Mengenal Dongfeng Fengguang ix5, Coupe SUV Milik DFSK

by  in Berita&DFSK&International
Mengenal Dongfeng Fengguang ix5, Coupe SUV Milik DFSK
0  komentar

AutonetMagz.com – Seperti yang sempat kami janjikan, kami akan membahas sosok Coupe SUV yang dimiliki oleh Dongfeng Sokon (DFSK). Nah, mobil ini sendiri bernama DFSK Fengguang ix5. Oiya, nama ‘Fengguang’ sendiri merupakan nama yang digunakan di China, sedangkan di pasar internasional pihak DFSK menggunakan nama ‘Glory’, sama seperti di Indonesia. Jadi, bisa dikatakan mobil ini bernama DFSK Glory ix5 jikalau dijual di Indonesia, jikalau dijual ya. Nah, seperti apa sosok mobil ini? Mari kita bahas lebih dalam.Pertama, kita akan bahas sisi eksterior dari mobil ini. Dari sisi depan, mobil ini bisa dikatakan sangat mobil China, apalagi jikalau kalian melihat bentuk lampu dan grille besar yang punya tiga bilah krom horisontalnya. Secara umum, tampilan mobil ini bisa dibilang oke, walaupun grille-nya sangat oversize menurut kami. Bumper depannya punya tarikan yang tegas di sisi kanan dan kirinya, dan ada beberapa lampu LED di sisi bawahnya yang kami duga berfungsi sebagai lampu kabut serta ada bilah krom memanjang di sisi bawah. Untuk lampunya sendiri terlihat biasa saja, namun sudah menggunakan dua buah lampu proyektor LED dan LED Positioning lamp plus LED DRL di sisi bawah lampunya. Oiya, bagian dalam dari housing lampunya sudah dilabur warna hitam yang membuatnya terlihat cakep.

Pindah ke sisi samping, mobil ini menggunakan velg dengan warna gunmetal yang terlihat oke, namun ukurannya khas mobil China, terasa kurang satu atau malah dua ukuran lebih besar. Dari sisi samping ini juga terlihat bahwa tak ada tarikan garis tegas di body dari Dongfeng Fengguang ix5 ini, malah terlihat lebih banyak bentuk membulat. Masih dari samping, terlihat mobil ini sudah memilik lampu sein di spion, dan ada aksen krom di sisi samping bawah mobil ini. Dan di bagian inilah terlihat bahwa sosok Dongfeng Fengguang ix5 ini dibuat untuk menjadi sebuah coupe SUV, walaupun menurut kami desain keseluruhan dari mobil ini agak kurang pas dari sisi depan hingga ke belakang, terasa kurang nyambungBut Overallnice try Dongfeng, walau nggak coupe – coupe banget.

Pindah ke sisi belakang, bagian ini bisa dikatakan bagian paling cakep dari Dongfeng Fengguang ix5. Lampu belakangnya memanjang dari sisi kiri ke kanan, dengan bentuk bagasi yang sekali lagi mirip dengan Audi, sama seperti saingan senegaranya, Baojun 530 dan kawan – kawannya. Terlihat kaca bagian belakang mobil ini melandai, selayaknya coupe, dan rear spoiler dengan high mount stop lamp serta antena model sirip hiu. Pindah ke sisi bawah, Dongfeng Fengguang ix5 mendapatkan lampu kabut di sisi belakang, dan bumper belakangnya terlihat minimalis dengan laburan warna hitam, skid plate silver, dan juga dua buah lubang knalpot yang kami tak tahu apakah asli atau palsu. Oke, cukup dengan eksterior, yuk masuk ke interior.

Di sisi interior, mobil ini terlihat sporty dan elegan. Warna gelap mendominasi interiornya, dipadukan dengan aksen black gloss di dashboard dan aksen silver di beberapa bagian. Setirnya sudah menggunakan model flatbottom dengan bahan kulit dan aksen silver plus banyak tombol pemanja jempol. Sistem infotainmentnya sudah menggunakan layar sentuh dan seolah menyatu dengan dashboard dan panel AC-nya pun digital dengan model sentuh, cakep walau tak user friendly. Panel instrumennya pun bisa membuat banyak mobil di Indonesia minder, karena sudah full digital dengan bentuk yang keren. Konsol tengah diisi dengan bentuk transmisi yang kecil dan sporty dengan beberapa tombol di sekitarnya seperti EPB dengan Brake holdidling start stop, drive mode, kamera 360 derajat, HDC, dan VSC.

Oiya, bagian belakang mobil ini dilengkapi dengan kisi AC di belakang konsol box, dan ada power outlet di bawahnya, plus mobil ini sudah menggunakan atap kaca. Untuk fitur, mobil ini juga mengusung fitur voice control untuk mengatur pintu, sunroof, dan jendela, serta ada juga fitur lain seperti lane departure warning system, dan forward collision warning system. Yang menarik, Dongfeng Fengguang ix5 menggunakan sistem operasi Baidu Apollo yang dikhususkan untuk mobil otonom. Dongfeng Fengguang ix5 sendiri pertama kali muncul bulan April 2018 kemarin, dan mengusung mesin 1.500cc Turbo bertenaga 150PS dan torsi 220 Nm serta mesin 1.800cc n/a bertenaga 139PS dan bertorsi 187 Nm. Rencananya Dongfeng Fengguang ix5 akan dirilis di kuartal keempat tahun 2018 ini, alias beberapa bulan ke depan. Harganya? Kabarnya mulai diatas 100 ribu Yuan atau mulai 220 jutaan Rupiah.

Jadi, bagaimana menurut kalian mobil ini? Yay or nay? Bawa kesini atau biarkan saja di China? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: