Inilah Citroen C3 Aircross, LSUV Terbaru dari Citroen! Bakal Masuk Indonesia?

by  in  Berita & Citroen & International
Inilah Citroen C3 Aircross, LSUV Terbaru dari Citroen! Bakal Masuk Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Citroen C3 Aircross baru saja melakukan debut globalnya di India dan akan mulai dijual di India pada semester dua tahun 2023. C3 Aircross dibangun di atas platform modular CMP dan merupakan produk kedua dalam program C Cubed yang ditujukan untuk India. Meskipun berbagi platform dan powertrain dengan C3, versi Aircross memiliki wheelbase yang lebih panjang dan akan bersaing di kelas SUV mid-end.

Eksterior & Interior

Dengan panjang 4,3 meter, C3 Aircross lebih panjang hampir 300mm dibandingkan versi crossover. Dengan jarak sumbu roda 2.671mm, lebih panjang 131mm dari C3 dan 61mm lebih panjang dari SUV ukuran mid-end seperti Hyundai Creta atau Kia Seltos. C3 Aircross dilengkapi dengan velg dual-tone 17 inci dan cladding besar di lengkungan roda dan di pintu. Sayangnya, untuk saat ini lampu depannya masih reflektor halogen, padahal kebanyakan rivalnya sudah menerapkan reflektor LED atau at least projector jika masih halogen.

Citroen C3 Aircross nantinya akan tersedia dalam dua pilihan tempat duduk termasuk salah satunya 5+2. Mengenai kapasitas ruang kargo, Citroen mengklaim bahwa C3 Aircross 5-seater menawarkan kapasitas bagasi 444 liter dan varian 7-seater 511 liter jika jok baris ketiga dilepas. Dasbornya tidak berbeda jauh dari C3 crossover, tapi dengan warna dan tekstur yang berbeda. Spion elektrik dan kluster instrumen digital menjadi pembeda utama dari C3 crossover.

Mesin & Rival

C3 Aircross hadir dengan mesin bensin 1.2 liter turbo yang menghasilkan tenaga 110 dk dan torsi 190 Nm. Ini adalah mesin yang sama seperti di C3 crossover. Pada awalnya, C3 Aircross akan mulai dijual dengan transmisi manual 6-speed . Versi otomatis juga akan dihadirkan, karena Citroen sedang berjuang untuk mendapatkan dari AISIN. Namun, sampai saat ini belum akan ada pilihan mesin diesel yang ditawarkan. Padahal hal itu masih menjadi pilihan populer pada segmen ini di India.

Citroen C3 Aircross nantinya akan bersaing dengan Hyundai Creta, Kia Seltos, Suzuki Grand Vitara, Toyota Hyryder, Volkswagen Taigun, dan Skoda Kushaq. Mengenai harga, akan diumumkan pada paruh kedua tahun ini. Cocokah bila masuk ke pasar Indonesia? bila ia jadi dijual di Indonesia, ia akan bermain di ‘lahan basah’ LSUV bersama dengan LMPV jinjit seperti Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL-7, Honda BR-V dan sang ‘raja terakhir’ duet kembar Toyota Rush – Daihatsu Terios. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: