Kemenperin Dukung Konversi Skutik jadi Motor Listrik

Kemenperin Dukung Konversi Skutik jadi Motor Listrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau di segmen roda 4, kita semua tahu bahwa beberapa pabrikan sudah cukup gencar melakukan sosialisasi terhadap produk ramah lingkungan mereka. Mulai dari mobil hybrid, PHEV, hingga EV. Lalu bagaimana di segmen roda dua? Memang sudah ada beberapa pabrikan yang menjual motor listrik, namun pergerakannya memang tidak semasif roda 4. Dan Kemenperin melihat bahwa langkah ini masih bisa dipacu lebih lagi.

Oleh karenanya, Kementerian Perindustrian terus mendorong persiapan pembangunan industri kendaraan listrik di tanah air. “Upaya tersebut juga selaras dengan tren dunia yang terus bergerak ke penggunaan kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika. Beliau juga menambahkan bahwa pihaknya juga sudah memulai rangkaian sosialisasi pengembangan kendaraan listik, utamanya sepeda motor, dengan menggandeng beberapa pihak. “Salah satunya bekerja sama dengan Indonesia Modification Expo (IMX) untuk mengonversi skuter matik (skutik) bermesin konvensional ke motor listrik,” ujar Putu.

Yap, kita tahu bahwa IMX 2020 akan dihelat dalam waktu dekat ini, dan di gelaran tahunan tersebut ada project untuk melakukan konversi skutik bermesin ICE menjadi skutik listrik. Skutik yang akan dikonversi melibatkan modifikator-modifikator lokal dalam penggarapannya dan juga modifikator otomotif ternama Katros Garage dan Alitt Susanto. Proyek konversi skutik tersebut untuk pertama kalinya telah tampil di kanal YouTube Alitt Susanto pada 9 agustus 2020 lalu. “Dalam video itu diperlihatkan skutik yang akan dikonversi memakai motor listrik tak hanya diubah sumber tenaga penggeraknya saja, tetapi juga dilakukan kustomisasi tampilannya agar lebih futuristis,” terangnya

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika

Project Director IMX Andre Mulyadi mengemukakan, pihaknya merasa bangga bisa bekerja sama dengan Kemenperin untuk memfasilitasi proyek konversi skutik. “Sebagai sebuah expo modifikasi terbesar di Indonesia, kami beruntung diberi kesempatan, karena dapat menyumbangkan ide dan edukasi kepada masyarakat soal penggarapan skutik listrik, juga ditunjuk sebagai tempat di-launching-nya skuter listrik ini,” paparnya. skutik listrik tersebut akan dibekali dengan baterai berkapasitas 60 Volt  20 Ampere dari basis baterai bawaan 18650 mAh yang membuat tarikannya responsif. Selain itu baterainya akan mampu menempuh jarak 90-100 km untuk sekali pengisian, dengan usia pemakaian baterai mencapai 6 tahun.

Untuk pengisian daya memakan waktu hingga 4,5 jam dari kosong hingga penuh, dan terdapat fitur autocut yang memungkinkan proses pengisian baterai otomatis berhenti ketika sudah penuh. Skutik listrik custom rencananya menjadi salah satu hadiah undian Giveaway dalam penyelenggaraan IMX 2020 pada 10 Oktober mendatang yang digelar secara online. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: