Klub Korea Otomotif Indonesia Berkunjung ke Hyundai dan KIA Vietnam

Klub Korea Otomotif Indonesia Berkunjung ke Hyundai dan KIA Vietnam
0  komentar

KOI Korea Otomotif Indonesia ke Hyundai dan KIA Vietnam#AutonetMagz – Pertengahan April lalu sebanyak 7 orang anggota komunitas KOI (Korea Otomotif Indonesia) pengguna kendaraan merk Hyundai dan KIA yang masing-masing berasal dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang dan Serang Banten berkesempatan terbang ke Vietnam selama 5 hari.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda tahunan KOI, dan pada tahun 2014 ini merupakan tahun ke-3 dimana KOI melakukan perjalanan ke luar negeri. Setelah sebelumnya mereka mengunjungi Hyundai dan KIA Singapore pada tahun 2012. Pada tahun 2013 KOI mengadakan lawatan ke Hyundai dan pabrik perakitan KIA di Malaysia. Lalu di tahun 2014 ini, mereka pergi ke Ho Chi Minh City di Vietnam, tepatnya pada 14 – 18 April 2014 dengan tujuan untuk melihat perkembangan kendaraan asal Korea di sekitar wilayah Asia secara lebih dalam. Mengingat Vietnam merupakan kota dengan mayoritas penduduknya menggunakan sepeda motor.

Mobil Hyundai setir kiri di Vietnam

Vietnam merupakan negara dengan kendaraan ber-stir kiri, sehingga mobil Korea seperti Hyundai dan KIA yang dijual disana berasal dari Korea Selatan dan India, walaupun sebenarnya mereka pun bisa melakukan perakitan sendiri.

Tujuan pertama dari rekan-rekan KOI ini adalah berkunjung ke KIA Thaco. Disana mereka bertemu dengan salah satu Service Head KIA Thaco Group dan diberikan penjelasan bahwa KIA Thaco mulai menjual passenger cars pada tahun 2008 dengan line-up kendaraan yang cukup komplit.

KIA K3 Cerato sedan 2014

Mulai dari KIA Carens/Rondo, KIA K3 Cerato (jenis sedan) dan KIA Forte (jenis hatchback) dengan kondisi full spec seperti yang dipasarkan di Eropa. New KIA Sportage 2014 yang dijual di Vietnam pun memiliki fitur komplit, tak heran jika harganya pun tinggi, belum lagi pajak untuk kendaraan di Vietnam tergolong mahal.

Tujuan di hari berikutnya adalah markas Hyundai An Suong yang disambut langsung oleh Mr. Dung selaku Direktur Hyundai An Suong. Disana rekan-rekan KOI sangat terpukau dengan suguhan line-up Hyundai terbaru dan beberapa diantaranya tidak masuk pasar Indonesia.

KOI berkunjung ke Hyundai An Suong Vietnam

Beberapa mobil tersebut adalah Hyundai Accent hatchback (Grand Avega di Indonesia) yang lengkap dengan sunroof, headlamp Bi Xenon dan lampu LED DRL (Daytime Running Light). Selain itu ada Hyundai Accent (Grand Avega tipe sedan), Hyundai New Elantra, Hyundai New Tucson 2014 yang baru-baru ini diluncurkan oleh Hyundai Indonesia, All-new Hyundai Santa Fe, Hyundai Coupe Genesis, Hyundai i30 serta Hyundai New Grand i10 yang rencananya akan hadir juga di Indonesia dalam waktu dekat.

Test drive Hyundai Genesis Coupe oleh anggota KOI

Selain melihat, mereka pun berkesempatan melakukan test drive Hyundai Genesis Coupe dan Grand i10. Dari kedua kunjungan tersebut, masing-masing pihak KOI memberikan sebuah cinderamata sekaligus pengenalan kebudayaan Indonesia, berupa souvenir wayang Arjuna.

Pada hari ke empat sebelum pulang ke Jakarta, rekan-rekan dari KOI ini melakukan wisata ke tempat-tempat bersejarah di Vietnam, dan sebagian dari mereka ‘hunting’ toko maupun penjual asesoris mobil Korea disana. Di Ho Chi Minh banyak sekali penjual asesoris kendaraan, baik baru maupun copotan layaknya pasar mobil Kemayoran di Jakarta. Namun mereka sedikit kecewa karena asesoris mobil Korea yang mereka inginkan tidak terlihat disana.

Barang asesoris onderdil copotan mobil KIA dan Hyundai di Vietnam

Tapi setelah berkomunikasi baik dengan berbagai pihak setempat, akhirnya mereka dipertemukan dengan ‘pemain’ asesoris untuk mobil-mobil Korea disana. Mereka pun diundang langsung ke kantornya, dan betul saja ternyata di gedung berlantai 6 ini, asesoris dan part apapun untuk mobil-mobil Korea, si pemain tadi bisa sediakan dan bantu untuk mengirimkan ke Indonesia jika ada yang berminat. Dan betul saja, salah satu rekan KOI tidak tahan dan akhirnya membeli asesoris untuk mobilnya yang katanya belum ada di Indonesia. Namun sayang, disana mereka tidak diperkenankan untuk mengambil gambar.

Selain mendapatkan informasi dan pengetahuan akan mobil-mobil Korea seperti yang mereka miliki di tanah air, rekan-rekan KOI pun mendapatkan ilmu dan pengetahun yang sangat berharga. Hal seperti ini sepertinya bisa juga dicontoh oleh klub mobil lain. Dan untuk tahun 2015 mendatang, Korea Otomotif Indonesia sudah berencana terbang lagi ke luar negeri namun dengan tujuan yang masih rahasia.

Jika anda punya mobil Korea dengan tipe, merk apapun dan berniat ingin gabung di Korea Otomotif Indonesia, silahkan layangkan email ke : [email protected]

Read Prev:
Read Next: