Menerawang Toyota Kijang Innova Zenix : Harganya Bakal Bersahabat?

by  in  Editorial & Merek Mobil & Nasional
Menerawang Toyota Kijang Innova Zenix : Harganya Bakal Bersahabat?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah jadi rahasia umum jikalau Toyota di Indonesia dan India memiliki agenda yang penting di akhir tahun 2022 ini. Yap, apalagi kalau bukan peluncuran generasi terbaru dari Toyota Innova atau yang kita kenal juga dengan sapaan Toyota Kijang. Nah, kali ini tim AutonetMagz akan mengajak kalian semua untuk ‘menerawang’ informasi – informasi penting terkait dengan Toyota Kijang Innova terbaru yang menggunakan imbuhan nama ‘Zenix’ di belakangnya. Cekidot.

World Premiere di Indonesia

Jadi, baru – baru ini nampaknya informasi terkait Toyota Kijang Innova Zenix mulai bermunculan dan ada beberapa media yang juga mengunggah informasi tentang mobil ini. Walaupun statusnya masih berupa rumor belaka, namun kami juga mendengar informasi yang sama dari sejumlah sumber. Apakah kesamaan informasi ini menjadi validasi bahwa informasi tersebut benar? Tentu jangan terlalu serius terlebih dahulu. Jadi, Toyota Kijang Innova Zenix akan melakukan world premiere di Indonesia di bulan November mendatang, dan disusul di India seminggu setelahnya. Setidaknya itu informasi yang kami dapatkan. Dan ini ‘cocok’ dengan kebiasaan Toyota yang menggelar training 2 atau 3 bulan sebelum sebuah produk diluncurkan.

Maksudnya? Jikalau informasi – informasi seperti ini sudah bertebaran di banyak media, maka tentunya proses training telah dilakukan. Itu tebakan kami. Berikutnya, Toyota Kijang Innova Zenix akan hadir dalam 2 opsi mesin, yaitu mesin bensin 2.000cc dan mesin bensin 2.000cc Hybrid, lupakan mesin diesel yang selama ini identik dengan Toyota Kijang Innova. Lantas, apakah artinya Toyota Kijang Innova berbasis IMV dan bermesin diesel akan tamat? Nampaknya tidak, dan kami masih cukup yakin akan hal tersebut. Mengapa? Mudah saja, Toyota Kijang Innova IMV dengan opsi mesin bensin dan diesel adalah ladang Rupiah bagi Toyota Indonesia. Menghentikan penjualannya sama saja menutup pintu rejeki mereka sendiri. Dan kami yakin mereka tidak akan senekat itu.

Pakai TNGA-C dan Teknologi Hybrid

Toh, Toyota Transmover saja masih dijual bersamaan dengan All New Toyota Avanza dan Veloz yang sudah bertransformasi menjadi FWD dan monokok. Apalagi segmentasi Toyota Kijang Innova IMV cukup unik dan spesial, dimana Toyota memonopoli segmen ini tanpa adanya rival setara. Hadirnya Toyota Kijang Innova Zenix justru membuat Toyota masuk di lahan yang sudah dihuni oleh Wuling Cortez. Ke informasi berikutnya, Toyota Kijang Innova Zenix akan dibangun dengan basis TNGA-C yang sama dengan saudara boxy-nya, Toyota Voxy. Sehingga, mesin yang digunakan pun akan sama yaitu M20A-FKS dan M20A-FXE untuk versi hybrid. Kami pun mendengar bahwa Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 juga akan diberikan di tipe tertinggi Toyota Kijang Innova Zenix.

Untuk tipe, seperti biasa, Toyota Kijang Innova Zenix akan dihadirkan dengan 3 opsi trim yaitu G, V dan Q. Tipe G akan menjadi satu – satunya tipe yang memiliki 2 opsi mesin, bensin dan hybrid. Rumor yang kami dengar, Toyota Kijang Innova Zenix bensin 2.0 G akan dibanderol di atas 400 jutaan Rupiah. Yap, angka yang cukup tinggi kalau kita bandingkan dengan entry price Toyota Kijang Innova IMV yang ada di angka 369 jutaan saat ini. Jadi, kemungkinan besar Toyota Kijang Innova Zenix tidak akan mengisi posisi kosong diantara Toyota Veloz dan Toyota Kijang Innova IMV, tapi menciptakan lahan tersendiri. Lantas, bagaimana dengan tipe G Hybrid? Rumor yang kami dengar menyebutkan bahwa harganya masih akan ada di bawah 500 jutaan walaupun kemungkinan di atas 450 jutaan Rupiah. Hmmm, worth?

Harganya Masuk Akal?

Kalau kita melihat dari sudut pandang mobil hybrid, maka tentu saja worth the money karena harganya lebih murah ketimbang Toyota Corolla Cross Hybrid yang sudah ada di angka 535 jutaan Rupiah. Praktis, Toyota Kijang Innova Zenix akan menjadi mobil hybrid termurah di Indonesia kalau kita mengabaikan diskon besar pada Nissan Kicks e-Power. Sedangkan untuk Toyota Kijang Innova Zenix tipe V Hybrid kabarnya akan menembus batas psikologis 500 jutaan. Dan klimaksnya adalah Toyota Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid yang rumornya akan berpotongan dengan harga Toyota Fortuner. Sebagai catatan, harga termahal Toyota Kijang Innova IMV saat ini ada di angka 527,2 jutaan Rupiah untuk tipe Venturer Diesel AT. Sedangkan Toyota Fortuner termurah yaitu tipe 4×2 G M/T 2DG ada di angka 545 jutaan Rupiah.

By the way, semuanya yang kami jabarkan tentunya masih bersifat rumor yang kami kumpulkan dari sejumlah sumber internal. Tidak ada kepastian bahwa informasi ini bakal sepenuhnya benar hingga pihak Toyota Astra Motor (TAM) merilisnya secara resmi, jadi take it easy bro. Setidaknya sudah ada gambaran bagi kalian yang ingin membidik Toyota Kijang Innova Zenix. Oiya, rumor terakhir yang kami dengar, akan ada paket aksesoris Modellista untuk mobil ini, sedangkan di India, akan ada aksen ala SUV seperti halnya Toyota Venturer. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: