Menilik Sejarah Isuzu di Museum Isuzu Plaza, Pionir Mesin Diesel di Dunia?

by  in  Berita & International & Isuzu
Menilik Sejarah Isuzu di Museum Isuzu Plaza, Pionir Mesin Diesel di Dunia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Isuzu Plaza merupakan fasilitas museum khusus yang dibangun pada April 2017 lalu. Hal itu juga sekaligus dalam rangka memperingati hari jadi Isuzu Motors yang ke-80. Berlokasi tidak jauh dengan pabrik Isuzu Fujisawa Plant, Isuzu Plaza menyajikan informasi serta edukasi kepada pengunjung untuk mengenal berbagai hal tentang Isuzu. Mulai dari sejarah, produk, hingga teknologi masa depan yang akan diusung.

Ada Apa Saja?

Di Isuzu Plaza, dipamerkan berbagai model-model Isuzu yang ikonik dan bersejarah. Seperti Wolseley CP Truck tahun 1924, merupakan truk tertua yang dirakit di Jepang hasil kerjasama dengan perusahaan asal Inggris, Wolseley. Selain itu, di area History of Isuzu dipajang berbagai kendaraan seperti Bus Sumida M 1932, Truk TX80 1948, Isuzu Elf TLD20 1963, sedan Isuzu Bellel 1961, Chevrolet Luv 1972, hingga Isuzu Gemini 1974. Model-model Isuzu terbaru juga dipajang di area museum Isuzu Plaza. Seperti kendaraan special rescue, bus gandeng Isuzu Erga, Isuzu Giga Tractor, Isuzu Giga Dumper, Elf, dan D-Max.

Selain itu, di salah satu sudut museum juga dipajang beragam varian mesin diesel Isuzu dari masa ke masa. Seperti mesin DL210, 4EE2-TC, 10TD1, 6BB1, 6SD1-TC, Sumida DA4, dan sebagainya. Disana juga terdapat informasi lengkap beserta spesifikasi serta sejarah dari mesin-mesin tersebut. Di area museum lain juga dipajang berbagai peraga interaktif untuk mengetahui proses pembuatan kendaraan Isuzu, lengkap dengan fitur dan teknologi yang disematkan.

Sedikit Sejarah Mengenai Isuzu

Sebagaimana di museum produsen otomotif pada umumnya, di Isuzu Plaza juga dipaparkan secara detail bagaimana sejarah Isuzu yang merupakan salah satu perusahaan tertua di industri otomotif Jepang. Dimulai pada tahun 1916, dimana Tokyo Ishikawajima Ship-building and Engineering Co.,Ltd dan Tokyo Gas dan Electric Industrial Co. berinisiatif membangun perusahaan otomotif. Yang kemudian di tahun 1949, dinamai Isuzu Motors Limited.

Fokus mengembangkan mesin diesel sejak awal berdiri, Isuzu terus mengadopsi teknologi mesin diesel modern untuk seluruh lini produknya, termasuk yang dijual di Indonesia. Berdirinya Isuzu di Indonesia diawali pada tahun 1974, yang saat ini diprakarsai oleh berdirinya PT Pantja Motor. Lalu di tahun 1988, PT Astra International Tbk menjadi pemegang saham. Dilanjut di tahun 1991, lahirlah produk Isuzu Panther yang menjadi legenda MPV diesel di tanah air.

Read Prev:
Read Next: