu tahu seberapa mampu kendaraan kalian untuk menerjang jalanan yang digenangi air. Jikalau genangan sudah mencapai diatas 30cm, maka jelas akan kurang aman untuk mobil – mobil yang profilnya rendah seperti sedan, ataupun motor – motor matik dengan posisi knapot yang rendah, seperti skutik misalnya. Daripada kalian nekat, mending kalian melipir dulu dan ngopi – ngopi, atau malah putar haluan dan mencari jalan lain. Ingat, yang kalian kendarai itu adalah motor dan mobil, bukan jetski dan speedboat.

6. Pasang Komponen atau Aksesoris Yang berguna

Untuk bagian ini, sebenarnya lebih kepada kebutuhan kalian. Ada beberapa aksesoris yang akan membantuk kalian untuk bisa melibas jalanan hujan dengan baik. Contohnya, kalian bisa menambahkan aksesoris dek motor skutik dengan bahan yang metal sehingga tidak lebih licin. Pun begitu dengan mobil, kalian bisa menambahkan talang air, atau coating khusus di kaca, atau malah menambah pedal caps dengan bahan yang tidak licin. Intinya, penambahan bagian – bagian ini akan memberikan nilai lebih dari sisi fungsionalitas, tak hanya di sisi kosmetik semata.

7. Siapkan Hati dan Pikiran

Seperti yang singgung di awal, hujan kadang memberikan nuansa ceria bagi beberapa orang, bahkan ada islilah Pluviophile yang merujuk pada para pemuja hujan, bukan pemuja kerang ajaib. Namun, tak sedikit yang merasa galau di saat rintik – rintik hujan datang. Nah, disinilah kalian perlu menata hati dan pikiran kalian, sehingga kalian bisa berkendara dengan aman dan nyaman, serta sampai di tujuan tanpa mengalami hal buruk apapun. Jadi, kalau hujan, jangan langsung ingat mantan, lebih baik ingat mangan (Makan).

Jadi, itulah 7 hal yang bisa kami bagikan kepada kalian untuk menyambut musim hujan yang sudah mulai terlihat di beberapa daerah. Jika kalian punya tips lain yang lebih tokcer, kalian bisa bagikan di kolom komentar di bawah ini. Stay Safe, sob.

Read Prev:
Read Next: