Kia Mulai Bangun Fasilitas Produksi untuk Purpose Built Vehicle (PBV)

by  in  Berita & International & Kia
Kia Mulai Bangun Fasilitas Produksi untuk Purpose Built Vehicle (PBV)
0  komentar

AutonetMagz.com – Kia secara resmi melakukan seremoni peletakan batu pertama untuk pembangunan pabrik baru. Pabrik baru tersebut nantinya dikhususkan untuk memproduksi kendaraan multi-guna atau Purpose Built Vehicle (PBV) bertenaga listrik. Seremoni diadakan di pabrik Kia Hwaseong, Gyeonggi, Korea Selatan. Dihadiri lebih dari 200 orang, termasuk pejabat pemerintah, Ketua Eksekutif Hyundai Motor Group Euisun Chung, Presiden dan CEO Global Kia Ho Sung Song, manajemen Hyundai Motor Group, serta industri suku cadang otomotif.

Kia EV9 (ilustrasi)

Mulai Produksi di 2025

Kia akan menginvestasikan sekitar 1 triliun won (sekitar Rp 11 triliun) dengan lahan seluas 99.000 hektar. Pabrik Purpose Built Vehicle (PBV) bertenaga listrik ini akan menerapkan teknologi manufaktur yang dapat menurunkan emisi karbon. Pabrik ini juga mengadopsi kecerdasan teknologi dari Hyundai Motor Group dan ‘E-FOREST technologies’. Memiliki kapasitas produksi per tahun mencapai 150 ribu unit pada tahun pertama dan dapat ditingkatkan sesuai kondisi pasar.

Rencananya, produksi massal perdana dari pabrik PBV ini akan dilakukan pada paruh kedua tahun 2025. Fasilitas baru ini akan menjadi pabrik yang ‘human-friendly’ dengan mendorong otomatisasi dalam pekerjaan yang memerlukan tingkat kefokusan tinggi, sekaligus dapat memperluas ‘keterbukaan’ pada perspektif dan kreativitas, serta mengurangi tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh pabrik pada umumnya.

Teaser EV KIA (ilustrasi)

SW Jadi Model Pertama yang Diproduksi

Kia berencana untuk menampilkan SW (nama mobil konsep), sebagai model pertama dalam jajaran PBV pada tahun 2025. Model ini akan menjadi salah satu dari jajaran PBV dengan dimensi sedang. Tentunya mobil tersebut akan dibangun di atas platform “eS” dan didedikasikan khusus untuk kendaraan listrik berbasis baterai. Berbagai jenis bodi kendaraan dipastikan dapat diaplikasikan secara fleksibel pada platform tersebut.

Diharapkan pada tahun 2030, Hyundai Motor Group akan memiliki total jajaran 31 model EV,termasuk model dari Hyundai Motor, Kia, dan merek premium, Genesis. Adapun untuk Kia, telah meluncurkan EV9 yang merupakan SUV listrk dengan konfigurasi kursi tiga baris pertama pada tahun ini. Selain itu, Hyundai Motor Group menargetkan jadi salah satu dari 3 pabrikan EV teratas di dunia pada tahun 2030

Read Prev:
Read Next: