Konsep vs Realita : Mitsubishi Strada Triton vs Mitsubishi GR-HEV Concept

Konsep vs Realita : Mitsubishi Strada Triton vs Mitsubishi GR-HEV Concept
0  komentar
Mitsubishi-Strada-Triton-Comparison

Jakarta, AutonetMagz – Mungkin ada kalanya kita harus menjanjikan masa depan yang indah kepada seseorang meskipun pada kenyataannya kita tidak mampu mewujudkan hal tersebut, karena jika tidak pintar membuai janji-janji indah kepada wanita, tentu saja saat ini banyak Pria yang gagal menikahi pasangannya. Namun jika janji anda terlalu indah dan terlampau jauh dari kenyataan, mungkin hubungan anda dengan pasangan bisa lebih buruk dari yang anda bayangkan.

Mungkin itulah yang saat ini sedang dialami Mitsubishi dengan Strada Triton 2015 yang baru saja diluncurkan di Thailand. Sebenarnya secara desain tidak jelek dan cukup lumayan jika dibandingkan dengan kompetitor yang ada saat ini (meskipun tidak terlihat menonjol). Namun entah kenapa kemunculan versi produksinya justru di mata saya sangat mengecewakan sekali mengingat saya sudah melihat dan memperhatikan desain Mitsubishi GR-HEV konsep yang digadang-gadang sebagai konsep dari Mitsubishi Strada Triton 2015.

Perbandingan-Strada-Triton-BaruMitsubishi GR-HEV pertama kali diperkenalkan pada Bangkok MotorShow 2013 tahun lalu, dan mendapatkan banyak apresiasi dari banyak kalangan hingga masuk ke dalam pembahasan utama di beberapa website otomotif terkemuka diseluruh dunia. Bagaimana tidak? Mobil konsep tersebut memiliki desain yang sangat unik, menarik dan sangat berani untuk sebuah double cabin saat ini. Desain lekukan bodi yang kontras dan tampak berotot namun tetap dinamis terpancar dari desain depan hingga belakang.

Selain bentuk bodi yang berubah secara signifikan dibandingkan dengan mode pendahulunya, Mitsubishi juga mengatakan mobil ini akan menjadi pickup double cabin yang menggunakan mesin Hybrid Electric yang sangat ramah lingkungan dan bertenaga besar karena diiringi dengan mesin diesel 2.500 cc. Dengan clue spesifikasi mesin 2.500 cc dan dimensi sepanjang 5.4 Meter, tentu saja kita semua berfikir bahwa mobil ini pasti adalah generasi penerus dari Strada Triton, apalagi Mitsubishi membawa sejarah truk L200 dari tahun 1978 yang disebut memiliki “Handsome Design”.

Lampu-Depan-Strada-Triton-Concept

Namun apa jadinya ketika setahun setelah Mitsubishi GR-HEV diluncurkan? Yap, Mitsubishi akhirnya meluncurkan Mitsubishi Strada Triton 2015 dengan desain yang sama sekali berbeda dengan Mitsubishi GR-HEV concept, dan seketika saya langsung membuka arsip lama foto-foto Mitsubishi GR-HEV yang ada di dalam komputer saya, “Loh kok beda banget yah?”.

Hingga akhirnya saya pun mencoba mengkaitkan gambar Mitsubishi Strada Triton terbaru dengan konsep GR-HEV dari berbagai sudut. Memang Strada Triton sepertinya masih memiliki guratan garis desain yang sama dengan Mitsubishi GR-HEV jika kita melihat bentuk pilar A, tarikan garis kaca pintu belakang, J-line diantara sambungan bodi dan bak belakang dan terakhir ujung lampu depan yang memiliki sedikit “coak” untuk memberikan kesan dinamis. Sangat sedikit eleman desain yang diambil dari Mitsubishi GR-HEV concept, bahkan sepertinya Mitsubishi Strada Triton terbaru tidak dibangun dari konsep GR-HEV sama sekali.

Mitsubishi-Strada-Triton-Komparasi

Memang tidak perlu berharap banyak jika model konsep akan sama persis dengan desain aktual setelah masuk ke tahap produksi, tapi ini mungkin sudah kelewatan. Permasalahan utama ketika pecinta Mitsubishi sudah berharap Strada Triton akan hadir dengan wajah se tampan versi konsep, mereka akan kecewa dengan versi produksi dari mobil ini yang memiliki perbedaan kelewat jauh.

Memang tidak mudah mewujudkan konsep ke model produksi, setelah desainer merancang sebuah desain yang sangat baik, pekerjaan mereka akan dikotori oleh tangan engineer yang memikirkan bagaimana untuk menyelaraskan desain dari desainer dengan proses mekanikal, produksi, faktor keamanan, durabilitas dan tentu saja pengurangan biaya produksi agar terjangkau. Maka dari itu seorang desainer hebatpun belum tentu bisa menghasilkan desain yang sesuai dengan keinginannya karena campur tangan engineer.

Mitsubishi-Concept-Cars

Namun belakangan ini kita sudah mendapatkan contoh-contoh mobil konsep yang ketika masuk ke lini produksi hasilnya tidak berbeda jauh, contohnya saja Mazda Hazumi Concept yang akhirnya menjadi Mazda2 SkyActiv, Toyota FCV Concept yang akhirnya menjadi Toyota Mirai dan Ford Everest Concept yang hampir tidak terlihat perbedaannya dengan versi produksinya meskipun sama-sama memakan waktu riset selama lebih dari 1 tahun. Dengan banyak persamaan wujud dari versi konsep ke versi produksi, tentunya konsumen akan lebih terkesan dengan mobil tersebut karena seperti memiliki sebuah kendaraan konsep dari masa depan.

Terakhir, Mitsubishi sebenarnya saat ini memiliki banyak mobil konsep yang diperkenalkan untuk mengganti beberapa mobil Mitsubishi yang ada saat ini seperti gambar diatas. Namun ada baiknya kita tidak perlu terlalu berharap bahwa model produksinya akan mirip dengan konsep tersebut mengingat apa yang mereka lakukan terhadap Mitsubishi GR-HEV. Tapi ah sudahlah, terlau dini untuk menghakimi bukan?

Lihat juga:

Mitsubishi Strada Triton 2015 Akhirnya Diluncurkan
Mitsubishi GR-HEV Concept Sang Penerus Strada Triton

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr

  • Jones

    Kata-katanya puitis banget min sekalian curhat ya. :3 :v

  • ひるぜん

    “Mungkin ada kalanya kita harus menjanjikan masa depan yang indah kepada seseorang meskipun pada kenyataannya kita tidak mampu mewujudkan hal tersebut, karena jika tidak pintar membuai janji-janji indah kepada wanita, tentu saja saat ini banyak Pria yang gagal menikahi pasangannya. Namun jika janji anda terlalu indah dan terlampau jauh dari kenyataan, mungkin hubungan anda dengan pasangan bisa lebih buruk dari yang anda bayangkan.” bro Ridwan, lagi curhat ya? itu kata-kata nya mikir sendiri atau dpt dr mana?

  • Andy

    Hahaha…
    Pasti banyak yang ngakak baca artikel ini.
    Tapi memang desain produksinya kelewat jauh dari konsepnya yang sangat ganteng. Malah sekilas bisa dikatakan cuma major facelift dari model yang ada sekarang..

  • erik

    Bisa jadi jeremy clarkson dari Indonesia.
    salut u bro!!!

    • Ridwan Hanif

      masih jauhlah…. hahaha

    • tim

      Nanti jadinya Ridwan Klakson… eh clarkson

  • evolution begins

    Paragraf pertamanya cetar membahana….

  • doze

    Konsep nya aja terlalu futuristik..hayalan terlalu jauh..kalau pun terwujud mau dijual dgn harga brp itu mobil di indo..masa strada triton pick up yg pada fungsinya utk angkutan kyk di perkebunan pertambangan mau dijual diatas 1M…hancurlah…

    Jd sbnrya konsep nya terlalu tinggi..jd pas keluar asliny ya byk yg kecewa..

  • Sang Kelana

    Great article..

  • Konsep

    Masih lebih kecewa liat A-Concept yang segitu gantengnya tau2 brojolnya Ayla

    Sama WRX Concept yg desain bodinya udah kayak supercar tau2 keluarnya Impreza dikasih steroid