Kemana Nissan Juke DigTurbo Bertenaga 190 Hp di Indonesia?

by  in  Nasional
Kemana Nissan Juke DigTurbo Bertenaga 190 Hp di Indonesia?
0  komentar

Nissan Juke Turbo IndonesiaJakarta, AutonetMagz – Sudah 2 bulan semenjak IIMS, AutonetMagz aktif melayani pertanyaan pembaca melalui layanan tanya jawab interaktif di media sosial Ask.fm, tidak terasa sudah terjawab sebanyak hampir 4.000 pertanyaan dan lebih dari 6.000 pertanyaan masuk ke dalam redaksi mulai dari pertanyaan serius dan tidak serius hingga menyebabkan salah satu admin angkat tangan… Hahaha.

Sambil melihat-lihat pertanyaan dan jawaban dari admin www.ask.fm/AutonetMagz, ada satu pertanyaan yang membuat saya penasaran dan mencari lebih lanjut tentang hal tersebut. Hal ini mengenai rencana Nissan untuk memasukan Nissan Juke 1.600 cc Digturbo yang pernah dibawa oleh PT Nissan Motor Indonesia ke tanah air tercinta.

Nissan Juke Turbo IndonesiaDari www.ask.fm/AutonetMagz

Tahun 2012 silam sebelum kami mendirikan AutonetMagz, beberapa blogger di Kompasiana dan member dari NJIA (Nisan Juke Indonesia Association) pernah mejadi saksi mata dari Nissan Juke 1.600 Digturbo berwarna merah di acara 1st Jukeday yang merupakan ulang tahun pertama dari komunitas tersebut. Mobil dengan kelir merah tersebut secara eksterior tidak mengalami ubahan kecuali emblem bertulisankan XTronic CVT yang digantikan menjadi Digturbo.

Nissan Juke Digturbo ini juga tidak main-main dari segi performa, karena mobil ini memiliki mesin 1.600 cc Digturbo yang mampu mengeluarkan tenaga hingga  190 Hp dan torsi sebesar 177 Nm. Beberapa media internasional mencatat Nissan Juke dengan mesin tersebut mampu meraih 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu 8 detik saja.

Nissan Juke DigiTurbo

Credits to Teddy Rustandi, Kompasiana

Beberapa kali juga saya pernah melihat beberapa artikel tentang rencana Nissan untuk memasukan Nissan Juke dengan mesin Digturbo ini ke Indonesia. Namun sayangnya meskipun sudah beberapa kali diperkenalkan secara diam-diam kepada konsumen dan riset terhadap pasar, Nissan Indonesia batal memasukan Nissan Juke Digturbo yang memiliki performa lebih ganas. (mungkin ada yang tahu kenapa alasannya?)

Nah, sekarang dimanakah unit Nissan Juke Digturbo diuji coba untuk market Indonesia tersebut? Sepertinya menarik untuk diburu mengingat mobil yang masuk ke dalam kategori sleeper ini hanya ada 1 buah di Indonesia yang dibawa langsung oleh Nissan Motor Indonesia untuk uji tipe.

nissan juke digturbo

Ups, tidak sampai disitu, jika kita melihat data Kemenperin, PT Ganda Nusantara Persada selaku Importir Umum (IU) mobil CBU dari Jepang ternyata pernah membawa 30 unit Nissan Juke 1.600 cc sebanyak 2x di tahun 2012, berdasarkan nomor surat, sepertinya mereka mendatangkan 60 unit tersebut lebih cepat 1 bulan di bulan Januari 2012, sedangkan Nissan Motor Indonesia memasukan unit tersebut di bulan Februari.

Nissan Juke N-Tec 2013 depan

So, sepertinya kita akan menemukan lebih dari 1 unit Nissan Juke Digturbo di Indonesia yang merupakan mobil bawaan IU. Namun hingga saat ini saya belum melihat adanya pemilik dari Nissan Juke Digturbo yang menjual unitnya di internet.

Wah hot stuff ini kalau sampai dijual! Barang langka bro!

Read Prev:
Read Next: