KIA Rio GT Bersiap Menjadi Hot Hatchback Penantang Ford Fiesta ST

by  in Berita&International&Kia
KIA Rio GT Bersiap Menjadi Hot Hatchback Penantang Ford Fiesta ST
0  komentar
kia rio modifikasi

AutonetMagz.com – Sudah punya divisi performa tinggi N, Hyundai-KIA mau lebih gesit lagi dalam memasuki pasar mobil performa tinggi. Sebenarnya kalau hot hatchback, KIA sudah punya Pro Cee’d GT yang keren dan kencang itu, tapi rupanya mobil itu sendiri dinilai butuh adik. Untuk itulah, KIA berniat menjadikan hot hatchback baru yang akan berkompetisi di kelas yang lebih kecil, dan untuk benchmark, Ford Fiesta ST adalah target mereka.

Sebenarnya selain Ford Fiesta ST, di kelas ini ada Peugeot 208 GTi, Vauxhall Corsa VXR, VW Polo GTI, Renault Clio RS dan lain-lain. Menurut Autocar, KIA akan mengandalkan Rio sebagai basis hot hatchback baru mereka untuk menyaingi mobil-mobil tadi, karena memang sekelas. Hot hatchback yang diklaim akan bernama KIA Rio GT akan muncul sekitar tahun 2017 atau 2018 mendatang.

ford-fiesta-st

Resepnya sudah ada, yakni kedinamisan berkendara yang lebih baik melalui bobot yang lebih ringan, visual yang lebih sangar, performa yang meningkat serta modifikasi di bagian sasis mobil. Selain dari itu, resep lain yang lebih spesifik tidak diketahui, namun jika serius ingin menantang hot hatchback lain yang sudah terkenal duluan, paling tidak harus pakai mesin turbo yang tenaganya sekitar 180-200 hp-an, mengingat rival-rivalnya punya tenaga di kisaran angka tersebut.

Seperti yang diduga, kepala pimpinan proyek KIA Rio GT ini adalah Albert Biermann, mantan petinggi BMW M Division yang sekarang bekerja di Hyundai N. Selain untuk KIA Rio GT ini, Hyundai N juga masih dalam tahap pembangunan Hyundai i30 N yang diposisikan untuk bersaing dengan VW Golf GTI. Jika sudah, maka divisi Hyundai N juga siap merambah merek premium Hyundai, Genesis.

Kia ProCeed GT

Seru? Pastinya, sejak revolusi otomotif besar-besaran dari merek Korea pasca orang-orang terbaik Eropa menduduki posisi penting di kantor mereka, Hyundai-KIA bukan lagi merek yang bisa dianggap bocah kemarin sore. Sudah berani menyerang dengan produk berdaya saing kuat, meluncurkan merek premium dan kini serius di pasar mobil kencang. Apa pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: