Mazda2 Sedan Diuji Jalan di Indonesia, Pasar Sedan Memanas?

by  in  Berita & Mazda & Merek Mobil
Mazda2 Sedan Diuji Jalan di Indonesia, Pasar Sedan Memanas?
0  komentar

AutonetMagz.com – Siapa diantara kalian yang masih berminat dengan sebuah sedan, terutama sub compact sedan? Bisa dibilang pasar sedan memang terus tergerus oleh jaman, termasuk oleh segmen SUV yang terus berkembang dair tahun ke tahun. Walaupun begitu, nampaknya segmen sedan masih menarik bagi beberapa pabrikan. Dan salah satunya adalah Mazda. Apalagi pasca kami mendapatkan spyshot sebuah sedan yang cukup identik dengan sedan dari Mazda yang belum ada di line up mereka di Indonesia. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Mazda2 Sedan Masuk Indonesia?

Tim AutonetMagz baru saja mendapatkan kiriman gambar dari @rizaswulanggana yang memperlihatkan sosok sedan dengan kamuflase berwarna hitam putih sedang diuji jalan. Dan seketika saja, tim langsung bisa mengidentifikasi bahwa mobil tersebut adalah Mazda2 Sedan. Yap, langsung terlihat dari bentuk lampu belakang dan juga bentuk jendela samping dari mobil ini. Lantas, mengapa Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku APM Mazda di Indonesia ingin memasukkan Mazda2 Sedan? Tentu jawabannya hanya mereka yang tahu, dan mungkin akan kami tanyakan saat mereka benar – benar memperkenalkan Mazda2 Sedan secara resmi. Yang jelas, hadirnya Mazda2 Sedan jelas akan membuat pasar sub compact sedan kembali memanas. Apalagi sumber kami menyatakan memang ada rencana memboyong Mazda2 Sedan ke Indonesia.

diambil oleh @rizaswulanggana

Mazda2 Sedan sendiri bukanlah produk yang baru. Mazda2 Sedan yang dipasarkan saat ini secara internasional telah diperkenalkan di Thailand International Motor Expo tahun 2014 silam. Jadi, setara dengan Mazda2 Hatchback yang kita kenal. Lantas, mengapa baru sekarang EMI memasukkan Mazda2 Sedan? Nampaknya salah satu alasannya adalah perubahan skema pajak yang tak lagi menganak tirikan sedan. Dengan kondisi yang ada sekarang, menjual Mazda2 Sedan rakitan Thailand akan lebih menggiurkan. Di Thailand, Mazda2 Sedan dijual dalam 2 opsi mesin, yaitu 1.300cc Skyactiv-G dan 1.500cc Skyactiv-D. Untuk versi mesin bensin dijual mulai 230 jutaan Rupiah hingga 291 jutaan Rupiah, sedangkan tipe XDL Diesel dijual dengan harga 338 jutaan Rupiah.

Rival Mazda2 Sedan

Saat ini, di segmen tersebut sudah ada 3 model yang dijual resmi. Pertama, ada Toyota Vios, lalu ada Honda City Sedan, dan yang terbaru adalah MG5 GT. MG5 GT nampaknya agak sedikit anomali karena bentuknya yang bergaya mobil GT, dengan bodysize yang lebih besar dari rival – rivalnya dan harga yang masih bersaing. Sedangkan Toyota Vios kabarnya akan segera mendapatkan generasi terbaru dalam beberapa bulan ke depan yang dibangun dengan basis DNGA. Untuk Honda City sendiri usianya masih terbilang baru di Indonesia. Mobil ini terbilang langka, dan memiliki harga yang cukup tinggi untuk sebuah sedan yang tak hadir dengan spesifikasi terbaiknya. Nah, disinilah nantinya Mazda2 Sedan bisa memainkan pricing dan spesifikasinya. Jikalau pricing-nya bisa mendekati versi hatchback, atau malah lebih murah, maka akan sangat menarik.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: