7 Perbedaan Fitur dan Spesifikasi Yaris Indonesia dan Thailand

by  in Mobil Baru&Nasional&Serba 7
7 Perbedaan Fitur dan Spesifikasi Yaris Indonesia dan Thailand
0  komentar
Harga All New Yaris TRD Sportivo 2014

Jakarta, AutonetMagz – Toyota Yaris ini memang tergolong unik, karena mobil ini memiliki banyak keragaman di seluruh dunia. Contohnya untuk pasar Amerika dan Eropa, Toyota Yaris memiliki desain keseluruhan yang sama sekali berbeda dengan Toyota Yaris versi asia tenggara, dan di Amerika Selatan dan Timur Tengah, Toyota Yaris justru memiliki wujud sedan yang selama ini kita kenal dengan nama Toyota Vios. Nah Toyota Yaris 2014 yang baru saja diluncurkan di Indonesia tahun ini ternyata juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan varian yang hadir di Thailand. Yuk kita simak 7 perbedaan Toyota Yaris Indonesia dan Thailand.

Toyota Yaris 2014 engine

1. Mesin
Jika kamu berpikir bahwa mobil spesifikasi Thailand lebih baik, khusus untuk Toyota Yaris kita akan mendapatkan hal sebaliknya. Yaris Thailand memang mendapatkan mesin baru, namun bukan mesin lebih bertenaga dibandingkan dengan mesin Yaris Indonesia yang belum diganti selama belasan tahun. versi Thailand mendapatkan mesin 3NR-FE 1.200 cc 4 silinder 86 Ps dan torsi 108 Nm, sedangkan di Indonesia masih menggunakan mesin 1NZ-FE 1.500 cc yang bertenaga 110 Ps. Ini karena Toyota Yaris di Thailand mengikuti program ECO car dari pemerintah yang membuat pajak kendaraan lebih ringan.

Toyota-Yaris-TRD-Sportivo-Thailand

2. Body Kit TRD Sportivo
Baik Toyota Yaris Indonesia dan Thailand sama-sama dilengkapi dengan Body Kit TRD Sportivo untuk varian tertingginya. Namun untuk varian Thailand kita akan mendapatkan body kit yang tidak lebih baik dibandingkan dengan TOyota Yaris Indonesia. Toyota Yaris TRD Sportivo Thailand justru terlihat lebih culun karena menggunakan grille sewarna body, model body kit yang nyeleneh dan cutting stiker pada bagian samping. Meskipun begitu, body kit bumper belakangnya sama persis dengan model Indonesia loh!

Jok-Kulit-Toyota-Yaris

3. Jok Kulit
Untuk varian TRD Sportivo, Toyota Yaris mendapatkan jok berbahan kulit berwana hitam mewah, sedangkan di Indonesia masih menggunakan bahan fabric biasa, meskipun tergolong ECO car atau LCGC-nya Thailand, Yaris sudah dilengkapi dengan Jok Kulit, berbeda dengan Indonesia yang kelasnya lebih tinggi.

Toyota Yaris 2014 transmission

4. Transmisi CVT
Jika pasar Indonesia yang menggunakan mesin 1NZ-FE dibekali dengan transmisi 4 percepatan automatic, di Thailand justru Toyota Yaris mendapatkan transmisi CVT yang digunakan juga pada Honda Jazz. Sudah tenaganya berkurang, pakai CVT pula… Hehehe.’

All New Yaris 2014 interior

5. Head Unit
Head unit Toyota Yaris Indonesia jauh lebih advanced dibandingkan dengan varian Thailand, di Indonesia kita mendapatkan head unit canggih dengan GPS Navigasi, koneksi internet, koneksi Bluetooth dan Air Gesture. Di Thailand justru lebih sederhana dengan head unit indash standar yang hanya memiliki konektivitas USB, AUX dan MP3 Player. Khusus untuk varian TRD Sportivo versi Thailand, mobil ini sudah dilengkapi dengan head unit touch screen lengkap dengan Bluetooth.

Test drive Toyota Yaris TRD Sportivo Indonesia

6. LED DRL
Varian Toyota Yaris TRD Sportivo di Indonesia mendapatkan lampu LED DRL di bagian bawah bumper yang menyala di siang hari. Sedangkan untuk varian tertinggi Toyota Yaris di Thailand tidak mendapatkan fitur tersebut.

7. Positioning
Sebagai LCGC-nya Thailand yang mendapatkan potongan pajak karena mengikuti program ECO car Thailand, Toyota Yaris diposisikan untuk bersaing dengan Honda Brio dan Mitsubishi Mirage. Toyota Yaris di Thailand dibanderol dengan harga mulai dari 469 hingga 599 ribu baht, untuk model TRD Sportivo cukup menambah 30 ribu Baht. Bandingkan dengan Honda Brio yang dibanderol dengan harga mulai dari 436 ribu hingga 533 ribu Baht dan Mitsubishi Mirage yang lebih murah lagi mulai 383 ribu hingga 546 ribu Baht. Rivalnya di Indonesia yaitu Honda Jazz dibanderol dengan harga yang 50% lebih mahal dibandingkan dengan Toyota Yaris terbaru karena memiliki harga mulai dari 555 ribu hingga 764 ribu Baht. Tapi tunggu dulu, spesifikasi dan Fitur Honda Jazz di Thailand jauh lebih advanced dibandingkan dengan model di Indonesia yang mendapatkan banyak sunatan fitur.

Read Prev:
Read Next:

Dede Suryadi Penulis yang satu ini nggak bisa nyetir mobil, tapi kalau nyetir motor 11-12 sama Valentino Rossi. Cita-citanya menjadi pembalap MotoGP tapi nggak kesampaian. Akhirnya sekarang jadi penulis di Autonet Magz untuk kolom berita roda dua. Yang unik dari saya meskipun jago naik motor, saya susah hafal jalan.

  • gtrr35

    udah single vvti, bukan euro 4 class emission engine, indo masih pake 4 speed matic pula.

  • rizki

    Kebebasan tanpa mengikuti peraturan LCGC Thailand, gak beda ma Wigo yang diekspor ke Filipina, fitur lebih baik daripada Agya

  • And

    Kalau Jazz Indonesia dan Thailand apa bedanya mas?

    • dimaz_13

      buanyak mas…. kalo baca bisa bikin sakit hati dah…. untung ane gak beli, jadi gak ikut sakit hati… 😀

  • doze

    Kalau toyota hampir tdk ada perkembangan mesin..mesin lama dicangkok masuk ke mobil model baru..contihnya inova fortuner..

    eco klo negara luar jd keuntungan dlm potongan pajak..apa sbnrnya di indo jg begitu hanya saja tdk diberlakukan krn konsumen tdk tau berita ini

  • dimaz_13

    positioning sebagai ECO car sangat logis menggunakan CVT dibanding transmisi konvensional… yang dikejar kan ekonomisnya (dalam hal ini penggunaan bahan bakar), bukan performa….

    • gtrr35

      setuju..
      dan disini malah dikasi mesin dinosaurus yang lebih kotor, kasar, berbobot berat asal tenaga gede doang juga udah seneng.

  • gtrr35

    artikel2 sejenis ini diminta dari sponsor yah om?

    • dimaz_13

      sponsor mana maksudnya gan??
      justru tulisan macem gini patut diapresiasi setinggi-tingginya…. karena cuma di autonetmagz kita bisa tau secara gamblang sunatan fitur apa aja yg dilakukan pabrikan sini….

  • bobbylabonte

    Yaris Mesin jadul. Transmisi jadul. Interior taxi. Rakitan lokal, harga overprice.
    Palingan juga bentar lagi didiskon gede. Biasa lah jurus andalan toyota
    Bukan mobilnya yg di canggihin tp diskonya yg digedein. bikin jatoh harga jual aja..haha

  • mr hahshaha

    Toyota yaris hatcback pelit!!
    Bandingin aja sma jazz tenaga 120ps,, transmisi cvt,, harga lbih rendah dri yaris… Irit sama juga!

    Yaris cuma menang dari segi penampilan yng sporty tpi bgian mesin tdk segarang penampilan’a

  • joni

    udah test new yaris & jazz, jujur kualitas bahan & desain interior masih bagusan yaris dibanding jazz, handling juga lebih oke yaris, kalo dari segi tenaga gak terlalu signifikan beda rasanya, gak tau kalo di tol, kalo perpindahan gigi halusan jazz pastinya. yah tinggal selera aja ada plus minus, kalo mau tangguh ambil yaris kalo mau teknologi ambil jazz

  • asfin achfani nur

    walo moobil pas-pasan tapi memang harus diakui bahwa marketing dan brand toyota kadang menyihir konsumen untuk membeli. dan untuk di daerah luar jakarta/jawa, faktor penentu juga dukungan purna jual dan ketersediaan spare parts di pasar luar jawa.
    Ford fiesta dan mazda 2 jelas lebih ok. tapi pengalaman saya, dukungan spare parts nya susah klo di daerah. bisa indent sampe lama nunggu parts didatangin dari jakarta.

  • patrick r

    Poin ke-4 “Sudah tenaganya berkurang, pakai CVT pula… Hehehe.” CVTnya CVT apa dulu?? Bukan CVT jadul loh, CVT sekarang malah lebih bagus daripada AT biasa. Contohnya Grand Livina 1.5, akselerasi dan keiritan lebih baik daripada versi sebelumnya