Ini Dia Lada Vesta, Budget Sedan Dari Russia Yang Tampil Tidak Spartan Lagi

by  in International&Lada&Mobil Baru
Ini Dia Lada Vesta, Budget Sedan Dari Russia Yang Tampil Tidak Spartan Lagi
0  komentar
lada-vesta-green-front

AutonetMagz.com – Sebenarnya sih walaupun ini budget sedan tapi kecil sekali kemungkinannya dijual di Indonesia. Namun kenapa saya bahas? Sebab kita sendiri tidak asing juga mendengar merk Lada di Indonesia meskipun mobilnya tidak ada disini. Lada sangat identik dengan Russia, yup satu satunya produk dari AvtoVAZ yang konsepnya sedikit banyak mengambil dari mobil Fiat jaman dahulu.

Lada bisa dibilang adalah produsen yang mencetak mobil rakyat Russia, berbeda dengan GAZ Volga dan Yanka, merk mewah Russia yang sempat digunakan oleh petinggi negeri Beruang saat itu. Termasuk Presiden Soekarno pernah menggunakan Yanka sebagai kendaraan operasional RI 1.

Balik lagi ke Lada, sebenarnya cukup ribet melihat lini mobil Lada jaman dahulu karena penamaannya menggunakan nomor seribu digit dan desainnya jarang berubah walau sudah berpuluh-puluh tahun. Lada pun identik dengan durability sebagai mobil tua, ketangguhan Lada cukup tergambarkan sih bila anda menonton The Bourne Supremacy.

Nah mungkin era Lada dengan tampilan spartan dan jadul akan sirna pada tahun ini karena AvtoVAZ telah meluncurkan produk terbaru kerjasama dengan Renault Nissan Alliance. Inilah Lada Vesta, model ini menggantikan Lada 110 dan Lada Prioria yang memang sepantasnya sudah diganti bila anda mencari dan melihat tampilannya di google. Secara bentuk, ya… Lada Vesta punya tampilan yang sudah kekinian dan tampilannya proporsional, sepertinya peran induk semangnya Renault Nissan Alliance cukup nampak pada desain Vesta.

lada-vesta-grey-back

Menilik eksteriornya, seperti yang saya singgung sudah kekinian, namun saat melihat wajah Vesta entah kenapa justru terbayang Mitsubishi XR-PHEV II campur Suzuki Celerio di ingatan saya. Hem, berarti memang Dynamic Shield versi pahe… Selain itu ada garis di sekujur bodi yang lekukanya agak kurang nyambung dengan bodinya. Namun sejauh ini menurut saya cukup nyaman melihat proporsi desain yang dipadu dengan dimensi velg 16 inchi-nya.

Beralih ke interior maka kita akan disuguhi tampilan yang… Tidak mewah-mewah banget sih, namun sejauh ini tampil modern, apalagi dibandingkan pendahulunya. Uniknya masalah fitur cukup banyak yang tersemat seperti layar konektivitas touchscreen bluetooth berukuran 4.3 inchi di center cluster, AC climate control, steering switch control dengan desain instrument cluster cantik, penyimpanan melimpah. Selain itu masalah keamanan Vesta dibekali dual airbags, ABS, ESP, electric power steering dan hill start assist.

Lada Vesta terbagi atas tiga trim : Classic, Comfort and Suite. Untuk trim Comfort akan dibekali pemanas di kursi depan dan electric mirror sedangkan Suite akan ada pemanas windshield, light and rain sensors, power window di belakang. Melihat kelas dan speknya sepertinya Lada Vesta ini diposisikan di tempat Toyota Vios dan Honda City dimana kedua benda yang familiar di negara kita ini tidak dijual di Russia. Bagaimana menurutmu tentang mobil terbaru produsen Russia ini? Sampaikan di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next:
  • Thomas Bondan Tyas

    Bisa aja dimasukin ke Indo pake nama Renault atau Nissan. Desainnya oke punya nih. Tapi emang kecil kemungkinannya kalo dijual kesini

    • siswanto18

      ngak bisa bro, setirnya dikiri, kalo pindah ke kanan mau order berapa banyak? gua sih pesimis kalo ini mobil laku di indo. orang indo masih suka yg hah dan to

  • evan

    depan tampaknya mirip celerio dan belakang mirip sedikit teana. interior mirip khas hyundai

    • metzh

      setuju, depannya, terutama lampu sama grill-nya celerio banget

  • Rizki Pratomo

    setirnya kaya ford, cluster sekitar headunitnya juga

  • AfterThoughtFutureisNow

    Setirnya sangat identik dengan milik hyundai. Hal menarik dari interiornya, tuas transmisi yang sangat panjang untuk ukuran sedan. Dan sepertinya dilihat dari bentuk gate tuas transmisinya, bisa dipastikan ini menggunakan transmisi AMT.

  • rezza

    ini yang dicengin james may ya

  • Tulus Budi

    andai masup indonesia atas nama Datsun sebagai sedan murah meriah……. buat ngerecokin pasar Vios – City dan next suzuki Ciaz ……