Mengenal Great Wall Motors : Brand China Yang Dibawa Indomobil ke GIIAS 2023?

Mengenal Great Wall Motors : Brand China Yang Dibawa Indomobil ke GIIAS 2023?
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa tahun terakhir, brand otomotif asal China nampak menjadikan Indonesia sebagai target market yang menggiurkan. Mulai dari Wuling, DFSK, MG Motors, hingga Chery telah beroperasi di Indonesia. Belum selesai sampai di sana, kami masih memiliki sejumlah nama brand yang diam-diam sedang menyiapkan operasional mereka di Tanah Air. Dan salah satunya adalah Great Wall Motor (GWM). Dan fakta menariknya, GWM juga akan ambil bagian di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 lho. Cekidot.

Great Wall Motor Diboyong Indomobil? Atau Prinsipal?

Beberapa waktu lalu, kami mendapatkan informasi mengenai layout dari gelaran GIIAS 2023 dan awalnya kami merasa tidak ada kejutan apapun di gelaran ini. Layoutnya kembali dirubah, dimana hall 5 sampai hall 10 bakal menjadi area pertarungan brand mainstram seperti Toyota, Hyundai, Honda, dan kawan-kawannya. Nah, yang unik, Indomobil Group bakal tampil di hall 3 hingga 3A. Bahkan, hall 3A sudah diblok khusus untuk Indomobil Group, ditambah sejumlah area di hall 3. Bagian ini akan menjadi booth Indomobil Plaza yang berisikan brand seperti Audi, VW, Mercedes-Benz, Nissan, KIA, hingga Citroen. Yang unik, di bagian tersebut juga muncul nama Great Wall Motor (GWM).

Hmmm, lokasinya berdekatan dengan area Indomobil Plaza, maka bisa saja Great Wall Motor nampaknya akan menjadi bagian dari Indomobil Group. Memang, belum ada pengumuman resmi terkait hal ini, tetapi ada peluang ke arah sana. Dan jikalau benar Indomobil Group menjadi APM dari Great Wall Motor di Indonesia, maka mereka terus menambah panjang jumlah brand yang dinaungi untuk pasar Indonesia. Selain brand yang ada di booth Indomobil Plaza, masih ada nama Suzuki, Yadea, hingga Jaguar Land Rover dan Harley Davidson yang dipayungi oleh Indomobil Group Membuatnya menjadi gurita raksasa industri otomotif di Indonesia. Oke, cukup bahas Indomobilnya, kita bahas Great Wall Motor secara spesifik.

Mengenal Sejarah Great Wall Motor

Great Wall Motor merupakan pabrikan otomotif swasta asal China, berbeda dengan Chery ataupun SAIC yang merupakan pabrikan plat merah. Great Wall Motor didirikan di Hebei tahun 1984 dan kini telah menjadi pabrikan otomotif no 8 terbesar di China mengacu pada data penjualan tahun 2021 kemarin. Di tahun 80’an, Great Wall Motor dikenal sebagai pabrikan yang memproduksi truk dan SUV offroad. Mereka sempat mencoba peruntungan dengan memproduksi sedan namun gagal. Oleh karenanya, sejak pertengahan 90’an hingga 2010, Great Wall Motor hanya memproduksi truk. Oiya, patut diketahui, Great Wall Motor terbilang sukses menjual pickup sejak akhir 90’an di China.

Great Wall Motor sendiri merupakan pabrikan otomotif swasta asal China pertama yang melantai di bursa saham lho di tahun 2003 silam. Dan di tahun 2010, perubahan besar terjadi pada Great Wall Motor. Mereka memulai penjualan SUV modern di bawah brand Haval dengan 2 model utama yaitu Haval H3 dan Haval H5. Fun fact-nya, kalian bisa menemukan banyak SUV Haval di Batam lho. Singkat cerita, Haval meraih penjualan yang positif di China sejak 2011, dan berlanjut hingga Great Wall Motor memperkenalkan brand kedua bernama WEY di tahun 2017. WEY adalah brand SUV premium dari Great Wall Motor. Disusul ORA yang berfokus pada segmen mobil listrik di tahun 2018 silam.

Informasi Penting Terkait Great Wall Motor

Ada beberapa pencapaian penting dari Great Wall Motor yang ingin kami singgung. Pertama, Great Wall Motor merupakan partner BMW dalam memproduksi MINI Electric untuk pasar China. Selain itu, Great Wall Motor juga mengakuisisi 2 pabrik perakitan milik GM di India dan di Thailand. Tentunya, kedua pabrik ini digunakan untuk memproduksi mobil-mobil Great Wall Motor. Sebagai contoh, pabrik Great Wall Motor di Rayong Thailand bertugas untuk memproduksi Haval H6 Hybrid dan Haval Jolion Hybrid. Hmmm, nampaknya sudah mulai terlihat produk apa yang akan dijual Great Wall Motor di Indonesia kan? Apalagi, paten nama Haval juga sudah terdaftar di Indonesia.

Namun, bukan berarti produk lain dari Great Wall Motor seperti ORA atau WEY tidak akan masuk. Sebagai contoh, Great Wall Motor juga memasarkan ORA Goodcat di Thailand dan Malaysia. Sedangkan sosok Haval H-Dog juga sempat didaftarkan paten desainnya di Indonesia. Jadi, peluang sangat terbuka dengan fakta ini, dan kita tunggu saja apa kejutan Great Wall Motor di GIIAS 2023 mendatang. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: