Komparasi : Ford EcoSport VS Toyota Rush

by  in Berita&Ford&Komparasi
Komparasi : Ford EcoSport VS Toyota Rush
0  komentar
Toyota-Rush-vs-Ford-EcoSport

AutonetMagz – Ford EcoSport hadir untuk merasakan persaingan di kelas Small SUV bermesin 1.5 liter di Indonesia. Meski kehadirannya di IIMS tahun lalu cukup mengejutkan dan kini sudah banyak berkeliaran menghiasi jalanan kota dan desa, namun EcoSport harus menghadapi seniornya yang sudah lebih lama hadir di Indonesia. Salah satunya adalah Toyota Rush, yang juga membuat sensasi saat pertama kali diluncurkan beberapa tahun lalu. Apakah yang menjadi kelebihan dan kekurangan antara keduanya? Mari kita simak komparasi visual berikut ini.

Eksterior

Membandingkan bentuk luar antara keduanya, kita akan sepakat kalau bahasa desain yang dianut EcoSport dan Rush begitu berbeda. Rush tampil lebih kalem, simpel dan konvensional, sedangkan EcoSport hadir lebih agresif, galak dan futuristik. Dimensi Rush terkesan lebih panjang dari EcoSport terutama jika dilihat dari samping, namun Ford terkesan lebih lebar karena grilnya yang menganga lebar dan headlamp pipihnya. Kedua mobil ini sama-sama belum mengaplikasikan headlamp HID, namun Toyota melengkapinya dengan projector lens, sedangkan Ford membekali EcoSport dengan  lampu senja yang menyerupai Daytime Running Light (DRL), lengkap dengan fitur follow me home. Spion tanduk di Toyota Rush menjadi kunci untuk tampil maskulin dibandingkan EcoSport, namun Sunroof milik EcoSport menambah kesan mewah melebihi Rush.

Interior

Dasbor-Ford-EcoSport

Sama-sama  melabur interiornya dengan warna hitam, kedua Small SUV ini tampil sporty di dalam. Bedanya, karena tidak mengambil basis dari model Toyota lain, kita takkan menemukan dasbor yang serupa Toyota Rush di passanger car Toyota lainnya seperti Avanza atau Innova, sedangkan EcoSport memiliki dasbor yang serupa dengan Fiesta, karena EcoSport adalah Fiesta yang disulap menjadi Small SUV.

Interior-Ford-EcoSport

Panel instrumen Rush tampil sederhana dengan warna jarum merah, sedangkan EcoSport lebih futuristik dengan jarum berwarna biru. EcoSport menang telak dalam menghadirkan aura futuristik di interior, berkat tombol start/stop engine dan audio terintegrasi yang memiliki fitur telepon dan terkoneksi ke sistem setting kendaraan, sedangkan Rush harus puas dengan audio konvensional dan metode pengaktifan mesin yang masih memakai anak kunci biasa. Hal kontras lainnya bisa ditemukan pada jok mobil. Rush mengandalkan bahan fabric yang bermotif, sedangkan EcoSport menghadirkan jok kulit dengan jahitan warna merah. Untuk potensi upgrade, Rush memiliki potensi upgrade personalisasi lebih banyak, seperti penambahan jok kulit, body kit, dan aksesori lainnya, baik original maupun aftermarket.

Interior-Toyota-Rush

Akomodasi

Ruang kabin kedua Small SUV ini memiliki space yang mirip, baik baris pertama dan kedua masih mampu menampung penumpang dengan headroom dan legroom memadai. Namun jika sudah berbicara baris ketiga, Ford hanya bisa mengibarkan bendera putih kepada Toyota, karena EcoSport tak memiliki bangku baris ketiga, dan bagasinya juga lebih kecil daripada Rush. Rush lebih jumawa di sektor ini berkat ruang baris ketiganya yang lega. Bangku baris ketiga menjadi aksesori original Toyota yang dapat anda beli bila anda membutuhkannya, namun bila ingin mendapatkan bangku baris ketiga sebagai standar, hal tersebut dapat anda jumpai di Daihatsu Terios sebagai kembaran Rush.

Fitur

EcoSport mengandalkan fitur-fitur canggih sebagai godaannya kepada setiap konsumen. Sistem audionya yang telah mengaplikasikan Microsoft SYNC juga merupakan pusat informasi kendaraan. Kecanggihan fitur yang juga ada di Ford Fiesta ini sangat beragam. Sebagai contoh, kita bisa menghubungkan ponsel kita ke mobil via bluetooth, membacakan SMS yang masuk ke ponsel kita, menjalankan voice command, dan mengaktifkan mode ECO. Fitur pendukung pengalaman berkendara seperti Hill Start Assist dan Traction Control menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang senang mengemudi sendiri.

Audio-Ford-EcoSport

Sedangkan Rush hanya bisa gigit jari, karena audionya benar-benar murni untuk mendengarkan siaran radio dan musik dari berbagai jenis media, dan ia juga tak dilengkapi dengan mode ECO, Traction Control maupun Hill Start Assist .Rush masih boleh berlega hati karena fitur pelipatan spion elektris yang dimilikinya, dan fitur ini absen di EcoSport. Untuk steering swtich control, sensor parkir, dual airbag, ABS dan EBD telah menjadi standar untuk semua varian Rush maupun EcoSport.

Audio-Toyota-Rush

Mesin

Untuk mesin, Rush mengandalkan unit 3SZ-VE yang juga menjadi mesin Toyota Avanza, bertenaga 109 HP dan torsi 141 Nm. Sementara EcoSport masih mempercayakan dapur pacunya kepada mesin 1.5 liter dari Fiesta dengan output 110 HP dan 142 Nm. Dapat kita lihat, selisih tenaga 1 HP dan torsi 1 Nm antara mereka berdua rasanya tak akan begitu terasa. Transmisi keduanya mengandalkan teknologi yang berbeda, dimana Rush masih mempercayakan transmisi otomatis 4-percepatan Super ECT-i sedangkan Ford sudah beberapa langkah lebih maju dengan transmisi kopling ganda 6-percepatannya. Ford juga menyediakan mode manual meski cara perpindahan gigi dengan memencet tombol plus dan minus di tuas transmisi terasa agak aneh, tapi cukup bisa dibanggakan mengingat Rush tidak menawarkan fitur tersebut.

Tuas-Transmisi-Toyota-Rush-dan-Ford-EcoSport

Ketika berbicara ketangguhan di jalan, kedua mobil ini menawarkan strategi yang beda.Sebagai deskripsi, EcoSport memang telah dilengkapi kontrol traksi, namun ketangguhannya menjadi pertanyaan beberapa orang karena berpenggerak roda depan. Di lain pihak, Rush yang tidak dilengkapi kontrol traksi menganut penggerak roda belakang yang secara logika lebih tahan banting daripada penggerak roda depan. Mana yang lebih baik? Tak ada cara lain untuk mengetahuinya lebih tepat selain mencobanya langsung.

Kesimpulan

Baik Ford Ecosport dan Toyota Rush memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, juga memiliki ciri khas yang membuatnya tampil beda. Jika anda termasuk orang yang senang fitur canggih dan mengutamakan fun to Drive, EcoSport adalah pilihan yang pas. Namun jika anda mengutamakan akomodasi dan senang mengupgrade mobil sesuai selera anda, Rush layak dimiliki. Jadi, termasuk yang manakah anda?

Read Prev:
Read Next:
  • arul

    kalo di situs ford.co.id tenaga ford EcoSport itu 110PS mana yang benar nih?

    • Hillarius Satrio
    • Ridwan Hanif

      Nah ini, susah dapet data yang konsisten di indonesia. Di website bilang 100, di brosur bilang 110, di press release dapet 112.

      Mungkin gua bisa tambahan engine impression aja kali ya. Udah sempet coba mobil ini di Padang, Tarikannya terasa di Rpm tinggi mulai dari 4.500, performance menurut gua masih diatas Rush and Juke. Cukup oke kok, gua sendiri bukan orang yang terlalu gimana gitu sama data di atas kertas, lebih percaya sama feel dan akurasi data akselerasi dibanding diatas kertas gede-gedean power. CMIIW

  • kevin

    Yakin tuh kalo ecosport ga ada pelipat spion elektrik.. Aku liat ada kok di tipe titanium.. Masa mesinnya juga cuma 100ps?? Terus masalah pengendaraan, yakin deh jauh menang ecosport.. Rush mah gak ada apa apanya..

    • Ridwan Hanif

      Yakin, silahkan coba sendiri…. hehehe

      • tedi pratama

        Mas hanif maunanya, klo konsumsi bbm buat yg matic di jalanan macet apa banyak tanjakan berapa?

      • Yusak Natanael Manuputty

        kevin udah coba belum….wkkwkwk

  • PS sama HP alias DK kan beda

    • arul

      PS = Pferdestarke (bahasa Jerman)
      sama dengan
      DK = Daya Kuda (bahasa indonesia)
      sama dengan
      HP = Horse Power (bahasa Inggris)
      🙂

    • kinjeng

      * 1 HP = 0,735 KW
      * 1 KW = 1,34 HP
      * 1 PS / PK = 0,98 HP
      * 1 PS / PK = 0,74 KW
      * 1 KW = 1,36 PS
      * 1 HP = 1,01 PS

      * 1 Nm = 0,74 lbf.ft
      * 1 Nm = 0,1 Kgf.m
      * 1 lbf.ft = 0,14 Kgf.m
      * 1 Kgf.m = 7,23 lbf.ft

  • donny

    heheh payah nh… kayak baru tau aja istilah di mobil heheh….
    cakep nh…. komparasinya….
    kalau ane demen si econya tapi tidak bisa up ke 3 baris keluarga ane banyak…
    kalau ecosport 3 baris 7 seat wuih…. top mar kotop dah…. semua lewat tuh… terios,rush,juke, bahkan sportage, tucson, aoutlender, vitara kali ya… heheheh kejauhan ya….

  • Satriadi SS

    Menurut saya lebih bagus Ford EcoSport. Selain menawarkan fitur lebih canggih, Ford EcoSport lebih mutakhir. Karena dirancang pada zaman yang lebih modern dibanding Toyota Rush yang sampai sekarang hanya diberikan facelift sejak diperkenalkan pada tahun 2006

  • dui

    kekuragan Ford cuma 1, msh blm berani membuat pabrik untuk perakitan produknya di Indonesia. sehingga Image kalo ford itu sparepartnya susah, masih susah dihilangkan.

    • rizki

      setuju banget

  • wira

    ground clearence masing2 brpa mm ya?

    • alvin

      200 mm. enak tinggi. bisa lewatin semua jalan.

  • kalo soal kualitas interior pastinya pada taulah siapa yg menang hehe.. sempet coba ketak ketok dashboard ecosport widiiihh gila solid banget. udah seharusnya nih konsumen indonesia open-minded, jangan cuma mikirin resale value aja, mobil tuh barang buat dipake, bukan barang investasi hehehe

  • Enterprise jangan mikirin jauh jauh sportage autlander beda kelas mas sm eco sport. …. hahahaha jangan kejauhan

  • Mas ridwan atau mas hil testing drive dong… mitsubishi pamer sport yang baru ini yang bensin kek atau yang facelift ini plisss ditunggu yaa.. riview nya tentang pajero sport yang baru…atau facelift jangan cuman di read doang atau di baca tunjukin doong riview pajero sport bensin atau diesel yang baru

  • m.husnul majdi

    kalo perkiraan saya toyota rush vs ford eco sport saya kira-kira rush yang menang dan yang lebih indah eksterior nya lebih indah daripada eco sport 2*itu zaman dulu endak punya pelipat spion yang membuatnya jelek .saya lebih memilih toyota rush karna eksterior nya sama kayak Toyota fortuner
    dan saya memiliki toyota rush dan fortuner lebih baik memilih
    toyota rush …………menang toyota rush

    • Tommy

      Toyota fan boy
      Rush model katrok luar dalem gitu..

  • Woods

    Mau tanya bro hanif,

    review yg di utube lokasinya dimana yah ?
    spertinya enak untuk jalan2..

    sama ecosport suspensinya bagaimana ?
    dengar2 agak limbung dan mantul2..

    thank you

  • tommy

    Klo ford berani masukin model mobi” barunya pasti ga kalah ama mbl lainya.
    untuk sparepart masih gampang untuk di jakarta
    gw sndiri pake telstar brilliant kluaran 97
    performa, masih ok ketersediaan sparepart msh melimpah.
    teknologinya mbl” amerika taun segitu udah kaya mbl skarang udah ada cruise control standar bawaan mbl sono.

    Om Ridwan cb skali” bikin ulasan mbl” anak club yang rare tp masih manteb”
    spt mazda astina, nissan coupe, civic nouva / estilo.. pasti rame… 😀

  • carlovers

    ternyata mengendarai ecosport tidak se-menyenangkan yang ada di iklan-_-
    1) tarikannya gaenak, ga kayak di iklan
    2) material jok ga seenak apa yang ada di brosur
    3) model spion luar ringkih minus retractable, padahal duo kembar aja udah nyediain
    4) ini akan menjadi pertimbangan saya untuk beli ecosport

    • Ridwan Hanif

      1. Buat yang biasa naik toyota atau honda yang pedalnya di sentil dikit langsung ngacir pasti bakal bilang mobil ini pelan, karena Ford ngasih pedal feel yang lumayan kaya Mitsubishi, bukan akselerasi semu.
      2. bandingannya sama apa nih? biasa naik teana? 😀
      3. yup, belum retractable
      4. silahkan di pertimbangkan lagi… hhehee

  • asfin a.n

    carlovers :
    yg di iklan resmi Ford ecosport itu kykx bukan versi yg masuk indonesia, krn yg di iklan adalah unit yang pake mesin 1.0 Liter EcoBoost andalan terbaru ford (yg pake turbo). yg klo diliat di specs nya memang tenaganya lebih tinggi.
    klo gue tunggu yg versi EcoBoost nya masuk aja. lebih bagus jika yg masuk yg versi All Wheel Drive (AWD)seperti yg di brazil.

  • alex

    Kalo bisa dibikin komparasi ecosport vs si kembar vs HR-V

    Jd calon konsumen kyk gue bisa gampang nentuin pilihan.

  • train man

    Gimana klo bikin review versus, jadi langsung bandingin antara rush & ecosport. Dri akselerasi, pengendalian, tanjakan, dll. Klo bisa skalian tes water wadding..lol

  • erwan

    Bagus rush….toyota tetap jaya…ecosport kl dipake perjalanan jauh capek karena bantingannya kerasa…soalnya mobil lebih pendek dibanding rush…jadi kl beli rush aja..ga akan kecewa..paten..tilen..kiat..tangguh..

    • tim

      Persis kaya iklan” black campaign di youtube… udh deh lu sales” toyot tau diri dikit lah, jelas” produk kompetitor lebih baik, ya ga usah dijelek jelekin… kalo mau sebutin aja kelebihan rush (dan yg jelas bkn suspensinya karna bantingannya luar biasa keras)

    • welcome

      hari gini milihnya Toyota?? biasanya yang beli mobil ‘triple elips’/Toyota itu ga ngerti mobil.
      Toyota rush=small SUV dengan fitur paling minim. audio standar, safety feature cuma airbag, minus immobilizer, minus tilt steering, harga overpriced dibanding yang lain, bantingan paling keras lagi, mesin jadul, dll.

    • Andi

      Jaman sekarang msh pro Toyota…. Dulu ane pake rush itu rasanya SANGAT TIDAK ENAK. Suspensi keras, mesin, gearbox, kaki-kaki sama seperti Avanza, teknologi jadul. Kelebihannya cuma bisa ngelipet spion otomatis walaupun bisa dibeli sendiri modulnya

      • Yusak Natanael Manuputty

        Sejak 2008 menikmati Rush, ini mobil menurut gue asyik banget buat jalan-jalan, mau ke jalanan pedesaan, perkotaan, tanjakan dan turunan yang ekstrim…enak banget gak ada masalah, gak rewel, gak pernah mogok, gak pernah aneh-aneh….#pengalamandoank

  • tim

    Lu kalo beli 3rd row seat optional di toyota dpt motif fabricnya beda sama standar rush, karna 3rd row seatnya diambil pny terios yg biasanya cover” daihatsu lebih tipis dari toyota..(pengalaman sodara beli rush ditambahin 3rd row seat)

  • josefr

    Kalo mau beli mobil tuh yang gampang, service banyak, dijual ttp mahal gaturun harga, nyaman, elegant, untuk masalah kenceng ga butuh soalnya indonesia ga bisa nikmatin mobil kencang

    • Andi

      Tapi percuma saja kalau pilih mobil yang fasilitasnya banyak tapi pelayanan jelek itu sama saja boong dong….

    • tommy

      Bkin mobil sendiri aja boss

  • big hero 6

    dari 2 ini sih bagusan ecosport ya jelas. cuma akan lebih baik lagi kalau :
    1. ada DVD player, touch screen, dan kamera mundur.
    2. ada pelipat spion elektrik
    3. ada lampu mundur dobel
    dan kalo ada itu semua, bisa jadi nambah 30 jutaan dan saya rasa itu OK OK aja, karena ada nissan juke red interior edition yang harganya 275 jutaan.

  • big hero 6

    tambahan : kasih varian ecoboost juga ya

  • Pemakai ecosport

    Wah kalo saling membandingkan secara teori (diatas kertas) bisa2 aja berpendapat yang macam2, itu karena saya memiliki dan pemakai keduanya Fordecosport(Titanium MT) & Rush (Type S Thn.2013)Rasa rasanya gak perlu komen banyak untuk saling “MENJELEKAN” sampai saat ini bahkan keduanya nongkrong di Garasi tuh…sayang ngejual Rush..yang jelas gak perlu saling menjelekanlah! karena yang dibutuhkan adalah KEJUJURAN “Jelas Ford Ecosport memang diatas Rush(gak pelu sebut karena menyangkut rasa/feel)” tapi untuk urusan “daya muat,medan berat dan kegagahan” jangan ditanya Toyota Rush Pilihan Tepat, intinya adalah “BELILAH MOBIL SESUAI KEBUTUHAN ANDA”tidak semata mata mengikutkan “SELERA”…itulah kenapa saya masih sangat berat untuk melepas Rush kesayangan saya tsb.

    • wahyu

      Nah ini saya setuju… Sebutlah positiv nya saja…
      Setiap mobil punya kelebihan sesuai tujuan pada saat menciptakannya… Thanks berat buat smuanya. Saya pas lagi mempertimbangkan untuk beli.

  • Jeremiah Purnama

    kalau untuk putaran stir lebih patah rush atau ecosport ya ?